Pesan Paskah dan Berkat Urbi Et Orbi 2019

uebi et orbi 2019
Paus Fransiskus – Urbi Et Orbi 2019

Hari ini Gereja memperbaharui pemberitaan yang dilakukan oleh para murid pertama : “Yesus bangkit!”. Dan dari mulut ke mulut, dari hati ke hati, terdengar panggilan untuk memuji : “Alleluia, Alleluia!”. Pada pagi Paskah ini, kaum muda Gereja dan umat manusia yang abadi secara keseluruhan, saya ingin berbicara kepada kalian masing-masing dengan kata-kata pembuka Seruan Apostolik saya baru-baru ini yang dikhususkan untuk kaum muda :

“Kristus hidup! Dialah harapan kita, dan secara menakjubkan Ia membawa masa muda ke dunia kita. Semua yang dijamah-Nya menjadi muda, baru, penuh kehidupan. Maka, kata-kata pertama yang sesungguhnya yang ingin saya katakan kepada setiap kaum muda Kristiani adalah ini : Kristus hidup dan Ia ingin kamu hidup! Ia ada di dalam dirimu, Ia besertamu dan Ia tidak pernah meninggalkanmu. Seberapa jauh kamu bisa mengembara, Ia selalu ada di sana, Dia yang bangkit. Ia memanggilmu dan Ia menunggumu untuk kembali pada-Nya dan memulai lagi dari awal. Ketika kamu merasa sedang bertambah tua oleh karena kesedihan, dendam atau ketakutan, keraguan atau kegagalan, Ia akan selalu ada untuk memulihkan kekuatanmu dan harapanmu” (Christus Vivit, 1-2).

Saudara dan saudari yang terkasih, pesan ini juga ditujukan kepada setiap orang di dunia. Kebangkitan Kristus adalah sendi kehidupan baru bagi setiap manusia, karena pembaruan yang sesungguhnya selalu dimulai dari hati, dari hati nurani. Namun Paskah juga merupakan awal dari dunia baru, yang terbebas dari perbudakan dosa dan maut : dunia akhirnya terbuka terhadap Kerajaan Allah, sebuah kerajaan kasih, damai sejahtera dan persaudaraan.

Kristus hidup dan Ia tetap beserta kita. Bangkit, Ia menunjukkan terang wajah-Nya kepada kita, dan Ia tidak meninggalkan semua orang yang sedang mengalami kesulitan, penderitaan dan kesedihan. Semoga Ia, Dia yang hidup, menjadi harapan bagi rakyat Suriah yang terkasih, korban dari pertikaian yang terus-menerus yang terhadapnya kita memiliki resiko menjadi semakin pasrah dan bahkan acuh tak acuh. Sekarang malahan saatnya untuk memperbarui tanggung jawab guna penyelesaian politik yang mampu menanggapi harapan yang masuk akal dari rakyat Suriah untuk kebebasan, perdamaian, dan keadilan, menghadapi krisis kemanusiaan dan mendukung terjaminnya kepulangan orang-orang yang tanpa tempat tinggal, bersama dengan semua orang yang telah mengungsi di negara-negara tetangga, terutama Lebanon dan Yordania.

Paskah membuat mata kita tetap terpaku pada Timur Tengah, yang tercabik-cabik oleh perpecahan dan ketegangan yang berkelanjutan. Semoga umat Kristiani di wilayah tersebut bertekun dalam memberi kesaksian bagi Tuhan yang bangkit dan bagi kemenangan kehidupan atas maut. Saya memikirkan khususnya rakyat Yaman, terutama anak-anak, yang lunglai karena kelaparan dan perang. Semoga terang Paskah menyinari semua pemimpin pemerintahan dan rakyat di Timur Tengah, dimulai dengan Israel dan Palestina, serta mendorong mereka untuk meringankan penderitaan yang demikian luar biasa dan mengejar masa depan yang damai dan stabil.

