Percayakah aku?

Renungan Harian Misioner
Senin Biasa VII, 25 Februari 2019
Peringatan S. Walburga
Sir.1:1-10 & Mrk 9:14-29

Bacaan Injil hari ini menekankan pada satu kata, “PERCAYA”. Kita dipenuhi Tuhan dengan kebijaksanaan dan menerimanya sekedar sebagai pemberian-Nya. Ia membagikannya kepada kita yang cinta kepada-Nya (Sir. 1:10), maka jika kita percaya, kita sudah mendapat kuasa dari-Nya untuk bisa melakukan segala sesuatu termasuk mengusir roh jahat, seperti bacaan Injil hari ini.

Bagian akhir dari bacaan Injil menekankan kepada kita bahwa “Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!” Percaya akan penyelenggaraan Allah adalah yang paling penting di atas segalanya.

Dalam bacaan Injil hari ini, lagi-lagi kita lihat bagaimana sedih dan frustrasinya Yesus karena masih saja kadar kepercayaan para murid akan kuasa-Nya masih setengah-setengah.

Saya jadi ingat betapa sebenarnya beberapa kali juga saat saya berdoa (atau mendoakan orang lain), di mulut sepertinya penuh iman namun dalam hati ada perasaan bertanya-tanya “Apa mungkin saya sanggup menyembuhkan?” Keraguan saya membuat Tuhan juga ragu, bagaimana Dia mau turun tangan menjadikan saya sebagai perantara untuk mendoakan dan menyembuhkan orang sakit, jika saya saja masih kurang percaya?

Mengutip pesan St. Klara dari Asisi bahwa jangan kita menguji Allah, namun letakkan kepercayaan 100% ke dalam tangan-Nya dan nantikan pengharapan hanya daripada-Nya. Karena beliau pun dalam kondisi yang sakit, memaksa untuk meminta Pastor kepala biara saat itu untuk mempersembahkan ibadat Ekaristi untuk kesembuhannya.

Bacaan hari ini mau menyampaikan pesan Yesus yang sangat jelas bahwa kita semua sudah diberikan kebijaksanaan karena mencintai-Nya dan jika kita percaya, kita bisa menyembuhkan termasuk mengusir kuasa jahat. Pilihannya terletak di tangan kita, apakah kita mau mengemban misi yang sudah diberikan oleh-Nya atau tidak. Roh Kudus ada di dalam hati dan memberi kita nasihat untuk berbuat baik serta mengarahkan kita untuk menyebarkan damai, belas kasih dan keadilan. Tuhan akan menyertai kita jika kita percayakan pada kuasa-Nya saat kita melibatkan-Nya dalam doa kita.

Apakah kita masih ragu akan Tuhan kita Yesus Kristus? Renungkan bacaan-bacaan hari ini dan persiapkan hati. Kuasa kebenaran sudah menang, si jahat sudah dikalahkan. Kita semua bisa kuat dan terus memilih kebenaran dan ”tidak ada yang mustahil bagi kita yang percaya” (Mrk. 9: 23).

(Helen Romli – Ketua Komisi Penyebaran dan Pemasaran Lembaga Alkitab Indonesia)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Perdagangan Manusia: Semoga dengan murah hati, kita semua bersedia menerima dan melayani para korban perdagangan manusia, korban prostitusi dan korban kekerasan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pertemanan dalam Media Sosial: Semoga para pengguna media sosial semakin cerdas dan selektif dalam memilih lingkaran pertemanan di dunia maya demi pengembangan diri yang sehat dan baik, sehingga terciptanya masyarakat yang sehat dan bermartabat. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami melaksanakan Masa Prapaskah dengan memanfaatkan media sosial secara bijaksana penuh hikmat Roh Kudus bagi keselamatan sesama sebagai bentuk matiraga kami. Kami mohon…

Amin

One thought on “Percayakah aku?

  1. 🙏🏼 Refleksi yg Sangat membantu menguatkan iman kita – Mantap dan berharga sekali utk dibaca dan direnungkan….👍🏻
    Many thanks💕 utk Berkat dan Doanya 🙏🏼🙇🏻‍♀️

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s