Pidato Paus Fransiskus kepada Para Suster Kongregasi Cinta Kasih – 11 Oktober 2021

Pidato Bapa Suci Paus Fransiskus

kepada peserta Kapitel Umum Ke-21
Suster-suster Kongregasi Cinta Kasih dari Santa Joan Antida Thouret

Aula Clementine
Senin, 11 Oktober 2021


Saudari yang terkasih!

Saya menyambut Anda pada kesempatan Kapitel Umum ke-21 Anda, yang akhirnya dapat Anda rayakan, setelah satu tahun, seperti yang dikatakan Suster Superior Jenderal kepada saya sebelumnya. Saya berterima kasih kepada Superior Jenderal yang baru terpilih atas sambutannya: Saya berharap dia dan Dewan baru pelayanan yang tenang dan bermanfaat. Dan saya bersatu dalam ungkapan syukur Anda sekalian untuk Pemimpin dan Penasihat yang akan berakhir masa baktinya. Ini baik karena… mereka pergi… terima kasih banyak… hal yang sama akan terjadi pada kita. Hidup ini seperti…

Suster Nunzia sendiri, ketika beliau menyurati saya untuk memohonkan audiensi, mengingat Kapitel Anda bertepatan dengan pembukaan Sinode. Dia menulis: “”Kami akan berada dalam persekutuan dengan seluruh Gereja dan dengan Anda”. Saya ingin berhenti sejenak pada hal ini. Pertama-tama, saya berterima kasih atas doa-doa Anda, yang menyertai proses awal sinode. Tapi saya juga ingin mengambil manfaat dari kebetulan ini untuk menekankan bahwa komitmen yang kita ambil sebagai Gereja untuk tumbuh dalam sinode juga merupakan insentif yang kuat untuk Institut Hidup Bakti. Secara khusus, Anda orang-orang bakti adalah kehadiran yang tak tergantikan di komunitas besar yang sedang bergerak itu adalah Gereja. Gambaran Yesus berjalan di sepanjang jalan Galilea, Samaria dan Yudea muncul dalam benak kita: bersama-Nya adalah murid-murid-Nya, dan di antara mereka banyak wanita tersebut; kita bahkan tahu nama beberapa dari mereka (bdk. Luk 8:1-3). Saya menyukai akan apa yang (mantan) Superior Jenderal katakan: “Saya akan kembali ke jalan”: itu indah, indah, bersama dengan orang-orang. Saya seringkali berpikir bahwa Anda wanita yang ditahbiskan adalah perpanjangan dari kehadiran feminin yang berjalan bersama Yesus dan dengan Dua Belas Murid, berbagi misi dan memberikan kontribusi Anda secara khusus.

inspiring-st-joan-antida-thouret-facebook-1024x538

Dan Anda, para suster Cinta Kasih, dengan cara khusus apa Anda berpartisipasi dalam perjalanan ini? Apa kontribusi asli Anda? Saya meninggalkan Anda dengan pertanyaan-pertanyaan ini, yang tentu saja tidak memiliki jawaban yang sudah jadi dan telah dirumuskan sebelumnya. Dan jawaban-jawaban yang tidak dirumuskan sebelumnya adalah yang terbaik… Tetapi bagi saya tampaknya tema Kapitel Anda pun sudah mengandung sebuah jawaban. Bahkan, temanya adalah: Memulai kembali dari Betania, dengan perhatian Martha dan mendengarkan Maria.

Pertama, di sini kita melihat lagi kehadiran dua wanita, Martha dan Maria, dengan nama dan wajah mereka. Dua murid yang memiliki tempat yang sangat penting dalam kehidupan Yesus dan Dua Belas Murid, seperti yang dapat kita lihat dalam Injil. Ini menegaskan bahwa pertama dan terutama, sebagai wanita dan sebagai orang yang dibaptis, yaitu, murid-murid Yesus, Anda adalah wujud kehadiran yang hidup di Gereja, berpartisipasi dalam persekutuan dan misi. Kita tidak boleh melupakan apa yang menjadi akarnya: Baptisan. Karena disinilah letak akar dari segalanya. Dari akar ini Tuhan telah menumbuhkan tanaman hidup bakti tumbuh di dalam dirimu, sesuai dengan karisma Santa Joan Antida.

Tetapi tema Kapitel Anda mengatakan lebih banyak lagi, dengan dua kata itu: “perhatian” dan “mendengarkan”. Saya yakin bahwa jika Anda benar-benar berhasil dalam hidup dengan perhatian dan mendengarkan, mengikuti teladan suster suci Martha dan Maria dari Betania, Anda akan terus memberikan kontribusi Anda, kontribusi yang berharga bagi perjalanan seluruh Gereja. Secara khusus, kepedulian terhadap orang miskin dan mendengarkan orang miskin. Di sini Anda adalah guru. Anda adalah guru bukan dengan kata-kata, tetapi dengan perbuatan, dengan sejarah begitu banyak saudari Anda yang telah memberikan hidup mereka untuk ini, dalam perhatian mereka dan mendengarkan orang tua, orang sakit, yang terpinggirkan; dekat dengan anak-anak kecil, dengan menjadi yang terakhir di antara kita, dengan kelembutan dan kasih sayang Tuhan. Ini membangun Gereja, dan membuatnya berjalan di jalan Kristus, yang merupakan jalan kasih. Saya katakan bahwa saksi Anda adalah saksi yang dekat dengan yang terkecil, dengan kelembutan dan kasih sayang. Ini adalah gaya Tuhan: kedekatan, kelembutan dan kasih sayang. Tuhan selalu seperti ini. Sejauh kita melakukan hal yang sama, kita akan lebih seperti gembala, seperti Tuhan. Jangan lupa ini: kedekatan senantiasa, kasih sayang senantiasa dan kelembutan senantiasa.

Oleh karena itu, para suster terkasih, saya berterima kasih dari hati saya atas nama semua Gereja. Semoga Perawan Maria dan Santa Joan Antida selalu melindungi anda sekalian. Saya memberkati Anda dan semua saudari Anda di seluruh dunia. Dan saya mohon, doakan saya selalu: saya membutuhkannya. Terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s