Kesadaran akan Kasih Allah sebagai Landasan Beragama

Renungan Harian Misioner
Kamis Prapaskah IV, 4 April 2019
Pf. St. Isodorus dr Sevilla, Uskup dan Pujangga Gereja
Kel. 32:7-14; Yoh. 5:31-47

Injil Yohanes hari ini mengisahkan bagaimana Yesus menyadarkan orang Yahudi dan para ahli Taurat mengenai motivasi beragama mereka. Jika kita melihat pada masa Yesus, orang Yahudi dan para ahli Taurat termasuk dalam golongan masyarakat yang taat melaksanakan perintah agama – yang tercantum dalam Taurat Musa. Mereka juga begitu fasih mengulas Kitab Suci dan mengajarkannya kepada para murid mereka. Teguran Yesus kepada kelompok ini memang sekilas tampak tidak pada tempatnya. Namun Yesus justru menyinggung hal yang paling mendasar dalam hubungan relasional antara Allah dan manusia.

Semangat beragama orang Yahudi dan para ahli Taurat pada masa itu dilandasi keyakinan bahwa dengan menjalankan hukum Taurat sedetail mungkin mereka akan memperoleh keselamatan. Motivasi semacam itu hanya menekankan pada pemenuhan diri sendiri dan merupakan egoisme yang terselubung. Akibatnya mata batin mereka tertutup dan tidak mampu melihat kebaikan di luar diri mereka. Kehadiran Yesus dan ajarannya bahkan segala mukjizat yang dibuat Yesus malah tampak sebagai ancaman atas posisi mereka.

Tetapi tentang kamu, memang Aku tahu bahwa di dalam hatimu kamu tidak mempunyai kasih akan Allah” (Yoh. 5 : 42). Yesus ingin menyadarkan bahwa praktik kehidupan beragama yang tidak dilandasi cinta kasih – sebagaimana berulang kali diperlihatkan oleh Yesus dalam perkataan dan tindakan-Nya – adalah sesuatu yang sia-sia. Lalu bagaimana dengan kita? Apakah segala cara hidup kita, pantang dan puasa kita, segala amal kita, didasarkan pada egoisme yang berselubung kesalehan? Ataukah semua itu muncul karena sukacita akan kasih Allah atas diri kita?

Masa prapaskah ini sebenarnya merupakan kesempatan bagi kita orang Kristiani untuk merenungkan kembali hidup beragama kita. Sudahkah kita merasakan dengan sungguh kasih Allah tersebut? Sudahkah kita menyadari bahwa Allah telah lebih dahulu dan senantiasa mengasihi kita manusia berdosa ini? Atau kita masih memiliki pola hidup seperti orang Yahudi dan ahli Taurat di jaman Yesus yang berusaha ‘membeli’ kasih Allah dengan segala kesalehan dan ritual beragama? Semoga berkat bimbingan Roh Kudus kita semakin peka akan kasih Allah dalam hidup kita sebagaimana telah terwujud dalam kehidupan Yesus Kristus.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Missionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Para Dokter dan rekan-rekannya di wilayah perang: Semoga para dokter dan rekan-rekannya yang bekerja di wilayah perang dan mengambil risiko bagi hidup mereka sendiri demi keselamatan orang lain dikuatkan dan dilindungi oleh Tuhan yang Maha Kasih. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Menangkal Radikalisme: Semoga Gereja membantu dan sungguh-sungguh terlibat secara nyata dalam bekerja sama dengan pemerintah dan kelompok masyarakat lain yang sedang berupaya menangkal segala bentuk kekerasan radikalisme dan fundamentalisme yang sedang mengancam keutuhan bangsa. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami merayakan Paskah dengan penuh hikmat dan kebijaksanaan di tengah masyarakat yang beraneka ragam, dalam bimbingan Bunda Maria, Ratu Damai dan Sukacita. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s