Menjauhi Dosa

RENUNGAN HARIAN MISIONER & HARI MINGGU
LITURGI Th. C/I 2019

Kamis, 24 Januari 2019
Ibr.7:25 – 8:6 & Mrk.3:7-12

“Banyak pengikut Yesus.” Secara kuantitatif, banyak orang ikut Yesus. Sedemikian banyak pengikut-Nya sehingga diperlukan perahu untuk tempat Yesus mengajarkan Kabar Baik. Selain itu, Yesus tidak hanya secara verbal menguraikan Kabar tentang Kerahiman Allah; Ia juga menjamah noda-noda yang melukai diri orang-orang: yang jasmaniah maupun yang kejiwaan; sakit jasmani dan duka derita disembuhkan-Nya. Keselamatan Allah membenahi diri manusia seutuhnya. Tak ada yang luput dari perHATIan Allah Bapa.

Tujuan akhir Pengutusan MISI Yesus adalah satu juga: disingkirkannya setan dan segala dampaknya: yang membuat manusia melawan Allah dan kehilangan Hidup Ilahi. Itulah buah terpenting dari Misi Tuhan. Roh adalah penggerak dasar. Oleh sebab itu dilarang-Nya roh jahat memberi kesaksian tentang karya-Nya: jangan sampai menusia terbingungkan oleh pelbagai berita. “Tetapi Ia dengan keras melarang mereka memberitahukan siapa Dia.” (Mrk. 3 : 12)

“Kalau kita mau diutus juga untuk melaksanakan pengutusan Yesus, perlulah pertama-tama kita menjauhi setan dan pengaruh-pengaruhnya. Kita mulai dengan tekun berbakti kepada Allah saja, sebagai satu-satunya Junjungan. Kita memuliakan nama-Nya serta menguduskan Hari Tuhan. Secara nyata kita menghormati orang tua dan pemimpin-pemimpin manusiawi kita, sebagai orang-orang yang menjadi jalan dianugerahkannya hidup Allah. Maka dari itu juga, kita menghormati hidup semua ciptaan Allah serta seluruh bagian diri kita yang tujuan utamanya untuk bekerjasama dengan Tuhan guna menyuburkan kehidupan. Kesuburan hidup bersama orang lain kita usahakan secara benar dan dengan membela kebenaran. Maka kita tidak akan menginginkan apa pun juga yang bisa membawa diri kita dan sesama ke dalam dosa.

Marilah kita mohon agar hati kita terbuka hanya pada bisikan Roh Kudus.

(RP. B.S.Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Kaum muda dan Teladan Bunda Maria: Semoga kaum muda, terutama yang berada di Amerika Latin mau meneladani Bunda Maria dan menjawab panggilan Tuhan untuk menyampaikan kegembiraan Injil pada dunia. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pemimpin Agama: Semoga para pemimpin agama berani dengan tegas menolak segala bentuk usaha pribadi maupun kelompok masyarakat yang hendak menggunakan agama demi meraih kepentingan politik praktisnya. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kamimendukung hasrat Sri Paus membangun damai dengan hikmat yang menguatkan tekad persaudaraan para pemimpin negara kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s