Sapaan Paus Fransiskus pada Doa Malaikat Tuhan – 12 September 2021

Sapan Bapa Suci Paus Fransiskus pada Doa Malaikat Tuhan

Lapangan Pahlawan (Budapest)
Minggu, 12 September 2021



Saudara dan saudari terkasih,

Ekaristi berarti “ucapan syukur”, dan pada akhir perayaan ini, seraya menutup Kongres Ekaristi dan kunjungan saya ke Budapest, saya ingin mengucap syukur dari lubuk hati saya. Terima kasih kepada keluarga besar Kristen Hongaria, yang membolehkan untuk saya rangkul dalam ritusnya, dalam sejarahnya, dalam saudara dan saudari Katoliknya dan dalam Pengakuan Iman lainnya, semuanya menuju kesatuan penuh. Dalam hal ini, saya dengan hormat menyapa Patriark Bartholomew, seorang Saudara yang menghormati kita dengan kehadirannya. Terima kasih, khususnya, kepada Saudaraku para Uskup yang terkasih, kepada para imam, pria dan wanita yang ditahbiskan, dan kepada Anda semua, umat beriman yang terkasih! Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mereka yang bekerja keras untuk realisasi Kongres Ekaristi dan hari ini.

Untuk memperbarui rasa terima kasih saya kepada otoritas sipil dan agama yang menyambut saya, saya ingin mengucapkan köszönöm [terima kasih]: terima kasih, orang-orang Hongaria. Himne yang mengiringi Kongres menyapa Anda seperti ini: “Selama seribu tahun salib adalah tiang keselamatan Anda, bahkan sekarang semoga tanda Kristus menjadi janji masa depan yang lebih baik bagi Anda”. Saya berharap ini, semoga salib menjadi jembatan Anda antara masa lalu dan masa depan! Sentimen agama adalah urat nadi bangsa ini, begitu melekat pada akarnya. Tetapi salib, yang ditanam di tanah, selain mengundang kita untuk berakar dengan baik, mengangkat dan mengulurkan tangannya ke arah semua orang: itu menasihati kita untuk menjaga akar kita tetap teguh, tetapi tanpa kubu; untuk menarik dari sumber, membuka diri untuk haus waktu kita. Harapan saya adalah Anda seperti ini: membumi dan terbuka, membumi dan saling mehormati. Isten eltessen! [Harapan terbaik!] “Salib Misi” adalah simbol dari Kongres ini: semoga Anda memimpin Anda untuk mengumumkan dengan hidup Anda Injil yang membebaskan dari kelembutan Tuhan yang tak terbatas untuk setiap orang. Dalam kelaparan akan cinta pada hari ini, itu adalah makanan yang ditunggu manusia.

Hari ini, tidak jauh dari sini, di Warsawa, dua saksi Injil diberitakan diberkati: Kardinal Stefan Wyszyński dan Elisabetta Czacka, pendiri Suster-Suster Fransiskan Pelayan Salib. Dua tokoh yang sangat mengenal salib: Pendahulu Polandia, ditangkap dan dipisahkan, selalu menjadi gembala yang berani sesuai dengan hati Kristus, pemberita kebebasan dan martabat manusia; Suster Elizabeth, yang kehilangan penglihatannya saat masih sangat muda, mengabdikan seluruh hidupnya untuk membantu orang buta. Teladan dari berkat-berkat baru merangsang kita untuk mengubah kegelapan menjadi terang dengan kekuatan cinta.

Akhirnya, marilah kita berdoa Malaikat Tuhan, pada hari kita memuliakan nama Maria yang tersuci. Pada zaman dahulu, untuk menghormati, Anda orang Hongaria tidak mengucapkan nama Maria, tetapi memanggilnya dengan gelar kehormatan yang sama yang digunakan untuk ratu. Semoga “Ratu yang Diberkati, pelindung Anda” menemani Anda dan memberkati Anda! Berkat saya, dari kota besar ini, ingin menjangkau semua orang, terutama anak-anak dan orang muda, orang tua dan orang sakit, orang miskin dan orang yang terpinggirkan. Bersama Anda dan untuk Anda sekalian saya ucapkan: Isten, áldd meg a magyart! [Tuhan memberkati orang-orang Hongaria!]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s