“Muara kita: Tuhan sendiri”

Renungan Harian Misioner
Rabu Prapaskah I, 13 Maret 2019
Peringatan S. Eufrasia
Yun. 3:1-10; Luk. 11:29-32

Sangat banyak orang yang melaksanakan aksi prapaskah, baik dalam diri sendiri maupun dalam kaitan dengan sesama. Tidak sedikit sahabat kita yang memperbanyak kolekte atau bakti sosial: langkah yang sangat pantas dipuji. Tidak terbilang jumlahnya teman-teman kita yang melakukan puasa, matiraga dan berpantang banyak hal yang disukai, demi melaksanakan laku tapa prapaskah. Sangat menggembirakanlah kalau kita mencermati pelbagai pembaruan hidup serupa: tidak hanya berkaitan dengan perkembangan diri maupun dengan bakti kepada sesama.

Dalam persiapan Paskah (=pra-paskah), segala tindakan terpuji itu masih dapat dilengkapi dengan hal-hal, yang mungkin merupakan buah renungan pada nas hari ini. Yang terpenting adalah meresapi kesadaran bahwa segala tindak keutamaan tersebut merupakan “tanda dan sarana iman”. Kita melaksanakan semua karena menyongsong Paskah, yang merupakan tindakan Bapa membangkitkan Sang Putera, karena Tuhan Yesus itu telah menuntaskan Pengutusan-Nya untuk menebus manusia. Cara yang diambil-Nya adalah menjadi manusia seutuhnya. Namun keutuhan kemanusiaan Yesus justru berakhir dengan ‘cara manusiawi sekali’, yakni Wafat di Salib. Maknanya menjadi cerah, ketika sengsara dan kematian itu merupakan “tanda dan sarana, bagaimana Yesus menampilkan kenyataan bahwa Ia adalah Sang Putera Yang Taat kepada Bapa. Maka sampailah muaranya: PASKAH”. Dengan kata lain, Wafat di Salib dan Kebangkitan Paskah adalah “TANDA DAN SARANA” kesatuan Sang Putera dengan Bapa.

Dengan demikian, Lukas dalam bacaan hari ini memperlihatkan, bahwa “Tanda” yang diminta orang Yahudi diberikan secara utuh ya, dalam Wafat dan Kebangkitan Sang Putera; bukan dengan sembarang tanda dan sarana, yang dikejar-kejar orang Yahudi untuk segera diberikan oleh Yesus. Memang Sang Putera menjelma dengan lahir di Betlehem dan dibesarkan di Nasaret serta mengajar berikut pelbagai “tanda heran” bermacam-ragam. Namun semua itu hanya mempunyai arti bila dipersatukan dalam “IMAN KITA KEPADA TUHAN YESUS YANG WAFAT DI SALIB, DIMAKAMKAN DAN DIBANGKITKAN DALAM PASKAH”.

Oleh sebab itu, pada masa Prapaskah ini, memang baik kalau kita banyak ingkar diri dan berlaku tapa; namun di dalamnya kita membuka diri untuk MENANGKAP TANDA DAN SARANA PERWAHYUAN KESATUAN SANG PUTERA DENGAN BAPA, YANG MAU MENDAMAIKAN DIRI DENGAN KITA dengan menebus dosa-dosa kita.

Untuk itu marilah kita mohon untuk dianugerahi IMAN MENDALAM.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Pengakuan Hak Komunitas-Komunitas Kristiani: Semoga komunitas-komunitas Kristiani, terutama mereka yang teraniaya, dapat merasakan kedekatan dengan Kristus dan mengalami bahwa hak-hak mereka sungguh dihormati oleh masyarakat sekitar. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden: Semoga dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilihan umum untuk anggota DPR dan Presiden, semua warga negara mengutamakan hati nuraninya, serta tetap berusaha menjaga kerukunan serta persaudaraan sesama anak bangsa agar tidak tergoda oleh bujukan politik uang. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami ikut mengusahakan agar penyelenggaraan pemilihan di kampung-kampung terlaksana dengan semangat persaudaraan yang tulus dan penuh kejujuran.Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s