Misionaris Kebaikan dan Kebenaran

Renungan Harian Misioner
Rabu Biasa VII, 27 Februari 2019
Peringatan S. Gabriel Possenti & S. Leander
Sir. 4:11-19 & Mrk. 9:38-40

Saudara-saudari terkasih, akhir-akhir ini semakin marak orang berusaha menunjukkan dirinya masuk dalam kelompok yang mana di dalam masyarakat. Bahkan kemudian tidak jarang mereka mengidentikkan dirinya dengan suatu kelompok tertentu. Hal ini tentu saja tidak salah dan sah-sah saja. Apalagi setiap orang memiliki kebebasan untuk ikut atau menggabungkan dirinya dengan kelompok yang mana saja dalam suatu masyarakat.

Yang seringkali menjadi tidak benar adalah ketika seseorang atau sekelompok orang mengukur suatu kebaikan atau kebenaran hanya berdasarkan kelompoknya sendiri. Orang menjadi fanatik dengan kelompoknya sendiri. Akibatnya, orang tidak memiliki obyektivitas dan mengukur kebaikan atau kebenaran hanya jika itu berasal atau dilakukan oleh kelompoknya sendiri. Sedangkan apapun itu jika dilakukan oleh pihak lain, lalu dinilai sebagai hal yang tidak benar dan tidak baik. Ini tentu saja tidak benar, tetapi seringkali ini terjadi dan ada di dalam lingkungan di mana kita hidup. Akibatnya, orang menjadi terpecah belah karena kebenaran dan kebaikan tergantung siapa yang berbicara dan kelompok mana yang melakukannya.

Saudara-saudari terkasih, kebaikan dan kebenaran seharusnya bernilai obyektif. Baik dan benar itu harus bisa diterima oleh semua pihak dan bisa berasal dari siapa saja. Kebenaran dan kebaikan bukan monopoli pihak tertentu saja. Sesuatu itu baik ya karena memang dari dirinya adalah baik. Sesuatu itu benar karena memang dari dalam dirinya menunjukkan kebenaran itu. Jadi tidak benar bahwa kebenaran dan kebaikan hanya milik golongan atau orang tertentu saja. Tidak benar bahwa kalau yang melakukan adalah kelompok atau pihak tertentu pasti itu baik dan benar. Sedangkan kalau yang melakukan adalah pihak lain pasti tidak benar dan tidak baik. Kebenaran dan kebaikan tidak ditentukan oleh ‘label’ atau ‘merk’ yang memproduksinya. Kebaikan dan kebenaran itu universal.

Dalam bacaan Injil hari ini, Yesus mengingatkan para murid-Nya untuk memiliki keterbukaan. Para murid Kristus harus menjadi misionaris kebenaran. Artinya harus bisa membawa dan melakukan kebenaran bagi siapa saja tanpa memandang bulu. Dan sekaligus, para murid Kristus juga harus menjadi misionaris untuk menerima kebenaran serta kebaikan yang dilakukan oleh orang lain. Para pengikut Kristus tidak boleh menjadi pribadi yang picik dan tertutup tetapi selalu menjadi pionir dalam kebaikan dan kebenaran.

(RD. Doso – Imam Keuskupan Banjarmasin)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Perdagangan Manusia: Semoga dengan murah hati, kita semua bersedia menerima dan melayani para korban perdagangan manusia, korban prostitusi dan korban kekerasan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pertemanan dalam Media Sosial: Semoga para pengguna media sosial semakin cerdas dan selektif dalam memilih lingkaran pertemanan di dunia maya demi pengembangan diri yang sehat dan baik, sehingga terciptanya masyarakat yang sehat dan bermartabat. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami melaksanakan Masa Prapaskah dengan memanfaatkan media sosial secara bijaksana penuh hikmat Roh Kudus bagi keselamatan sesama sebagai bentuk matiraga kami. Kami mohon…

 Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s