Sumbangan awal Paus untuk operasi bantuan tsunami Indonesia

Paus mengirimkan sumbangan awal untuk operasi bantuan bagi orang-orang yang terkena dampak tsunami yang menghancurkan di Indonesia pada tanggal 22 Desember.

Paus Fransiskus mengirimkan sumbangan awal untuk operasi bantuan bagi orang-orang yang dilanda tsunami dahsyat seminggu yang lalu di Indonesia, Departemen Kuria Roma Vatikan untuk Kemajuan Pembangunan Manusia Integral mengatakan hal tersebut dalam sebuah penjelasan singkat pada hari Sabtu.
Tsunami yang disebabkan oleh runtuhnya bagian dari gunung vulkanik Anak Krakatau menewaskan sedikitnya 426 orang ketika gelombang hingga 5 meter menerjang wilayah pantai Selat Sunda antara pulau-pulau Indonesia, Jawa dan Sumatra, pada 22 Desember. Badan penanggulangan bencana Indonesia mengatakan 23 orang hilang dan lebih dari 40.000 orang telah dipindahkan. Sekitar 1.500 orang terluka.

Sumbangan Paus akan disalurkan melalui Departeman Kuria Roma untuk Kemajuan Pembangunan Manusia Integral.

“Sumbangan ini menyertai doa Bapa Suci untuk mendukung penduduk Indonesia yang terkasih dan merupakan bagian dari bantuan yang diaktifkan di seluruh jaringan amal Gereja Katolik,” kata Departemen Kuria Roma.
“Jumlahnya akan ditentukan dalam beberapa hari mendatang dan dimaksudkan untuk menjadi ekspresi langsung dari sikap belarasa dan dukungan Bapa Suci,” tambahnya.

Pihak berwenang telah memperingatkan penduduk Selat Sunda untuk tinggal satu kilometer dari garis pantai, dengan alasan potensi tsunami lain.

29 Desember 2018
Oleh: Robin Gomes
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s