“Misionaris : Bersaksi Tentang Kehadiran Yesus & Kerajaan Allah”

RENUNGAN HARIAN MISIONER & HARI MINGGU
LITURGI Th. C/I 2019

Selasa, 15 Januari 2019
Ibr.2:5-12 & Mrk.1:21b-28

Renungan Harian dari Yung-Fo

Selamat datang ke dalam Masa Liturgi Biasa Tahun C/1 hari kedua. Ketika melintasi batas Masa Liturgi Natal dengan Masa Liturgi Biasa Tahun C/1 pada Hari Raya Pembaptisan Tuhan, Allah Bapa telah memperkenalkan Tuhan kita Yesus Kristus sebagai “Anak yang dikasihi-Nya, Anak yang Berkenan kepada-Nya.” (Lukas 3 : 21-22)

Dalam diri Tuhan kita Yesus Kristus, “Anak yang berkenan kepada-Nya” ini, suatu paket TINDAKAN PENYELAMATAN ditawarkan Allah kepada manusia dalam wujud (1) Presentasi tentang Kerajaan Allah, yang harus diterima orang-orang dengan (2) Sikap Tobat agar mereka layak mewarisi Kerajaan tersebut dan selanjutnya ikut bekerja bersama Yesus untuk (3) Menjala manusia supaya dapat ikut mewarisi Kerajaan Allah berikut hidup kekal yang tersedia di dalamnya (Markus 1 : 15-20).

Dalam terang Firman Tuhan H1 + H2 Masa Biasa ini, tugas seorang pengikut Kristus, adalah seperti tugasnya Simon dan Andreas berikut Yakobus dan Yohanes, yaitu “menjala manusia” bagi Allah.

Dasar dari Panggilan para murid Kristus ini, adalah PERHATIAN ALLAH & TINDAKAN PENYELAMATAN ALLAH bagi umat-Nya (Ibrani 2 : 6-12).

Contoh tentang Perhatian & Tindakan Penyelamatan Allah ini adalah seperti yang ditunjukkan Yesus ketika berada di Rumah Ibadat di kota Kapernaum dalam Bacaan Injil hari ini. Melalui kasus orang yang kerasukan roh jahat itu, dua hal dinyatakan kepada kita.

Pertama yaitu tentang Perhatian & Tindakan Penyelamatan Allah melalui Kehadiran & Tindakan Yesus.

Kedua tentang adanya perlawanan dan penyesatan yang dilakukan si roh jahat melalui orang yang dirasukinya itu.

Perlawanan dan penyesatan yang dilakukan oleh roh jahat itu sangat licik dan terencana dengan rapi. Roh jahat itu mengakui Yesus sebagai “Yang Kudus dari Allah,” tetapi roh jahat itu juga menyisipkan kata-kata penyesatan ini, “Engkau datang hendak membinasakan kami?” (Markus 1 : 23-24)

Kedatangan Yesus berikut presentasi Kerajaan Allah memang merupakan KEBINASAAN bagi roh jahat dan penyesatannya. Dan hal ini memang benar, tetapi teriakan roh jahat ini ditempatkan dalam diri si manusia yang dirasukinya itu. Kelicikan roh jahat itu di sini, ketika roh itu memelintir identitas Yesus, seolah-olah sebagai Yang Kudus dari Allah, Yesus datang untuk membinasakan manusia! Di sini di dalam konteks berita hoax dan berbagai penyesatan yang dilakukan oleh roh-roh jahat dan orang-orang yang berkolaborasi dengan roh-roh jahat inilah, Peran Para Misionaris Kristus, yaitu untuk bersaksi atau menunjukkan Kebenaran Iman : (1) bahwa KEHADIRAN YESUS & PRESENTASI KERAJAAN ALLAH memang merupakan KEBINASAAN BAGI ROH JAHAT tetapi sebaliknya (2) bahwa KEHADIRAN YESUS & PRESENTASI KERAJAAN ALLAH itu sungguh-sungguh merupakan KESELAMATAN BAGI MANUSIA!

Terima kasih Yesus, untuk kehadiran-Mu di antara kami dan untuk Kerajaan-Mu berikut Hidup Kekal yang Engkau sediakan bagi kami. Buka hati kami dengan Roh-Mu, agar kami mampu menerimanya. Amin.

(RD. Marcel Gabriel – Imam Keuskupan Pangkalpinang)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Kaum muda dan Teladan Bunda Maria: Semoga kaum muda, terutama yang berada di Amerika Latin mau meneladani Bunda Maria dan menjawab panggilan Tuhan untuk menyampaikan kegembiraan Injil pada dunia. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pemimpin Agama: Semoga para pemimpin agama berani dengan tegas menolak segala bentuk usaha pribadi maupun kelompok masyarakat yang hendak menggunakan agama demi meraih kepentingan politik praktisnya. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kamimendukung hasrat Sri Paus membangun damai dengan hikmat yang menguatkan tekad persaudaraan para pemimpin negara kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s