Beriman Dalam Sukacita

Renungan Harian Misioner
Senin, 22 November 2021
P. S. Sesilia

Dan. 1:1-6,8-20; MT Dan. 3:52-56; Luk. 21:1-4

Pesta St. Sesilia.

Beberapa Santa hanya dihormati di  Gereja Katolik Roma. Tetapi St. Sesilia dihormati di Gereja Katolik, Anglikan Orthodox, juga di Swedia, suatu daerah yang biasanya disebut sebagai murid-murid Martin Luther. Memang martir ini mengesankan imannya, yang pada hari pernikahannya berkontak dengan Allah. Sukacita, memang merupakan warna dasar Injil. Maka disebut Kabar Gembira. Wujudnya, dibagikan dengan nyanyian.

Bacaan pertama – Dan. 1:1-6,8-20: Dalam Perjanjian Lama, kegembiraan amat penting, karena sejak Adam dan Hawa, Abraham, Ishak dan Yakub, arena berat dalam perjalanan hidup Israel senantiasa disambut sebagai anugerah Allah. Maka memenuhi hati Umat Allah dengan kegembiraan. Salah satu bentuknya adalah: bahwa bahkan pembacaan Alkitab dilakukan dengan dilagukan. Dukacita disambut dengan hati bersuka. Umat Allah sunguh umat yang banyak bersukacita.

Bacaan Injil – Luk. 21:1-4: juga di situ, para murid Kristus ingin berbagi kegembiraan. Perjanjian Baru dan masa Pasca-Perjanjian-Baru sarat dengan kegembiraan: ya dalam cuaca terang, ya dalam mendung dan taufan hidup. Sebab kita senantiasa didampingi oleh Tuhan Yesus Kristus. Kita mau melaksanakan pesan Tuhan Yesus: beriman dalam sukacita, yang terutama diluhurkan dengan Kebangkitan Tuhan Yesus.

Santa Sesilia adalah teladan kita dalam menjadi murid Kristus lahir-batin: juga dengan diungkapkan. Marilah kita mengisi nyanyian dengan iman. Dalam ibadat, tak hanya bersuara, tetapi bersuara bagi Tuhan dan bersama sesama. “Roh Kegembiraan, jiwailah ibadat, communio, kerjasama kita dengan sukacita-Mu; pun kalau dukacita senantiasa mengisi hidup kami juga. Santa Sesilia, doakanlah kami.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

Sul mare luccica
L’astro d’argento
Placida è l’onda
Prospero è il ventoSul mare luccica
L’astro d’argento
Placida è l’onda
Prospero è il ventoVenite all’agile
Barchetta mia!
Santa Lucia
Santa Lucia

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Orang-orang yang menderita karena depresi: Semoga mereka yang menderita karena depresi dan kelelahan mental mendapat dukungan dan tuntunan ke hidup yang lebih baik. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Penghayatan iman: Semoga keluarga Katolik dapat menghayati iman secara lebih baik dalam kehidupannya. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah mempersatukan kami dengan semua saudari dan saudara kami, yang sudah meninggal dan mendoakan kami, sebagaimana Santo Yoseph merestui pelayanan Sang Putera. Kami mohon…

Amin

Satu respons untuk “Beriman Dalam Sukacita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s