Ajakan Doa dan Damai Paus Fransiskus untuk NZ

Angelus: Mohon doa dan perdamaian pasca serangan New Zealand
Paus Fransiskus pada Angelus hari Minggu mengimbau gerakan perdamaian dan doa yang dibarui untuk memerangi kebencian dan kekerasan setelah pembantaian di dua masjid di Selandia Baru.

Paus selama Angelus pada hari Minggu mengenangkan orang-orang Selandia Baru setelah serangan mengerikan yang terjadi di sana minggu ini.

Saat berbicara kepada para peziarah di Lapangan Santo Petrus, Paus mengatakan, “Pada hari-hari ini, selain rasa sakit akibat perang dan konflik yang tidak berhenti menimpa umat manusia, telah ada korban-korban dari serangan mengerikan terhadap dua masjid di Christchurch, Selandia Baru. Saya berdoa untuk orang yang meninggal dan terluka serta keluarga-keluarga mereka. Saya dekat pada saudara-saudara Muslim kita dan semua komunitas itu. Saya membarui ajakan untuk berdoa dan mengambil langkah perdamaian untuk memerangi kebencian dan kekerasan.”

Setelah menyampaikan sapaan dan ajakan perdamaiannya, Paus Fransiskus dan semua orang di lapangan melakukan saat hening bagi para korban.

Korban tewas pada hari Minggu telah meningkat menjadi 50 orang setelah serangan teroris terburuk dalam sejarah modern negara itu. Pihak berwenang meyakini pria yang dituduh melakukan serangan, Australian Brenton Tarrant, bertindak sendirian. Dia hadir di pengadilan pada hari Sabtu dengan keamanan ketat, sementara hakim membacakan satu tuduhan pembunuhan dan mengatakan lebih banyak tuduhan mungkin menyusul.

Pada hari Minggu itu, kerabat yang dilanda kesedihan dengan cemas menunggu pihak berwenang untuk merilis sisa korban dari mereka yang terbunuh. Tiga puluh empat korban yang terluka tetap berada di Rumah Sakit Christchurch, di mana para pegawai RS mengatakan 12 orang dalam kondisi kritis. Seorang gadis berusia 4 tahun di sebuah rumah sakit anak-anak di Auckland juga terdaftar sebagai pasien kritis.

17 Maret 2019
Oleh: Lydia O’Kane
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s