Tips Menggapai Kebahagiaan

RENUNGAN HARIAN MISIONER & HARI MINGGU
LITURGI Th. C/I 2019

Kamis, 10 Januari 2019
1Yoh.4:19 – 5:4 & Luk.4:14-22a

Saudara-saudari yang Terkasih,
Kita kembali ke rutinitas harian kita setelah merayakan Pesta Natal dan Tahun Baru. Masing-masing kita tentu punya tips untuk kesuksesan dan kebahagiaan hidup kita di Tahun 2019 ini. Kedua bacaan suci hari ini memberikan satu tips spiritual yang bisa membantu kita menggapai impian sukses dan bahagia. Tips itu yakni “mengasihi sesama dengan iklas dalam tindakan konkret.”

Yesus, Sang Soko Guru kita memberikan contoh konkret melalui kesaksian hidup-Nya. Visi-misi-Nya mau mengasihi menolong umat manusia (Lukas 4: 18-19) diwujudnyatakan dalam seluruh hidupNya: yang sakit disembuhkan, yang lapar diberi makan, yang terbeban diberi kelegaan, yang tersesat dituntun pada jalan yang benar dan sebagainya.

Yesus sungguh mensinkronisasikan kata dan tindakan secara baik. Dia bukan tipe NATO (No Action Talk Only). Apa yang dikatakan adalah apa yang Dia buat, Apa yang Dia buat, itulah yang diajarkan kepada orang lain. Upaya menyatukan kata dan tindakan seperti Yesus sangat kita butuhkan dalam dunia kehidupan kita sekarang ini. Tekad mewujudkan impian mengasihi sesama dalam kata dan tindakan konkret dibarengi kesediaan mengoreksi diri waktu ke waktu akan besar manfaatnya dalam perjuangan ini.

Kesadaran bahwa sebenarnya kita lebih dahulu dicintai dan diperhatikan Tuhan akan menjadi Inner Power dari dalam diri kita menyokong tindakan kita kepada sesama dengan penuh sukacita. Maka dibutuhkan sikap sedia ‘melihat’ karya Tuhan dalam hidup kita sekecil apapun dan bersyukur atas semuanya itu akan turut melanggengkan perjuangan rohani ini. Syukur yang ikhlas akan menjadi suplemen spiritual bagi hidup dan tindakan kasih kita kepada sesama sehingga melakukannya dengan penuh kegembiraan.

Tuhan bantulah kami agar kami mampu mengasihi sesama dengan ikhlas seperti Yesus dalam kata dan tindakan nyata kami. Amin.

(RP. Dr.John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub Indo-Leste)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Kaum muda dan Teladan Bunda Maria: Semoga kaum muda, terutama yang berada di Amerika Latin mau meneladani Bunda Maria dan menjawab panggilan Tuhan untuk menyampaikan kegembiraan Injil pada dunia. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pemimpin Agama: Semoga para pemimpin agama berani dengan tegas menolak segala bentuk usaha pribadi maupun kelompok masyarakat yang hendak menggunakan agama demi meraih kepentingan politik praktisnya. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kamimendukung hasrat Sri Paus membangun damai dengan hikmat yang menguatkan tekad persaudaraan para pemimpin negara kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s