Semoga pertikaian dan pertumpahan darah terhenti di Libya, di mana rakyat yang tidak berdaya sekali lagi sedang meregang nyawa dalam beberapa pekan terakhir dan banyak keluarga terpaksa meninggalkan tempat tinggal mereka. Saya mendesak pihak-pihak yang terlibat untuk memilih dialog ketimbang paksaan dan menghindari menganganya kembali luka-luka yang ditinggalkan oleh satu dekade pertikaian dan ketidakstabilan politik.

Semoga Kristus yang hidup memberikan damai-Nya bagi seluruh benua Afrika yang tercinta, yang masih penuh dengan ketegangan sosial, pertikaian, dan kadang-kadang berbagai bentuk ekstremisme yang penuh kekerasan yang menimbulkan ketidakamanan, kehancuran, dan kematian, terutama di Burkina Faso, Mali, Niger, Nigeria , dan Kamerun. Saya juga memikirkan Sudan, yang saat ini sedang mengalami saat ketidakpastian politik; saya mengharapkan semua suara sudi didengar, dan setiap orang sudi bekerja untuk memungkinkan negara tersebut menemukan kebebasan, pembangunan, dan kesejahteraan yang telah lama dicita-citakannya.

Semoga Tuhan yang bangkit menyertai berbagai upaya pemimpin sipil dan agama di Sudan Selatan, ditopang oleh buah-buah retret rohani yang diadakan beberapa hari lalu di sini di Vatikan. Semoga sebuah lembaran baru terbuka dalam sejarah negara tersebut, di mana seluruh komponen politik, sosial dan agama secara aktif bertanggung jawab untuk mengusahakan kebaikan bersama dan pendamaian bangsa.

Semoga Paskah ini memberikan penghiburan bagi rakyat di wilayah timur Ukraina, yang menderita karena pertikaian yang berkelanjutan. Semoga Tuhan mendorong berbagai prakarsa bantuan kemanusiaan dan yang bertujuan mengusahakan perdamaian abadi.

Semoga sukacita kebangkitan memenuhi hati orang-orang yang berada di benua Amerika yang sedang mengalami berbagai akibat situasi politik dan ekonomi yang sulit. Saya memikirkan khususnya rakyat Venezuela, semua orang yang tidak memiliki kondisi minimal untuk menjalani kehidupan yang bermartabat dan terjamin oleh karena krisis yang bertahan dan memburuk. Semoga Tuhan mengabulkan agar semua orang yang memiliki tanggung jawab politik dapat bekerja untuk mengakhiri ketidakadilan sosial, perlakuan kejam, dan tindakan kekerasan, serta mengambil langkah-langkah nyata yang diperlukan untuk menyembuhkan perpecahan dan menawarkan kepada penduduk bantuan yang mereka butuhkan.

Semoga Tuhan yang bangkit memancarkan terang-Nya atas upaya-upaya yang dilakukan di Nikaragua untuk menemukan secepat mungkin penyelesaian melalui perundingan damai demi kepentingan seluruh rakyat Nikaragua.

Menghadapi banyak penderitaan di zaman kita, semoga Tuhan sang empunya kehidupan tidak mendapati kita dingin dan acuh tak acuh. Semoga Ia menjadikan kita pembangun jembatan, bukan pembangun tembok. Semoga Ia yang memberi kita kedamaian mengakhiri deru senjata, baik di wilayah-wilayah pertikaian dan di kota-kota kita, serta mengilhami para pemimpin bangsa-bangsa untuk bekerja mengakhiri perlombaan senjata dan penyebaran persenjataan yang menyebabkan penderitaan, terutama di negara-negara yang secara ekonomi semakin maju. Semoga Kristus yang bangkit, yang membuka lebar pintu kubur, membuka hati kita terhadap kebutuhan orang-orang yang kurang beruntung, orang-orang yang rentan, orang-orang miskin, orang-orang yang tanpa pekerjaan, orang-orang yang terpinggirkan, dan semua orang yang mengetuk pintu kita untuk mencari roti, perlindungan, dan pengakuan martabat.

Saudara dan saudari terkasih, Kristus hidup! Dialah harapan dan masa muda bagi kita masing-masing dan bagi seluruh dunia. Semoga kita memperkenankan diri kita diperbarui oleh-Nya! Selamat Paskah!

Paus Fransiskus

 

 

sumber: katekesekatolik.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s