Belajar dari Kebajikan Santo Yosep

selama Tahun Santo Yosep

YOSJ-seal-2

Pada tanggal 8 Desember 2020 (bertepatan dengan Hari Raya Maria Dikandung Tanpa Noda), Paus Fransiskus mengeluarkan Surat Apostolik berjudul Patris Corde (Dengan Hati Seorang Bapa). Surat Apostolik ini sekaligus menandai mulainya Tahun Santo Yosep yang ber-langsung hingga 8 Desember 2021.

Penetapan tersebut menandai ulang tahun ke-150 penetapan Santo Yosep sebagai Pelindung Gereja Universal oleh Beato Pius IX pada 8 Desember 1870. Figur Sentral Patris Corde ialah Santo Yosep, suami Bunda Maria, ayah Yesus. Paus Pius XII telah menggelari St Yosep sebagai pelindung para pekerja, dan Paus Yohanes Paulus II menghormatinya sebagai Penjaga Sang Penebus.

Mengapa St. Yosep? Bagi Paus Fransiskus, Santo Yosep adalah figur yang cocok bagi Gereja dan Dunia, yaitu sebagai model orang yang bekerja di belakang layar demi kepentingan dan keselamatan umat manusia. Di masa pandemi korona ini, orang-orang biasa seperti dokter, perawat, guru, pekerja publik, dan para relawan, mendedikasikan hidupnya bagi keselamatan umat manusia.

Mereka itu tidak menjadi headline berita di media, namun tulus mengabdi dan melayani. Itulah contoh aktual figur St. Yosep: Ia seorang ayah dan pekerja yang tulus. Ia melindungi Maria dan Yesus demi keselamatan umat manusia. Tanpa banyak tampil, ia turut dalam karya keselamatan Allah. Krisis karena pademi korona menantang kita berbela rasa seperti Yosep yang saleh.

Keutamaan-Keutamaan St. Yosep. Paus merefleksikan tujuh kualitas yang dimiliki oleh St. Yosep. Yosep adalah seorang 1] bapa penuh kasih. Ia suami Maria, ayah Yesus. Ia mendedikasikan status dan hidupnya demi Keluarga Kudus. Seluruh hidupnya adalah pelayanan bagi Tuhan. Yosep juga adalah 2] seorang bapa yang lembut dan penuh cinta. Ia menyaksikan Yesus yang tumbuh penuh kebijaksanaan. Sebagai ayah ia melindungi anaknya dengan penuh kasih dan kehangatan.

Paus mengajak kita merefleksikan bahwa selain viat Maria, ada pula ‘viat Yosep’. Ia taat pada kehendak Tuhan. Maria telah mengatakan janji kesetiaanya pada Tuhan: terjadilah padaku menurut kehendak-Mu. Demikian pula Yosep memperlihatkan viatnya sebagai ayah Yesus. Dan Yesus sendiri pada saatnya di taman Getsemani, menyatakan viat-Nya kepada Allah Bapa: ‘bukan kehendak-Ku melainkan kehedak-Mu lah yang terjadi. Yosep mendidik Yesus dengan contoh sikap taat.

Yosep adalah 4] seorang bapa yang siap menerima. Ia menerima Maria dengan tulus hati. Ia percaya pada kata-kata Malaikat Tuhan. Ia figur seorang pria yang menghormati perempuan. Ia tak mau mempermalukan Maria. Ia pria yang bukan hanya berpikir logis, tetapi terutama bertindak sensitif. Yosep memberi teladan bagi kita untuk melawan kekerasan bagi perempuan.

Yosep digambarkan pula sebagai 5] bapa yang berani dan kreatif. Yosep tidak lari dari kesulitan. Dalam situasi sulit, ia berani memilih tindakan yang bukan menurut pilihannya sendiri. Dalam situasi dilematis ia menjadi ‘mukjizat’ bagi keselamatan Maria dan anak Yesus. Ketika tidak ada tempat bagi Maria di Betlehem, Yosep menyediakan palungan yang nyaman. Ketika harus mengungsi dari ancaman Herodes, ia tegar melindungi dan menyelematkan keluarga. Ia percaya tangan Tuhan.

Paus juga menghormati Santo Ysusf sebagai figur 6] seorang bapa pekerja. Yosep adalah seorang tukang kayu. Ia bekerja keras menghidupi Keluarga Kudus. Ia adalah pelindung para pekerja. Paus Leo XIII dalam Ensiklik Rerum Novarum merefleksikan peran Yosep sebagai pekerja. Yesus belajar bekerja dan melayani dari sang ayah, Yosep. Di Tahun Santo Yosep ini kita patut berdoa dan menghormati para pekerja yang mendedikasikan hidupnya bagi umat manusia.

Akhirnya Paus Fransiskus meng-gambarkan figur Yosep sebagai 7] bapa tersembunyi (a father in the shadows). Figur Yosep sebenarnya menampilkan sifat Allah Bapa sendiri yang selalu mengasihi Anak-Nya. Relasi Yesus dan Yosep adalah bayangan dari relasi Yesus dengan Bapa-Nya di surga. Yosep adalah figur penyertaan Bapa dalam seluruh hidup Yesus Putra-Nya di dunia.

Andreas B. Atawolo, OFM
Sumber: https://christusmedium.com