Saling Mencintai dan Tidak Saling Mengritik

Kunjungan Paus ke paroki Roma meninggalkan jejaknya
Paus Fransiskus bertemu dengan para pekerja, relawan, pengantin baru, dan umat paroki muda dan tua dalam Kunjungan Pastoralnya yang kesembilan belas ke sebuah paroki Roma.

Kunjungan Paus Fransiskus ke paroki San Giulio Papa, di lingkungan Monteverde, ditandai terutama oleh pertemuannya dengan berbagai kelompok umat paroki.

Membangun Kembali Gereja
Pemilihan San Giulio sebagian didorong oleh penyelesaian pekerjaan restorasi yang dimulai tiga tahun lalu setelah atap Gereja runtuh. Berbicara kepada mereka yang melakukan pekerjaan renovasi, Paus Fransiskus berkata, “Kita harus penuh perhatian, di komunitas paroki, sehingga kehidupan kebajikan, tindakan liturgi, kekudusan, tidak jatuh”. Paus menyuarakan penghargaannya untuk pekerjaan di sana, dengan mengatakan, “Terima kasih kepada perusahaan yang telah membangun kembali gereja; terima kasih juga kepada pekerjaan rohani imam yang bekerja untuk memastikan Gereja kudus.”

Menerima pertanyaan selama pertemuannya dengan anak-anak dan orang muda, Paus Fransiskus ditanya apakah dia pernah memberi makan orang miskin secara pribadi. “Ya, beberapa kali”, kata Paus, menambahkan bahwa memberi makan orang miskin secara pribadi adalah sesuatu “yang harus dilakukan semua orang Kristiani”.

Keraguan adalah bagian dari kehidupan
Seorang anak muda lainnya bertanya bagaimana orang dapat memercayai Tuhan, terlepas dari keraguan mereka, dan bertanya apakah Paus Fransiskus pernah ragu. Bapa Suci menjawab bahwa setiap orang memiliki keraguan di beberapa titik kehidupan: “Keraguan adalah bagian dari kehidupan”. Pada saat-saat keraguan, Paus berkata, “Kita harus bertaruh pada satu hal: pada kesetiaan Yesus. Yesus setia, Dia adalah satu-satunya yang benar-benar setia”. Paus Fransiskus juga mengatakan bahwa kita tidak perlu takut untuk merasa ragu, dan jujur dengan Tuhan, memberi tahu-Nya persis bagaimana perasaan kita. Paus mengatakan bahwa penting juga untuk berbagi perasaan kita dengan orang lain, mendiskusikannya, dan tumbuh dengan bantuan orang lain”.

Paus Fransiskus juga bertemu dengan anggota umat yang lebih tua dari komunitas paroki, berbicara dengan mereka tentang penderitaan yang mereka alami. Terlepas dari masalah usia dan penyakit, “begitu banyak masalah!”, Paus mengatakan bahwa Yesus selalu ada di sana. “Yesus tidak pernah mengecewakan, tidak pernah!” Yesus tahu apa artinya menderita. Paus Fransiskus berkata, “Semua keluhan yang bisa kita tujukan kepada Yesus, Dia mengubah keluhan ke dalam doa, dan menyajikannya kepada Bapa, karena Dia telah melewati semua hal ini sebelum kita”.

Tanda bahwa sebuah paroki baik-baik saja
Dalam pertemuannya dengan pengantin baru dan pasangan muda yang sedang mempersiapkan pernikahan, Paus Fransiskus mengenang tiga “kata kunci” yang penting untuk kehidupan pernikahan: “Bolehkah saya?”, “Terima kasih”, dan “Maaf”. “Mungkin Anda sudah mengenal kata-kata tersebut,” kata Paus, “tetapi mereka harus dipelajari dengan pikiran dan hati”. Paus juga menasihati pasangan muda untuk tidak takut bertengkar, namun jangan pernah mengakhiri hari tanpa berdamai.

Akhirnya, ketika berbicara dengan sukarelawan di penjangkauan paroki Caritas, Paus Fransiskus menawarkan tiga “tanda” bahwa suatu paroki baik-baik saja: doa; “fakta-fakta karya amal”, dicontohkan oleh karya amal mereka; dan “amal pasif”. “Apa itu amal pasif?” Paus bertanya secara retoris. “Bahwa kamu saling mencintai dan tidak saling mengritik”.

Setelah mendengar pengakuan dari beberapa umat paroki, Paus Fransiskus mengakhiri kunjungannya dengan merayakan Misa hari Minggu untuk paroki. Puncak liturginya pengudusan altar baru oleh Paus, penyelesaian dari pekerjaan panjang pembangunan kembali.

08 April 2019
Oleh: Christopher Wells
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s