Kita dan Sesama Hanyalah Debu

Renungan Harian Misioner
Minggu Biasa VIII, 3 Maret 2019
Sir. 27:4-7; 1Kor. 15:54-58; Luk. 6:39-45

Sudah sejak zaman kuno orang mengakui bahwa tiap orang memiliki harga yang sama. Zaman Yunani, Revolusi Perancis, UUD 1945, Pernyataan Hak-Hak Azasi Manusia: tiap orang memiliki hak sama karena martabatnya sama. Iman merumuskan dalam Perjanjian Lama di AWAL KITAB KEJADIAN “Laki-laki perempuan diciptakan-Nya”. Perjanjian BARU memandang semua orang, sama-sama sahabat Sang Putera. Namun godaan hidup bersama sejak awal serupa yaitu menggeser kesalahan dan keburukan kepada orang lain: “dia yang salah”, “di matanya ada selumbar”, “dia dan pakaian atau sifatnya-lah yang menyebabkan dosaku dan semua malapetaka terjadi”.

Saya tidak pernah menjadi sumber kesalahan atau dosa. Partaiku paling benar; partai lawan adalah sumber bahaya. Kebijaksanaannya itu akar bencana; hikmahku selalu bijak. Kerap dilupakan bahwa sumber hikmah adalah Allah. Sering ditutup-tutupi bahwa pemikiran pihak lain sesungguhnya lebih bertanggungjawab. Masih sering digelapkan lagi: bahwa akhirnya Tuhanlah sumber hikmah. Dialah “Jalan, Kebenaran dan Hidup”.

Betapa sulit menjadi sesama yang seharga dengan orang lain; lebih sulit lagi “bersikap rendah hati”, yang sesungguhnya sering sekedar realistislah. Sikap tersebut ada pada para Rasul, murid luas sampai dengan kita sekarang: dalam diri kita, dalam persahabatan, dalam keluarga, di antara pasangan, dalam organisasi, dalam mengelola lembaga didik atau perusahaan sampai dalam rebutan “kekuasaan untuk katanya melayani rakyat”.

Pesan Tuhan bagi “Yang Terbesar di antara kamu supaya menjadi yang terkecil” mulai kita laksanakan bila mengakui kepapaan kita sendiri; ya sampai pada meng-ia-kan bila disebut “kamu itu debu”. Sebab kalimat itu tidak cukup dipahami sebagai ungkapan simbolis atau kiasan belaka; apalagi sekedar tuturan ritual. Penyebutan itu adalah “rumusan real dan sesungguhnyalah “PENGAKUAN IMAN”. Sebab Allah membentuk kita dari debu dan akan bermuara pada debu. Hanya Allah yang agung. Dialah yang mulia. Segala yang kita rasakan, pikirkan, ucapkan dan lakukan hanya menjadi bermakna apabila dengan demikian “Allah Makin Dipuji Gempita” ( AMDG). Aku dan sesama ciptaan senantiasa memuji Tuhan.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Pengakuan Hak Komunitas-Komunitas Kristiani: Semoga komunitas-komunitas Kristiani, terutama mereka yang teraniaya, dapat merasakan kedekatan dengan Kristus dan mengalami bahwa hak-hak mereka sungguh dihormati oleh masyarakat sekitar. Kami mohon…

 Ujud Gereja Indonesia:

Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden: Semoga dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilihan umum untuk anggota DPR dan Presiden, semua warga negara mengutamakan hati nuraninya, serta tetap berusaha menjaga kerukunan serta persaudaraan sesama anak bangsa agar tidak tergoda oleh bujukan politik uang. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami ikut mengusahakan agar penyelenggaraan pemilihan di kampung-kampung terlaksana dengan semangat persaudaraan yang tulus dan penuh kejujuran.Kami mohon…

 Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s