Katekese Paus Fransiskus pada Audiensi Umum – 20 April 2022

Katekese tentang Hari Tua_________

Saudara dan saudari terkasih, selamat pagi!

Hari ini, atas rahmat Sabda Allah yang telah kita dengar, kita membuka jalan melalui kerapuhan usia tua, yang ditandai secara khusus oleh pengalaman kecemasan dan keputusasaan, kehilangan dan pengabaian, kekecewaan dan keraguan. Tentu saja, pengalaman kelemahan kita dalam menghadapi situasi kehidupan yang dramatis – terkadang tragis – dapat terjadi pada setiap tahap kehidupan. Namun, di usia tua mereka dapat menghasilkan lebih sedikit kesan dan menimbulkan semacam pembiasaan pada orang lain, bahkan gangguan. Berapa kali kita mendengar atau berpikir: ‘Orang tua adalah pengganggu” – ‘Tetapi, orang tua ini selalu mengganggu’: jangan menyangkalnya, begitulah adanya… Kita telah mengatakannya, kita telah memikirkannya… Luka yang lebih serius dari masa kanak-kanak dan remaja benar mengusik rasa ketidakadilan dan pemberontakan, kekuatan untuk bereaksi dan melawan. Di sisi lain, luka-luka, bahkan yang parah, karena usia tua pasti disertai dengan perasaan bahwa bagaimanapun, hidup tidak bertentangan dengan dirinya sendiri, karena hidup itu telah dijalani. Jadi orang tua cukup tersingkir dari pengalaman kita: kita ingin menjauhkan mereka.

Dalam pengalaman manusia biasa, cinta kasih – seperti yang dikatakan – “diturunkan”: cinta tidak kembali ke kehidupan di belakang dengan kekuatan yang sama seperti yang dicurahkannya pada kehidupan yang masih ada di hadapan kita. Keberanian cinta kasih juga tampak dalam hal ini: orang tua selalu mengetahui hal ini, yang tua segera mempelajarinya. Namun demikian, wahyu membuka jalan untuk membalas cinta kasih ini dengan cara yang berbeda: dengan cara menghormati mereka yang telah pergi sebelum kita, cara menghormati orang yang datang sebelum kita, cara menghormati orang yang lebih tua.

Cinta kasih khusus yang membuka jalan dalam bentuk penghormatan – yaitu kelembutan dan rasa hormat pada saat yang sama – yang ditujukan untuk orang tua ini dimeteraikan oleh perintah Tuhan. “Hormatilah ayah dan ibumu” adalah komitmen serius, yang pertama dari “lempeng loh kedua” dari Sepuluh Perintah. Ini bukan hanya tentang ayah dan ibu sendiri. Ini tentang generasi mereka dan generasi sebelumnya, yang kepergiannya juga bisa lambat dan berkepanjangan, menciptakan waktu dan ruang koeksistensi yang tahan lama dengan usia kehidupan lainnya. Dengan kata lain, ini tentang usia tua kehidupan, usia tua …

Penghormatan adalah kata yang tepat untuk membingkai aspek membalas cinta kasih yang menyangkut usia tua. Artinya, kita telah menerima cinta kasih dari orang tua, kakek-nenek, dan sekarang kita mengembalikan cinta ini kepada mereka, kepada orang tua, kepada kakek-nenek kita. Hari ini kita telah menemukan kembali istilah ‘martabat’, untuk menunjukkan nilai menghormati dan merawat usia [kehidupan] setiap orang. Martabat di sini pada dasarnya setara dengan kehormatan: menghormati ayah dan ibu, menghormati yang lebih tua, dan mengakui martabat yang mereka miliki.

Mari kita pikirkan baik-baik tentang ungkapan cinta kasih yang indah ini yang merupakan penghormatan. Bahkan ketika merawat orang sakit, dukungan kepada mereka yang tidak mandiri, jaminan hari tua, bisa jadi kurang terhormat. Kehormatan kurang ketika rasa percaya diri yang berlebihan, alih-alih diungkapkan sebagai kelembutan dan kasih sayang, kelembutan dan rasa hormat, diubah menjadi kekasaran dan pelecehan. Ini terjadi ketika kelemahan dicela, dan bahkan dihukum, seolah-olah itu adalah kesalahan, dan ketika kebingungan dan kebingungan menjadi celah untuk cemoohan dan agresi. Itu bisa terjadi bahkan di rumah, di panti jompo, serta di kantor atau di ruang terbuka kota. Mendorong pada orang muda, bahkan secara tidak langsung, sikap merendahkan – dan bahkan menghina – untuk orang tua, untuk kelemahan dan kegentingan mereka, menghasilkan hal-hal yang mengerikan. Ini membuka jalan bagi akibat yang tak terbayangkan. Orang-orang muda yang membakar selimut “gelandangan” – kita telah melihat ini, bukan? – karena mereka melihatnya sebagai manusia yang tolol, dan kita sering berpikir bahwa yang lama adalah sampah, atau kita membuangnya di tempat sampah; orang-orang muda yang membakar selimut gelandangan ini adalah puncak gunung es, yaitu penghinaan terhadap kehidupan, yang jauh dari daya tarik dan dorongan pemuda, tampaknya sudah menjadi kehidupan yang harus disingkirkan. ‘Menolak’ adalah kata yang tepat, bukan? Membenci orang tua dan membuang mereka dari kehidupan, mengesampingkan mereka, merendahkan mereka.

