Ujud-ujud Kerasulan Doa

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini.

Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putera-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi pembimbing dan kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan […] ini:


OKTOBER 2020

Ujud Evangelisasi: Partisipasi kaum awam; semoga dengan keutamaan sakramen baptis, para awam, terutama kaum perempuan, dapat semakin ikut berpartisipasi dalam berbagai bidang tanggung jawab gerejawi.

Ujud Gereja Indonesia: Berbahasa lembut; semoga umat Katolik mau mengutamakan bahasa yang lembut sebagai upaya menciptakan persahabatan dan persudaraan di tengah kemelut komunikasi media sosial yang cenderung pedas, mengancam, dan merusak dewasa ini.

Ujud Khusus: Kami mempersembahkan kaum muda kami, agar terus menerus belajar membela keadilan bagi siapapun.

NOVEMBER 2020

Ujud Evangelisasi: Inspirasi artifisial; semoga kemajuan teknologi robotik dan intelegensi artifisial dapat dikendalikan demi tujuannya yang luhur, yakni melayani dan mengabdi manusia serta kemanusiaan.

Ujud Gereja Indonesia: Para ayah; semoga para ayah tetap menginsyafi kewibawaan dan kebijaksanaannya sebagai kepala keluarga ditengah arus sosial yang menggerus kehidupan keluarga jaman ini.

Ujud Khusus: Kami persembahkan seluruh umat di Keusukpan kami untuk bersedia menjadi pejuang keadilan di setiap tempat tinggal dan karyanya.

DESEMBER 2020

Ujud Evangelisasi: Hidup doa; semoga hubungan pribadi kita dengan Yesus Kristus diperkaya oleh Sabda Allah dan hidup doa

Ujud Gereja Indonesia: Berhati-hati terhadap konsumerisme; semoga keluarga-keluarga Katolik diberanikan dalam membatasi konsumsinya hanya pada barang-barang yang memang diperlukan, sehingga rela membagikan sebagian miliknya pada mereka yang lebih membutuhkan

Ujud Khusus: Kami menggabungkan diri dengan Kelurga Kudus Nasaret untuk menggapai keadilan dengan Sang Sahabat, ialah Yesus Kristus Tuhan kami.

JANUARI 2020

Ujud Evangelisasi: Mempromosikan perdamaian dunia; semoga umat Kristiani, para penganut agama-agama lain, dan semu orang yang berkehendak baik mau mempromosikan perdamaian dan keadilan di dunia ini.

Ujud Gereja Indonesia: Membangun solidaritas; semoga, demi solidaritas nyata terhadap mereka yang miskin dan berkekurangan, keluarga-keluarga Katolik mau menentukan porsi makan secukupnya supaya tidak ada makanan yang terbuang sia-sia.

Ujud Khusus: Kami mempercayakan seluruh umat di Keuskupan Kami kepada Roh Kasihmu, agar semakin mengimani Allah Bapa yang maha adil dengan mewujudkan keadilan sosial.

FEBRUARI 2020

Ujud Evangelisasi: Mendengarkan jeritan para imigran; semoga tangis saudara-saudara kita para imigran korban kejahatan perdagangan manusia didengarkan, ditanggapi secara serius dan ditindaklanjuti oleh semua pihak terkait.

Ujud Gereja Indonesia: Panggilan Hidup Bakti; semoga para imam dan kaum religius mampu menjadikan hidupnya inspirasi dan kesaksian bagi kaum muda agar mereka terdorong untuk berani mengikuti panggilan menjadi imam dan hidup membiara.

Ujud  Khusus: Kami mempersembahkan kesedian para pelayan Pastoral dan Kader awam di Keuskupan kami, agar semakin bersikap dan bertindak adil, dan menjadi cermin Keadilan Ilahi.

MARET 2020

Ujud Evangelisasi: Umat Katolik di China; semoga umat Katolik di China bertahan dalam keteguhan iman pada Injil dan bertumbuh dalam persatuan.

Ujud Gereja Indonesia: Pasar tradisional; Semoga di tengah merebaknya mal-mal meoderen, pasar-pasar tradisional tetap bisa berfungsi dan memperoleh hak hidupnya, sehingga pedagang-pedagang kecil tetap bisa menjalankan aktivitas ekonominya.

