Seminari Menengah Santo Yosef, Tarakan Keuskupan Tanjung Selor

Seminari Menengah St. Yosef, Tarakan, Keuskupan Tanjung Selor

Alamat :
Jl. Danau Jempang No. 52 RT 05 Kel. Pamusian – Tarakan Tengah Kalimantan Utara

Rektor :
Rm. Saverinus Peri, Pr

Alamat email :
saveprdioses@gmail.com

Jumlah seminaris :
Kelas X : 12 orang
Kelas XI : 8 orang
Kelas XII : 6 orang
KPA : 7 orang
Total : 33 orang

Website:
https://www.smitarakan.org/



Seminari Santo Yosef Tarakan Keuskupan Tanjung Selor didirikan oleh Mgr. Yustinus Harjo Susanto MSF (Uskup Agung Keuskupan Samarinda) yang pada waktu itu menjadi uskup pertama Keuskupan Tanjung Selor. Beliau kemudian melihat situasi real di mana saat terbentuknya, Keuskupan Tanjung Selor hanya memiliki 3 imam diosesan. Sebagian besar wilayah keuskupan ini dilayani oleh para misionaris seperti MSF, OMI, serta beberapa imam diosesan dari keuskupan lain yang bekerja sama dengan Keuskupan Tanjung Selor.

Saat ini jumlah imam yang berkarya di Keuskupan Tanjung selor kurang lebih sekitar 30 orang. Jumlah ini tidak sebanding dengan luasnya wilayah Keuskupan Tanjung Selor. Hal ini lah yang menjadi salah satu latar belakang berdirinya Seminari Menengah Santo Yosef Tarakan.

seminari

Maka pada tahun 2009 RD Yulianus Waja mengikuti Kursus Formatio khusus formator di Ronkali. Kemudian dilanjutkan dengan Tim Promosi Panggilan dan Panitia Pembangunan Seminari pada tanggal 8 Juli 2011. Uskup Mgr. Yustinus Harjosusanto MSF menetapkan dan mengsahkan berdirinya Seminari Menengah Santo Yosef Tarakan.

Para siswa pertama Seminari Menengah Santo Yosef Tarakan pada waktu itu berjumlah 18 orang yang terdiri dari : 16 orang siswa KPP (Kelas Persiapan Pertama) dan 2 orang KPA (Kelas Persiapan Atas). Lalu tempat tinggal dan tempat belajar pada waktu itu masih mengontrak rumah salah satu umat yang ada di wilayah paroki Tarakan sambil menunggu proses pembangunan seminari yang ditempati saat ini.

Dari tahun ke tahun, jumlah siswa seminari terus bertambah dan meningkat , tercatat saat ini jumlah siswa yang belajar di Seminari Menengah Santo Yosef Tarakan sebanyak 36 orang yang terdiri dari 3 orang KPA (Kelas Persiapan Atas) dan 33 Siswa KPP (Kelas Persiapan Pertama).