Penghinaan ini, yang tidak menghormati orang tua, sebenarnya tidak menghormati kita semua. Jika saya tidak menghormati orang tua, saya tidak menghormati diri saya sendiri. Bagian dari Kitab Sirakh, yang kita dengar di awal, benar-benar keras tentang penghinaan ini, yang menyerukan pembalasan di hadapan Tuhan. Ada bagian dalam kisah Nuh yang sangat ekspresif dalam hal ini (lih. Kej. 9:21-23) – semoga Anda mengingatnya. Nuh yang sudah tua, pahlawan banjir bah dan masih pekerja keras, terbaring tak sadarkan diri setelah minum terlalu banyak. Dia sudah tua, tapi dia terlalu banyak minum. Putra-putranya, agar tidak membangunkannya dan mempermalukannya, dengan lembut menutupinya, melihat ke samping, dengan penuh hormat. Teks ini sangat indah dan mengatakan segala sesuatu tentang kehormatan karena orang tua. Untuk menutupi kelemahan orang tua agar tidak merasa malu. Sebuah teks yang sangat membantu kita.

Terlepas dari semua persediaan materi yang disediakan oleh masyarakat yang lebih kaya dan lebih terorganisir untuk hari tua – yang tentu saja bisa kita banggakan – perjuangan untuk pemulihan bentuk cinta kasih khusus yang merupakan penghormatan itu tampaknya masih rapuh dan belum matang. Kita harus melakukan semua yang kita bisa untuk mendukung dan mendorongnya, menawarkan dukungan sosial dan budaya yang lebih baik kepada mereka yang peka terhadap bentuk ‘peradaban cinta kasih’ yang menentukan ini.

Dan pada poin ini, izinkan saya untuk memberikan beberapa saran kepada orang tua: tolong, bawa anak-anak Anda, anak kecil, lebih dekat dengan orang tua, selalu dekatkan mereka. Dan ketika orang tua itu sakit, sedikit kurang waras, selalu dekati mereka: beri tahu mereka bahwa ini adalah daging kita, bahwa inilah yang memungkinkan kita berada di sini. Tolong jangan mendorong orang tua untuk pergi. Dan jika tidak ada pilihan lain selain mengirim mereka ke panti jompo, silakan kunjungi mereka dan bawa anak-anak untuk menjenguk mereka: mereka adalah kehormatan peradaban kita, orang tua yang membuka pintu. Dan seringkali, anak-anak melupakan hal ini.

Saya akan memberi tahu Anda sesuatu yang pribadi: Saya dulu suka mengunjungi panti jompo di Buenos Aires. Saya sering pergi kesana. Saya kerap kali pergi, saya mengunjungi masing-masing… Dan saya ingat suatu kali saya bertanya kepada seorang wanita: ‘Berapa banyak anak yang Anda miliki?’ – ‘Saya punya empat, semuanya sudah menikah, dengan cucu…,’ dan dia mulai berbicara kepada saya tentang keluarga. ‘Dan apakah mereka datang [untuk mengunjungi]?’ – ‘Ya, [dia berkata,] ‘mereka selalu datang!’ Ketika saya meninggalkan ruangan, perawat, yang telah mendengar, berkata kepada saya: ‘Bapa, dia berbohong untuk menutupi anak-anaknya. Tidak ada yang datang kepadanya selama enam bulan!’ Ia telah diabaikan dalam waktu yang lama, berpikir bahwa yang tua adalah sampah. Tolong: itu adalah dosa besar. Ini adalah perintah agung pertama, dan satu-satunya yang mengatakan pahala: ‘Hormatilah ayahmu dan ibumu, dan kamu akan memiliki umur panjang di bumi.’ Perintah untuk menghormati orang tua ini memberi kita berkat, yang diungkapkan dalam ini cara: ‘Kamu akan memiliki umur panjang.’ Tolong hargai orang tua. Dan [bahkan] jika pikiran mereka sirna, tetap hargailah yang tua itu. Karena mereka adalah kehadiran sejarah, kehadiran keluarga kita, dan berkat mereka kita ada di sini, kita semua dapat mengatakan: terima kasih kepadamu, kakek dan nenek, saya hidup. Tolong jangan tinggalkan mereka sendirian. Dan ini, merawat orang tua, bukan masalah kosmetik dan operasi plastik, bukan. Sebaliknya, ini adalah masalah kehormatan, yang harus mengubah cara kita mendidik kaum muda tentang kehidupan dan tahapannya. Cinta kasih untuk pribadi manusia yang umum bagi kita, termasuk menghormati kehidupan yang dijalani, bukanlah masalah yang lama. Melainkan sebuah ambisi yang akan membawa pancaran bagi para pemuda yang mewarisi kualitas terbaiknya. Semoga hikmat Roh Tuhan memberi kita untuk membuka cakrawala revolusi budaya sejati ini dengan energi yang diperlukannya. Terima kasih.

.
Lapangan Santo Petrus
Rabu, 20 April 2022

Tinggalkan komentar