Bintang Misioner KAJ, Pancarkan Sinarmu!

Setiap tahun, tepatnya di bulan Januari Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) membuat kegiatan akbar yakni berupa ‘temu anak dan remaja misioner se-Keuskupan Agung Jakarta.’ Tahun 2019 ini, Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner merayakan Hari Anak Misioner Sedunia ke-176, dengan tema “Bintang Misioner, Pancarkan Sinarmu!” Tema ini diangkat oleh BN-KKI sebagai tema nasional, begitu pula Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner KAJ mengangkat tema yang sama “Bintang Misioner, Pancarkan Sinarmu!”

Perayaan Hari Anak Misioner KAJ dilaksanakan tanggal 27 Januari 2019  di  aula SMA Tarakanita, jalan Raya Kelapa Cengkir Tengah No.1 Sektor 7 Gading Serpong Tangerang.  Jumlah peserta yang hadir dalam perayaan HAM-KAJ ini terdiri dari 728 anak remaja,  dan 172 pendamping. Ada sekitar 49 Paroki yang terdiri dari 9 Dekenat KAJ yang ikut berpatisipasi dalam perayaan ini.

img_0011

Perayaan hari anak misioner ini, secara istimewa diawali dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Mgr. Ignatius Suharyo  sebagai selebran utama. Conselebran yang lain adalah Dirnas KKI, RD. Markus Nur Widipranoto; Dirdios KAJ, RD. Yohanes Radityo Wisnu Wicaksono; Ketua Komkat KAJ, RD. Victorius Rudy Hartono; RP. Stefanus Suwarno, OSC; RP. Benedictus Cahyo Christanto, SJ dan RP. Gerpasius Sangla Rantetana, SX.

Dalam homilinya bapa uskup menceritakan tentang seorang anak kecil yang bernama Puteri. Si Puteri ini, ketika usia masih belasan tahun, dengan berani ia mengambil keputusan yang sulit dalam hidupnya. Itu semua karena kekuatan imannya. Walaupun ia tidak tahu, harus pergi ke mana namun ia dengan berani mengambil keputusan yang sulit, meninggalkan ayah dan ibu tirinya yang memaksanya untuk mengikuti agamanya. Namun, Tuhan telah menolongnya.  Lewat seorang ibu dan bapak yang memperhatikannya. “Puteri ini adalah anak misioner yang sejati, ia telah berani mengambil keputusan berat, sulit dan tepat,” kata bapa uskup.  “Kalian adalah anak dan remaja misioner dipanggil untuk menjadi pribadi-pribadi yang hebat, untuk berani mengambil keputusan yang benar dan tepat, bukan sekedar keputusan yang gampang dan menyenangkan,” ungkap bapa uskup Mgr. Suharyo.

Sebelum berkat penutup Bapa Uskup mengatakan bahwa, kalian dipanggil untuk menjadi bintang misoner. Salah satu bentuk ungkapan untuk memancarkan sinarnya, bintang misioner harus mencintai tanah air Indonesia. Maka, bapa uskup mengajak para remaja untuk menyanyikan lagi “Rayuan Pulau Kelapa,” sebagai ungkapan cinta tanah air Indonesia. Dengan hikmat para remaja misioner serta para pendamping menyanyikan lagu tersebut.

IMG_0146.jpg

Usai perayaan Ekaristi, dilanjutkan dengan acara foto dengan Bapa uskup, para imam conselebran bersama masing-masing peserta utusan dekenat. Selanjutnya, panitia mengarahkan anak-anak yang telah dibagi dalam kelompok masing-masing dan didampingi oleh kakak pendamping untuk memulai permainan. Permainan ini dibagi dalam dua kelompok, ada yang di dalam kelas dan ada yang di lapangan (outdoor). Para remaja dengan penuh semangat dan sukacita ikut ambil bagian dalam permainan yang penuh makna tersebut.

img_0056

Sekitar pulul 14.00 WIB para remaja dan pendamping kembali berkumpul di aula untuk mendengarkan sepatah kata dan peneguhan dari Dirdios KAJ, RD. Wisnu. Ada yel-yel, serta menyanyikan “theme song” HAM-KAJ.   Beliau berpesan, bahwa “Kalian semua dipanggil untuk menjadi bintang misioner yang harus senantiasa memancarkan sinarmu, di manapun kalian berada. Acara ditutup sekitar pukul 15.00 WIB dengan doa penutup dan berkat.

                                                                                                                                           Yohana, SRM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s