Mancanegara

Mewartakan Injil dalam Situasi Sulit


Fribourg (Agenzia Fides) – Sebuah video “We Are Still Here” adalah video hasil kerja sama antara internasional dan berbagai Direktur Nasional Serikat Misi Kepausan dengan menyebut nama “Missio”. Video ini dibuat dalam rangka merayakan Bulan Misi Sedunia, khususnya di masa covid-19 ini. Masa yang sulit, khususnya bagi para misionaris yang berkarya di daerah-daerah.

We will not give up and we will stay here“. Frasa tersebut dalam video diucapkan berulang-ulang kali, dalam berbagai bahasa. Intinya bahwa, para misionaris akan tetap tinggal, berada di tempat meraka melayani. Mereka adalah orang yang telah jatuh cinta kepada cinta Tuhan dan sesama. Mereka telah menyatu dengan masyarakat lokal, dan ikut merasakan suka-duka hidup mereka.

Para misionaris ini berada dan tetap di tanah misi, hidup dan berjalan bersama orang-orang lokal, memberitakan dan menjalankan Injil, bahkan dalam situasi yang paling sulit. Misionaris mengandalkan kedekatan dan kehadiran konkret Gereja universal, terutama selama bulan misi di sepanjang bulan Oktober.

Semuanya telah berubah, semuanya tidak pasti. Pandemi menghasilkan perubahan penting, tetapi hanya satu hal yang pasti: misionaris, wanita dan pria dari seluruh dunia, tidak akan meninggalkan tanah tempat mereka diutus untuk misi. “Kami akan berada di sini… kami selalu di sini… dan kami akan selalu… kami akan melanjutkan misi kami… kami tidak akan menyerah… karena kami adalah misionaris,” jelas kampanye yang dipromosikan dalam video Serikat Kepausan Misioner.

“Oktober adalah Bulan Misi Sedunia. Gereja Katolik di seluruh dunia berkumpul untuk merayakan dan mendukung misi Gereja,” jelas Martin Brunner-Artho. Hari Minggu Misi Sedunia berpuncak pada tanggal 18 Oktober  dengan perhatian khusus diberikan kepada Gereja Guinea-Conakry, di Afrika Barat, dan pada komitmen pastoral dan sosialnya.

Missio Switzerland mengenang peran kaum awam dalam komunitas gerejawi, baik di Swiss maupun di Guinea. Sebagai bagian dari kampanye nasional untuk mempromosikan Bulan Misi Sedunia, Missio Switzerland telah membuat 12 video pendek, di mana pria dan wanita Swiss yang berbahasa Italia menceritakan apa artinya bagi mereka “menjadi misionaris, dibaptis, dan diutus”. Dalam video tersebut, tema pesan Paus untuk Minggu Misi Dunia bergema dalam kata-kata mereka: “Ini aku, utuslah aku”.

(Agenzia Fides 18/9/2020)

<<< Kembali ke Halaman Utama

Selanjutnya >>>