Menjadi Satu Supaya Dunia Percaya

Paus Fransiskus: Persatuan Kristen bukanlah pilihan
Paus Fransiskus mengimbau umat Kristiani di seluruh dunia untuk berdoa dan bekerja untuk Persatuan Kristen sepenuhnya.

Paus Fransiskus telah mengingatkan umat beriman bahwa “Ekumenisme bukanlah sesuatu yang opsional.”
Selama berbicara dalam Audiensi Umum mingguan, Paus memikirkan Pekan Doa untuk Persatuan Kristen yang berlangsung dari 18 hingga 25 Januari.

Dia menyatakan bahwa “Pekan Doa” tahunan, dengan tema “Keadilan dan hanya keadilan, yang harus Anda kejar,” dimulai dengan perayaan Vesper (Ibadat Sore) di Basilika Santo Paulus di luar Tembok pada hari Jumat.

“Sekali lagi, tahun ini kita dipanggil untuk berdoa agar semua orang Kristen dapat menjadi satu keluarga lagi, menurut kehendak Tuhan ‘agar mereka semua menjadi satu’,” katanya.

Dengan menunjukkan bahwa “ekumenisme bukanlah sesuatu yang opsional,” ia maksudkan dengan “mengembangkan saksi yang sama dan konsisten yang memperjuangkan keadilan sejati dan dukungan bagi yang terlemah melalui tanggapan yang konkret, tepat dan efektif.”

“Minggu Doa untuk Persatuan Kristen” tahunan adalah masa di mana umat Kristiani diingatkan akan doa Yesus bagi para murid-Nya agar “mereka menjadi satu supaya dunia percaya” (Yoh. 17:21).

Ini adalah kesempatan bagi orang-orang Kristen dari berbagai denominasi untuk bersama-sama berdoa bagi persatuan mereka dan berpartisipasi dalam perayaan ekumenis khusus dan layanan doa.

Tema Doa Kesatuan Umat Kristen Sedunia pada tahun 2019 ini adalah “Keadilan dan hanya keadilan, yang harus Anda kejar…” yang terinspirasi dari kitab Ulangan 16:18-20.

16 Januari 2019
Oleh: Linda Bordoni
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s