Pembaruan Norma-Norma untuk Anglikan

Paus menyetujui norma-norma yang dibarui untuk mantan Anglikan/anggota gereja Episkopal
Kongregasi untuk Ajaran Iman menerbitkan norma-norma pelengkap baru untuk para mantan pendeta Anglikan dan umat beriman awam yang telah bergabung dengan Gereja Katolik.

Dirilis pada hari Selasa, Norma-norma Pelengkap yang dibarui untuk Konstitusi Apostolik Anglicanorum coetibus disetujui oleh Paus Fransiskus pada tanggal 8 Maret dan ditandatangani masing-masing oleh Kardinal Luis Ladaria dan Uskup Agung Giacomo Morandi, Prefek dan Sekretaris CDF, pada 19 Maret 2019.

Anglicanorum coetibus mengatur institusi-institusi dan Ordinariat Personal yang melayani umat awam yang awalnya berasal dari tradisi Anglikan, yang dikenal sebagai anggota gereja Episkopal di Amerika Serikat.

Norma Pelengkap yang dibarui mengintegrasikan pengalaman 10 tahun terakhir dan berupaya menjadikan aplikasi mereka lebih selaras dengan semangat Konstitusi Apostolik.

Saat ini, ada tiga Ordinariat dari mantan pendeta Anglikan dan umat awam yang setia: Ordinariat Personal Maria Bunda Walsingham di Inggris dan Wales; Ordinariat Personal Kursi Santo Petrus di Amerika Serikat; dan, Ordinariat Personal Maria Bunda Salib Selatan di Australia.
Norma baru memperkenalkan beberapa modifikasi yang diumumkan pada bulan November 2009.

Perayaan-perayaan Liturgi
Perubahan yang paling substansial berkaitan dengan penggunaan buku liturgi, yang dikenal sebagai Ibadat Ilahi, dalam perayaan liturgi. Seluruh artikel, nomor 15, ditambahkan untuk mengatur bentuk liturgi yang disetujui oleh Tahta Suci untuk digunakan dalam Ordinariat.

Ibadat Ilahi “mengungkapkan dan melestarikan ibadat Katolik bagi warisan liturgis Anglikan yang layak, yang dipahami sebagaimana yang telah memelihara iman Katolik sepanjang sejarah tradisi Anglikan dan mendorong aspirasi menuju kesatuan gerejawi.”

Pertama, penggunaan bentuk liturgi dibatasi untuk Para Ordinariat Personal.

Kedua, Norma-norma mengizinkan setiap imam yang masuk dalam suatu Ordinariat untuk merayakan Misa menurut Ibadat Ilahi ketika tidak berada di sebuah paroki milik Ordinariat, jika dilakukan secara pribadi. Perayaan Misa bersama jemaat dimungkinkan, jika imam gereja memberikan izin.

Ketiga, jika ada kebutuhan pastoral atau tidak ada imam Ordinariat, imam diosesan atau religius mana pun dapat merayakan Misa menurut Ibadat Ilahi bagi para anggota Ordinariat. Para imam non-ordinariat juga dapat melakukan konselebrasi Misa di bawah bentuk liturgi.

Ketentuan Pastoral
Dua perubahan dibuat untuk Pasal 4. Norma-norma yang dibarui memperpanjang Ordinariat untuk mengizinkan mantan pendeta Anglikan yang telah masuk di Keuskupan Katolik berdasarkan Ketentuan Pastoral untuk masuk menjadi Ordinariat Pribadi. Mereka juga mengatakan bahwa para imam yang bergabung dengan suatu Ordinariat harus mengasingkan diri dari Keuskupan mereka sebelumnya.

The Pastoral Provision was issued in 1980 to receive married former Anglican clergy into ordained Catholic ministry in the United States.

Ketentuan Pastoral dikeluarkan pada tahun 1980 untuk menerima mantan klerus Anglikan yang menikah ke dalam pelayanan Katolik yang ditahbiskan di Amerika Serikat.

Baptisan orang awam yang setia
Sebuah paragraf baru dimasukkan ke dalam Pasal 5. Dikatakan bahwa setiap orang Kristiani yang dibaptis secara sah yang diinjili oleh Ordinariat dapat bergabung dengannya dengan menerima Sakramen Penguatan dan Ekaristi. Seseorang yang belum dibaptis secara sah juga dapat bergabung melalui Sakramen Inisiasi.

Pembinaan klerus
Pasal 10 tentang pembinaan klerus, dan disesuaikan dengan situasi saat ini. Norma yang baru mengubah “calon penahbisan imam” menjadi “Seminaris-seminaris Ordinariat”, yang belajar di lembaga-lembaga dengan para seminaris ritus Latin.

Hal ini juga memungkinkan Ordinariat untuk mengatur program-programnya sendiri untuk pembinaan klerus yang berkelanjutan.

09 April 2019
Oleh: Devin Watkins
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s