Bakti Rendah Hati

Renungan Harian Misioner
Senin dalam Pekan Suci, 15 April 2019
Peringatan Beato Pedro Gonzales, Beato Damian de Veuster
Yes. 42:1-7;  Yoh. 12:1-11

Maria mengakui di hadapan banyak orang bahwa ia pendosa besar. Ia, juga rendah hati, mengakui dosa itu di hadapan banyak orang; apa pun pikiran dan penilaian mereka. Ia tidak segan-segan mengorbankan banyak untuk memberi silih atas dosa-dosanya. Ditanggungnya risiko bahwa ia dipandang hina oleh banyak orang.

Maria dengan tulus mau mengungkapkan tobatnya atas dosa-dosanya: dengan hal-hal yang berkaitan dengan caranya berdosa dahulu. Cara bertobat Maria disambut Tuhan Yesus dan karena itu di hadapan umum juga Tuhan menunjukkan menerima tobat Maria. Tuhan bahkan menubuatkan langkah Maria selanjutnya, sebagai komitmen atas tobat itu: dengan suatu tindakan (yang tak diketahui orang) yang membutuhkan keberanian yaitu mau membersihkan Tubuh Tuhan di makam-Nya, walau akan tahu bahwa makam itu dijaga prajurit resmi. Jadi Tindakan itu nanti penuh risiko pula. Apalagi di pagi buta: tindakan yang tidak ringan. Dengan demikian kita sekarang tahu bahwa tobat Maria memang sungguh-sungguh.

Pertanyaan kepada kita masing-masing adalah: apakah kita sudah menyesali dosa-dosa kita (yang tidak sedikit dan tidak kecil juga)? Apakah kita sudah bertobat? Apakah kita sudah memperlihatkan sesal dan tobat kita? Juga dengan segala risikonya? Apalagi kita sudah menjanjikan tobat itu pada Hari Rabu Abu waktu itu. Sekarang kita sudah melewati waktu begitu lama sejak janji itu kita ucapkan, apakah kita sering mengucapkan janji seperti itu di hadapan Tuhan? Dan apakah kita laksanakan senantiasa? Ataukah kita masih memiliki banyak hutang kepada Tuhan dalam berjanji untuk bertobat? Marilah kita mohon Hikmah Pertobatan yang bersungguh-sungguh. Sebab Tuhan juga menebus kita dengan bersengsara habis-habisan untuk kita. Berlututlah. Bertobatlah.

Kerendahan hati yang diperlihatkan Maria dengan sepenuhnya menyesali dosa dan tidak melakukan dosa lagi. Lebih lanjut, ia tidak hanya tidak berdosa, ia juga semakin siap duduk di kaki Tuhan: mendengarkan Pesan dan Sabda-Nya. Sebab dari kita sendiri sering tidak mampu mengetahui, harus melangkah ke mana. Kalau demikian, siapkah kita duduk di kaki Tuhan dan tidak menyibukkan diri dengan pelbagai hal yang bukan untuk Tuhan? Maukah kita menjadikan Tuhan satu-satu-Nya yang memenuhi hati kita? Mulailah dengan menyisihkan waktu untuk semua itu dan memusatkan hati dan budi serta aksi kita, hanya ke arah Tuhan Yesus Kristus. Seluruh indera batin kita hendaklah hanya teruntuk bagi Tuhan saja. Apakah kita telah siap untuk itu?

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Para Dokter dan rekan-rekannya di wilayah perang: Semoga para dokter dan rekan-rekannya yang bekerja di wilayah perang dan mengambil risiko bagi hidup mereka sendiri demi keselamatan orang lain dikuatkan dan dilindungi oleh Tuhan yang Maha Kasih. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Menangkal Radikalisme: Semoga Gereja membantu dan sungguh-sungguh terlibat secara nyata dalam bekerja sama dengan pemerintah dan kelompok masyarakat lain yang sedang berupaya menangkal segala bentuk kekerasan radikalisme dan fundamentalisme yang sedang mengancam keutuhan bangsa. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami merayakan Paskah dengan penuh hikmat dan kebijaksanaan di tengah masyarakat yang beraneka ragam, dalam bimbingan Bunda Maria, Ratu Damai dan Sukacita. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s