Jangan Terlambat untuk Bertobat!

Renungan Harian Misioner
Jumat Prapaskah I, 15 Maret 2019
Peringatan S. Louisa de Marillac, S. Klemens Maria Hofbauer
Yeh. 18:21-28; Mat. 5:20-26

Banyak orang mengatakan umur hanyalah sebuah angka, bagaimana menurut anda? Hidup adalah sebuah peziarahan di dunia, yang terjadi bersamaan dengan pengalaman hidup itu sendiri. Setiap manusia pasti pernah mengalami kesedihan, kekecewaan, putus asa, ditinggalkan, merasa kesepian, tetapi pasti juga ada manusia yang mengalami kebahagiaan, sukacita, ketenangan, kedamaian, dan “kemerdekaan” batin. Apakah setiap angka umur pasti melewati itu semua?

Dunia terus berubah, sepuluh tahun yang lalu mungkin kita tidak pernah berpikir akan dapat mengirim sebuah foto hanya dengan sebuah sentuhan di layar kaca sebuah alat kecil yang bernama handphone. Dan dalam waktu sekian detik saja foto tersebut sudah dapat dilihat oleh si penerima, di mana pun ia berada. Tetapi hal ini, kemajuan tehnologi ini, juga dapat menjadi perubahan yang dapat mendatangkan kekacauan. Postingan foto kehidupan seseorang ternyata tidak selalu sesuai dengan kenyataan yang ada. Sebagian orang berusaha menutupi kehidupannya dengan senyuman dan kesenangan yang semu. Kemudian hal itu dapat memancing interaksi: saling memberi opini, saling menyalahkan, saling mencerca dan juga menuding. Anehnya hal-hal tersebut bahkan bisa dilakukan bersama orang yang tidak dikenal sekali pun. Dunia terus berubah, lalu bagaimana dengan sikap Iman kita? Bagimana dengan Allah terhadap kita?

Bacaan hari ini memuat janji dan teguran Allah yang sangat tajam:

“Tetapi jikalau orang fasik bertobat dari segala dosa yang dilakukannya dan berpegang pada segala ketetapan-Ku serta melakukan keadilan dan kebenaran, ia pasti hidup, ia tidak akan mati.” (Yeh. 18: 21)

“Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas.” (Matius. 5: 25-26)

Dengan ayat-ayat tersebut kita diyakinkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk orang yang ingin kembali kepada Allah, Allah yang penuh kasih, Allah yang tidak pernah berubah. Yang datang kepada-Nya akan menemukan hidup.

Jadikanlah angka umur hidup menjadi sebuah misi perutusan di tengah-tengah perubahan, misi menjalankan kehendak Allah, misi menjadi pembawa damai dalam perjalanan hidup kita masing-masing.

(Dena Sukiato – Katekis Paroki Blok Q Keuskupan Agung Jakarta)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Pengakuan Hak Komunitas-Komunitas Kristiani: Semoga komunitas-komunitas Kristiani, terutama mereka yang teraniaya, dapat merasakan kedekatan dengan Kristus dan mengalami bahwa hak-hak mereka sungguh dihormati oleh masyarakat sekitar. Kami mohon…

 Ujud Gereja Indonesia:

Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden: Semoga dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilihan umum untuk anggota DPR dan Presiden, semua warga negara mengutamakan hati nuraninya, serta tetap berusaha menjaga kerukunan serta persaudaraan sesama anak bangsa agar tidak tergoda oleh bujukan politik uang. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami ikut mengusahakan agar penyelenggaraan pemilihan di kampung-kampung terlaksana dengan semangat persaudaraan yang tulus dan penuh kejujuran.Kami mohon…

 Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s