Ujud Khusus: Kami menghunjukan Masa Prapaskah untuk menjadi masa Penyelenggaraan Latihan Keadilan bagi seluruh umat Keuskupan kami.

APRIL 2020

Ujud Evangelisasi: Menolong mereka yang kecanduan; semoga saudara-saudara kita yang menderita karean kecanduan, dalam bentuk apapun bisa mendapat pertolongan dan pendampingan.

Ujud Gereja Indonesia: Membentuk budaya membaca; semoga Gereja berkenan mencari sarana-sarana konkret untuk melatik keluarga-keluarga Katolik dalam menghidupi dan meningkatkan budaya Literasi membaca.

Ujud Khusus: Berkatilah umat di Keuskupan kami agar para wanita dan anak mengalami dan melaksanakan keadilan dalam keluraga, Gereja dan masyarakat.

MEI 2020

Ujud Evangelisasi: Kesetiaan para diakon; semoga para diakon dengan kesetiaannya pada pelayanan Sabda Tuhan dan orang miskin, bisa menjadi simbol Gereja yang inspiratif dan menggugah semangat umat.

Ujud Gereja Indonesia: Maria Bunda Keteguhan Hati; semoga di tengh kebingungan dan ketidakpastian, umat Katolik mau meneladan Bunda Maria sebagai Bunda Keteguhan Hati.

Ujud Khusus: Bunda Maria menyertai kami, untuk dipersatukan dengan Sang Putera dalam mengupayakan keadilan bagi seluruh bangsa kami.

JUNI 2020

Ujud Evangelisasi: Menempuh Jalan Hati; semoga saudara-saudara kita yang sedang menderita bisa menemukan jalan hidup, yang mengantar mereka untuk disentuh oleh Hati Kudus Yesus.

Ujud Gereja Indonesia: Para Petani; semoga pemerintah dan pihak-pihak yang berwenang, berkehendak kuat untuk membantu dan berpihak pada kelangsungan dan kesejahteraan hidup para petani.

Ujud Khusus: Kami menggabungkan diri dengan Hati Yesus yang Mahakudus agar dari lubuk hati yang terdalam atau sungguh-sungguh mengusahakan keadilan bagi seluruh bangsa kami.

JULI 2020

Ujud Evangelisasi: Keutuhan Keluarga; semoga keluarga-keluarga pada jaman ini tidak merasa sendirian karena senantiasa dapat menemukan cinta, penghargaan, dan bimbingan yang mereka perlukan demi terjaganya keutuhan keluraga.

Ujud Gereja Indonesia: Sumber daya manusia; semoga dalam rangka peningkatan sumber daya manusia yang dicanangkan pemerintah, lembaga-lembaga pendidikan Katolik, menemukan sarana-sarana untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan jaman milenial.

Ujud Khusus: Kami mohon berkat bagi para pelayan pendidikan kami untuk membantu terwujudnya pendidikan keadilan dalam setiap tingkatnya.

AGUSTUS 2020

Ujud Evangelisasi: Kesejahteraan dalam dunia maritim; semoga semua orang yang bekerja dan hidup dari laut, yaitu pelaut, nelayan, beserta keluarganya dan para petugas yang menjaga laut senantiasa dikaruniai keselamatan dan kesejahteraan.

Ujud Gereja Indonesia: Kerukunan bangsa; semoga sebagai tindakan nyata dalam menjalin kebersamaan dan kerukunan bangsa, Gereja membuka diri terhadap kebudayaan dan mau menggalakan aneka ragam kegiatan seni lokal.

Ujud Khusus: Kami mempercayakan usaha kami dalam bernegara supaya terwujudlah keadilan bagi setiap warga negara.

SEPTEMBER 2020

Ujud Evangelisasi: Hormat terhadap sumber daya alam; semoga semua sumber daya bumi ini tidak dikuras dan dirampas dengan serakah, tetapi dibagikan dengan adil dan disertai rasa syukur terhadap alam.

Ujud Gereja Indonesia: Menciptakan udara bersih; semoga dalam berpartisipasi untuk menciptakan udara bersih, keluarga-keluarga Katolik berinisiatif menjalankan sumbangsih yang sederhana dengan menghijaukan lingkungannya masing-masing.

Ujud Khusus: Kami mempersembahkan tekad kami untuk mendasarkan upaya keadilan kami pada Sang Sabda sendiri.