Sapaan Paus Fransiskus pada Doa Malaikat Tuhan, 12 Juli 2020

Sapaan Bapa Suci Paus Fransiskus pada Doa Malaikat Tuhan

Lapangan Santo Petrus

Minggu, 12 Juli 2020


Saudara dan saudari yang terkasih, selamat siang!

Dalam perikop Injil hari Minggu ini (lih. Mat 13: 1-23), Yesus memberi tahu banyak orang tentang Perumpamaan – yang kita semua kenal dengan baik – tentang Penabur, yang memberikan benih pada empat jenis medan yang berbeda. Firman Allah, yang dilambangkan dengan biji-bijian bukanlah Firman yang abstrak, tetapi adalah Kristus sendiri, Firman Bapa yang menjadi daging dalam rahim Maria. Karena itu, merangkul Firman Allah berarti merangkul pribadi Kristus; Kristus Sendiri.

Ada banyak cara untuk menerima Firman Tuhan. Kita dapat melakukannya seperti jalan setapak, tempat burung segera datang dan memakan bijinya. Ini akan menjadi gangguan, bahaya besar zaman kita. Diliputi oleh banyak obrolan ringan, oleh banyak ideologi, dengan kesempatan terus menerus untuk dialihkan ke dalam dan di luar rumah, kita dapat kehilangan semangat kita untuk hening, untuk berefleksi, untuk berdialog dengan Tuhan, sehingga kita berisiko kehilangan iman kita, tidak menerima Firman Tuhan, seperti yang kita lihat semuanya, terganggu oleh segalanya, oleh hal-hal duniawi.

Kemungkinan lain: kita dapat menerima Firman Tuhan seperti tanah berbatu, dengan sedikit tanah. Di sana benih-benih bermunculan dengan cepat, tetapi mereka segera layu, karena mereka tidak dapat menenggelamkan akar kepada kedalaman apa pun. Ini adalah gambaran dari mereka yang menerima Firman Allah dengan antusiasme sesaat, meskipun itu masih dangkal; itu tidak berasimilasi dengan Firman Tuhan. Dengan cara ini, pada kesulitan pertama, seperti ketidaknyamanan atau gangguan kehidupan, iman yang masih lemah itu larut, seperti biji layu yang jatuh di antara bebatuan.

Ada lagi – kemungkinan ketiga yang darinya Yesus berbicara dalam perumpamaan – kita dapat menerima Firman Allah seperti tanah di mana semak-semak berduri tumbuh. Dan duri adalah tipu daya kekayaan, kesuksesan, keprihatinan duniawi… Di sana, firman bertumbuh sedikit, tetapi kemudian menjadi terhambat, tidak kuat, dan akhirnya mati atau tidak menghasilkan buah.

Terakhir – kemungkinan keempat – kita dapat menerimanya seperti tanah yang baik. Di sini, dan hanya di sini benih itu berakar dan menghasilkan buah. Benih yang jatuh di atas tanah subur ini melambangkan mereka yang mendengar Firman, merangkulnya, menjaganya dalam hati mereka dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Perumpamaan tentang Penabur ini agaknya menjadi ‘induk’ dari semua perumpamaan, karena ini berbicara tentang mendengarkan Firman. Itu mengingatkan kita bahwa Firman Allah adalah benih yang dengan sendirinya berbuah dan efektif; dan Tuhan menyebarkannya di mana-mana, tanpa peduli apakah itu akan disia-siakan. Itulah hati Tuhan! Masing-masing dari kita adalah tanah di mana benih Firman jatuh; tidak ada yang dikecualikan! Firman diberikan kepada kita masing-masing. Kita bisa bertanya pada diri sendiri: apa jenis medan apakah saya ini? Apakah saya menyerupai jalan setapak, tanah berbatu, semak semak belukar? Tetapi, jika kita mau, kita bisa menjadi tanah yang baik, dibajak dan diolah dengan hati-hati, untuk membantu mematangkan benih Firman. Itu sudah ada di hati kita, tetapi membuatnya berbuah tergantung pada kita; itu tergantung pada pelukan yang kita berikan kepada benih ini.

Seringkali seseorang terganggu oleh terlalu banyak minat, oleh terlalu banyak godaan, dan sulit untuk membedakan, di antara banyak suara dan banyak kata, suara Tuhan, satu-satunya yang membuat kita bebas. Inilah sebabnya mengapa penting untuk membiasakan diri untuk mendengarkan Firman Tuhan, untuk membacanya. Dan saya kembali sekali lagi ke nasihat itu: selalu simpan salinan Injil yang berguna, edisi saku Injil, di saku Anda, di dompet Anda… dan setiap hari, baca sebuah bacaan pendek, sehingga Anda menjadi terbiasa membaca Firman Tuhan, memahami dengan baik benih yang Tuhan tawarkan kepada Anda, dan berpikir tentang jenis tanah seperti apa kita menerimanya.

Semoga Perawan Maria, teladan sempurna dari tanah yang baik dan subur, membantu kita, dengan doanya, untuk menjadi tanah yang rela, tanpa duri atau batu, sehingga kita dapat menghasilkan buah yang baik untuk diri kita sendiri dan untuk saudara-saudari kita.

Setelah Doa Malaikat Tuhan, Bapa Suci melanjutkan:

Saudara dan saudari yang terkasih

Hari Laut Internasional jatuh pada hari Minggu kedua ini di bulan Juli ini. Saya menyampaikan salam hangat kepada semua orang yang bekerja di laut, terutama bagi mereka yang jauh dari orang yang mereka cintai dan negara mereka. Saya menyambut semua yang berkumpul pagi ini di pelabuhan Civitavecchia-Tarquinia untuk Perayaan Ekaristi.

Dan laut membawaku sedikit lebih jauh dalam pikiranku: ke Istanbul. Saya memikirkan Hagia Sophia, dan saya sangat sedih.

Saya menyambut Anda semua, umat beriman dari Roma dan para peziarah dari berbagai negara, khususnya keluarga dari Gerakan Focolari. Saya menyambut dengan penuh rasa terima kasih para wakil dari Kementerian Pastoral untuk Kesehatan dari Keuskupan Roma, juga bagi banyak imam, wanita dan pria religius dan umat awam yang telah, dan tetap berada di sisi orang sakit, pada masa pandemi ini. Terima kasih! Terima kasih atas apa yang telah Anda lakukan, dan untuk apa yang Anda lakukan. Terima kasih!

Dan saya berharap Anda semua diberkati hari Minggu ini. Tolong, jangan lupa berdoa untuk saya. Selamat makan siang dan sampai jumpa!

cq5dam.web.800.800 (1)

cq5dam.web.800.800 (4)

cq5dam.web.800.800 (5)

Tinggalkan komentar