Bersama YESUS di Dalam Hidup

Renungan Harian Misioner
Senin Pekan Paskah V, 03 Mei 2021
Pesta S. Filipus dan Yakobus

1Kor. 15:1-8; Mzm. 19:2-3,4-5; Yoh. 14:6-14

BACAAN I: 1 KOR 15:1-8
Paulus mengingatkan murid-muridnya, pokok paguyuban mereka, ya Gereja mereka: bukan soal suka-tidak-suka, melainkan karena sama-sama berpegang teguh kepada Tuhan Yesus, yang telah diwartakan Paulus untuk diimani. Jadi persaudaraan kita sekarang ini juga mempunyai dasar yang lebih dalam daripada sekadar pertemanan manusiawi belaka (walau bukannya tidak mementingkan persahabatan manusiawi), melainkan karena kita sama-sama mengimani Yesus; artinya mendasarkan diri pada ungkapan Yesus “Aku tidak lagi menyebutmu hamba, melainkan sahabat”. Dengan persahabatan secara mendalam itu, kita tidak akan mudah iri hati, kecewa, marah satu sama lain atau memutuskan ikatan; tetapi teguh dalam Tuhan. Dalam pada itu, kaitan kita dengan Tuhan Yesus ditempatkan bukan pada ‘untung-rugi murah-murahan’, melainkan pada hidup dikasihi Yesus, dikorbani Wafat dan diberi ikut serta dalam Kebangkitan-Nya: sesuatu yang bernilai amat tinggi. Peristiwa itu semua bukan sembarang kisah orang, melainkan peristiwa, yang saksinya banyak sekali, dari Petrus sampai dengan murid-murid Tuhan yang baru.

Refleksi: seberapa dalamkah iman kita kepada Tuhan Yesus Kristus dan seberapa akrabkah persaudaraan kita satu sama lain karena kesaksian-kesaksian para leluhur kita? Apakah kita siap untuk percaya sepenuhnya kepada Sang Mesias, Pembawa Hidup Baru ini?

BACAAN INJIL: Yohanes 14:6-14
Untuk berpegang teguh pada kenyataan-kenyataan pada Bacaan Pertama, kita membutuhkan rahmat yang mendalam. Sebab, taruhannya adalah iman. Atas dasar itulah kita mendapat anugerah mengenal Yesus, lebih dalam daripada sekadar pengajar yang cemerlang dan penasihat yang baik maupun pembuat banyak mukjizat; melainkan Sang Putera, yang sudah Wafat dan Bangkit bagi kita. Oleh sebab itu Ia benar-benar satu dengan Allah Bapa, Pemberi Hidup bagi segala ketika menciptakan kita semua dan Penyelenggara Hidup kita. Dengan bacaan ini, Yohanes, Murid Yang Dicintai Tuhan, mau menunjukkan, bahwa kalau kita mengenal Sang Guru, kita juga mengenal ‘Bapa-Nya’. Apabila kita mengenal Bapa, maka kita mengenal Sang Hidup sendiri. Kalau demikian, maka kita menyatu selamanya dengan Sang Kehidupan: kita diberi hidup kekal.

Refleksi: Apakah kita di masa sekarang, sudah puas dengan hidup sehat karena tidak kena wabah? Ataukah kita memohon untuk mendalami hidup Tuhan Yesus Kristus? Sebab hanya dengan demikianlah kita disatukan dengan Allah, Sumber Segala Hidup.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Dunia Keuangan: Marilah kita berdoa bagi mereka yang bertanggung jawab dalam keuangan agar bekerja sama dengan pemerintah untuk mengatur bidang keuangan dan melindungi warga dari bahaya. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para buruh: Semoga pemerintah dan pengusaha dapat segera menemukan jalan untuk mengatasi krisis pengangguran dan berusaha untuk sedapat mungkin mencegah terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah menjadikan Santo Yoseph pelindung para pekerja kami, sehingga mampu melaksanakan tugas mereka dalam keluarga dan masyarakat luas, sehingga menemukan kebahagiaan dalam tugas mereka. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s