“Persembahkan yang Terbaik Bagi Tuhan”

RENUNGAN HARIAN MISIONER & HARI MINGGU
LITURGI Th. C/I – 2019

Minggu, 06 Januari 2019
HARI RAYA PENAMPAKAN TUHAN dan
HARI ANAK MISIONER SEDUNIA ke-176
Yes. 60:1-6; Ef. 3:2-3a, 5-6; Mat. 2:1-12

Hari ini Gereja merayakan Epifani, yaitu Hari Raya Penampakan Tuhan, sekaligus perayaan Hari Anak Misioner Sedunia. Bacaan-bacaan misa pada hari raya Penampakan Tuhan selalu sama untuk semua lingkaran Liturgi tahun A-B-C. Ketiga bacaan misa tersebut hendak menyatakan bahwa Yesus Sang Almasih bukan hanya untuk bangsa tertentu (Israel), melainkan untuk seluruh bangsa dunia. Yesus Kristus adalah Sang Penebus dan Juruselamat dunia. Dalam Yesus, Allah menjanjikan keselamatan dan mengerjakannya bagi semua bangsa, setiap pribadi dan semua orang.

Gereja merayakan Epifani sebagai penampakan Tuhan Yesus kepada tiga orang majus. Ketiga orang majus ini mewakili berbagai bangsa di dunia. Nama mereka adalah Melchior, yang berasal dari Asia; Baltazar, dari Persia; dan Gaspar, dari Etiopia. Orang majus adalah ahli perbintangan, namun juga ahli ilmu gaib atau sihir. Kedatangan ketiganya menandakan tiga hal. Pertama, Yesus membawa keselamatan bagi semua bangsa, bukan hanya bagi orang Yahudi saja. Kedua, bangsa-bangsa sujud menyembah Yesus Sang Raja Damai. Ketiga, kekuatan gaib atau kekuatan sihir/jahat tunduk takluk di hadapan Yesus, karena orang majus dipahami juga sebagai ahli ilmu gaib atau sihir.

Ketiga orang majus mempersembahkan emas, kemenyan, dan mur kepada Yesus. Injil Matius menceritakannya, “Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada Anak itu, yaitu emas, kemenyan, dan mur.” Ketiga persembahan tersebut melambangkan martabat Yesus, sekaligus merupakan nubuat akhir hidup Yesus. Emas melambangkan martabat kemuliaan Yesus sebagai Raja. Kemenyan melambangkan martabat Yesus sebagai Imam. Dan, mur melambangkan atau menubuatkan Yesus yang wafat di salib untuk menyelamatkan dunia.

Ketiga orang majus mempersembahkan kemuliaan (emas), keluhuran (kemenyan), dan keindahan (mur). Ketiga orang majus itu mempersembahkan yang terbaik bagi Tuhan. Sebelum mempersembahkannya, mereka “membuka tempat harta bendanya.” Hal ini menunjukkan kepada kita dua gerakan untuk menjadi misionaris bersama Yesus: “membuka” kenyamanan diri dan “mempersembahkan” yang terbaik bagi Tuhan. Persembahan yang terbaik itu bisa diwujudkan juga dengan gerakan 2D2K: DOA-DERMA-KURBAN-KESAKSIAN.*** (NW)

(RD. M Nur Widipranoto – Dirnas Karya Kepausan Indonesia)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Kaum muda dan Teladan Bunda Maria: Semoga kaum muda, terutama yang berada di Amerika Latin mau meneladani Bunda Maria dan menjawab panggilan Tuhan untuk menyampaikan kegembiraan Injil pada dunia. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pemimpin Agama: Semoga para pemimpin agama berani dengan tegas menolak segala bentuk usaha pribadi maupun kelompok masyarakat yang hendak menggunakan agama demi meraih kepentingan politik praktisnya. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami mendukung hasrat Sri Paus membangun damai dengan hikmat yang menguatkan tekad persaudaraan para pemimpin negara kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s