Kesederhanaan Karya Keselamatan Allah

Renungan Harian Misioner
Sabtu, 17 Juli 2021
P. S. Alexis

Kel. 12:37- 42; Mzm. 136:1,23-24,10-12,13-15; Mat. 12:14-21

Pernahkah kita merenungkan, mengapa Yesus seringkali melarang – bahkan dengan keras – agar para murid dan orang-orang yang menyaksikan mukjizat-mukjiat-Nya tidak memberitahukan siapa Yesus itu? Bukankah dengan mukjizat dan hal-hal ajaib yang luar biasa, tentu orang akan mudah percaya bahwa Yesus adalah Mesias, Putra Allah? Namun seringkali pemahaman yang demikian justru membuat seseorang keliru untuk menafsirkan karya keselamatan Allah. Sebab banyak orang mencari hal-hal spektakuler yang mengundang decak kagum dan hal-hal kecil yang sederhana yang sepele justru luput dari penglihatan.

Yesus dalam Injil hari ini mengajak kita merenungkan kata-kata Nabi Yesaya mengenai Hamba Tuhan. Yesus adalah Hamba Tuhan. Kita semua adalah Hamba Tuhan. Hamba Tuhan adalah anak-anak Allah sendiri. “Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi, yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan; aku menaruh roh-Ku ke atas-Nya, dia Ia akan memaklumkan hukum kepada bangsa-bangsa. Ia tidak akan berbantah dan tidak akan berteriak dan orang tidak akan mendengar suara-Nya di jalan-jalan.” (Mat. 12:18-19).

Keselamatan Allah pertama-tama bukanlah hal-hal yang di luar logika manusia. Keselamatan Allah dalam diri Yesus sangat nyata dari cara hidup-Nya. Demikian pula melalui cara hidup kita, karya keselamatan Allah itu tampak paling nyata. Ketika kita bertegur sapa, ketika kita menolong walau melalui hal-hal kecil, ketika kita menyatakan ungkapan berduka cita, ketika kita mengampuni mereka yang bersalah, ketika kita mendoakan sesama yang kesulitan, tindakan tersebut tidak akan menjadi berita besar. Bahkan orang tidak akan menyadarinya. Namun kita tahu, kita melakukan itu semua karena iman kita akan Kristus.

Tindakan sederhana yang seolah tidak penting layaknya buluh yang terkulai, yang tampak rapuh dan nyaris patah. Tindakan senyum, sapa, salam itu seolah-olah tidak berarti di tengah persoalan hidup yang besar dan tidak ada habisnya. Namun kita percaya cara hidup demikian yang dikehendaki Allah. Dan Ia akan menjadikan hal-hal sederhana itu menang dan benar. Mukjizat yang sejati justru terjadi dalam hal-hal sederhana. Dalam kesetiaan menjalankan cara hidup Kristiani yang penuh dengan Cinta Kasih kepada sesama itulah kemuliaan Allah nampak.

Yesus tidak ingin orang jatuh pada kekaguman atas mukjizat yang Ia lakukan. Yesus ingin orang-orang melihat bagaimana cara hidup Yesus dan bagaimana Ia selalu memperhatikan sesama manusia, terlebih mereka yang lemah, tersingkir, dan terasing dalam masyarakat. Maka, marilah kita pun memohon iman yang hidup yang terwujud dalam setiap tutur kata dan tingkah laku kita di tengah keluarga dan masyarakat. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Missionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Persahabatan Sosial: Kita berdoa agar dalam situasi konflik sosial, politik dan ekonomi, kita berani dan penuh semangat menjadi sarana dialog dan persahabatan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para pendidik: Semoga para pendidik semakin hari semakin kreatif, dengan berusaha mengembangkan materi pendidikan melalui media sosial dan teknologi. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah melimpahkan Roh Sukacita, agar kami boleh merasakan sukacita dalam mendidik para muda, seperti Santo Yoseph, yang bersama Bunda Maria mendampingi pertumbuhan Sang Putera, dalam Keluarga Nasaret. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s