Yesus Mewarta Kapan pun dan di Mana pun

RENUNGAN HARIAN MISIONER & HARI MINGGU
LITURGI Th. C/I 2019

Senin, 07 Januari 2019
1Yoh. 3:22 – 4:6 & Mat. 4:12-17, 23-25

Sejak awal Alkitab, Kehendak Allah sangat jelas bahwa Kabar Gembira diperuntukkan bagi siapa pun juga. Kapan pun. Di mana pun. Kitab Kejadian mengisahkan bagaimana Allah menggunakan setiap saat untuk menciptakan: segala ciptaan tersentuh oleh Kasih Allah yang menjadi dasar dari adanya, tanpa kecuali. Menit demi menit, hari demi hari terisi oleh Kehendak Tuhan yang mengutus semua untuk hadir.

Nabi Nuh menyelamatkan segala ciptaan supaya pengutusan pewartaan cinta itu tidak terhenti, sehingga semua dikumpulkan berpasang-pasangan. Konflik dan perselisihan dalam sejarah tidak menyusutkan Kehendak Pencipta, hendak mendorong semua ciptaan berbagi cinta demi Kemuliaan Nama-Nya.

Ishak, anak Abraham diselamatkan untuk melanjutkan pengutusan (baca “misi”) berbagi cinta, sampai sebanyak pasir di pantai. Juga iri hati dan kemarahan antar-saudara di tengah anak cucu Israel (baca “Yakub”) tidak dapat menghentikan Kehendak Tuhan guna melimpahkan pengutusan cinta, supaya sukacita anak cucu Abraham-Ishak-Yakub mengisi hidup Keluarga Bangsa Terpilih.

Penyebaran Kegembiraan Keturunan Israel itu dilanjutkan dengan pelembagaan cinta dalam pranata perkawinan serta pembentukan Keluarga Besar Daud dan anak cucunya. Yesus, Anak Maria, Putera Daud, adalah Penjelmaan Kehendak Cinta Allah, yang ter-“SABDA”-kan secara abadi. Sejak kelahiran-Nya, Sang Putera sudah merangkum seluruh alam semesta, termasuk bintang, hewan dan orang sederhana (para gembala) serta mulia (para Sarjana dari Timur): semua menyambut pengutusan semesta Roh Cinta Kasih.

Dengan demikian bangsa manusia yang terpecah belah dan terbencikan satu sama lain diundang untuk menghayati pemulihan Cinta Abadi. Itulah makna pewartaan Nabi Agung, Yohanes Pembaptis. Pewartaan Sang Roh dalam pertemuan Yohanes Pembaptis dengan Tuhan Yesus di Sungai Yordan adalah “tanda dan sarana” Pelayanan Sang Penebus dalam Perjanjian Baru. Itulah sebabnya, langkah selanjutnya Pengutusan itu diwujudkan dengan menghadirkan Kabar Gembira di desa-desa dan kota-kota Israel.

Kita pantas bersyukur, bahwa Anak Manusia berkenan menyusuri segala lorong kehidupan bangsaNya: melaksanakan Pengutusan (“MISI”) Bapa, mengajak manusia bertobat, menyambut Allah Yang Maharahim. Melawan segala hambatan dan penolakan manusia, Sang Sabda keluar-masuk desa, kota dan HATI MANUSIA, AGAR MANUSIA DENGAN GEMBIRA (AMDG) juga mau diutus (=misi) menjadi pewarta Injil dengan kata, perbuatan dan seluruh hidupnya.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.
Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:
Kaum muda dan Teladan Bunda Maria: Semoga kaum muda, terutama yang berada di Amerika Latin mau meneladani Bunda Maria dan menjawab panggilan Tuhan untuk menyampaikan kegembiraan Injil pada dunia. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:
Pemimpin Agama: Semoga para pemimpin agama berani dengan tegas menolak segala bentuk usaha pribadi maupun kelompok masyarakat yang hendak menggunakan agama demi meraih kepentingan politik praktisnya. Kami mohon…

Ujud Khusus:
Semoga umat di Keuskupan kami mendukung hasrat Sri Paus membangun damai dengan hikmat yang menguatkan tekad persaudaraan para pemimpin negara kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s