Damai Sejahtera Bagi Kamu!

Renungan Harian Misioner
Kamis Oktaf Paskah, 25 April 2019
Pesta S. Markus Pengarang Injil
Kis. 3:11-26; Luk. 24:35-48

Kisah-kisah Injil yang disajikan pada hari-hari sepanjang oktaf Paskah menceritakan Yesus yang menampakkan diri dan hadir di tengah-tengah para murid. Kehadiran Yesus tersebut menjadi tanda bahwa Tuhan Yesus yang menderita sengsara dan wafat di salib, sekarang sudah bangkit. Kematian tidak berkuasa atas-Nya. Kematian diretas-Nya. Dengan kebangkitan, mau ditunjukkan bahwa seluruh hidup Yesus, kata-kata dan tindakan-Nya, adalah benar.

Saat menampakkan diri dan hadir di hadapan para murid, Tuhan Yesus pertama-tama menyapa, “Damai sejahtera bagi kamu!”. Bagi kita, warta Kristus ini mengandung dua pesan. Pertama, kita diundang untuk membiarkan diri diresapi oleh warta Yesus yang menyejukkan ini, “Damai sejahtera bagimu!” Mari kita lihat dan cermati hidup kita sehari-hari. Hampir setiap hari, setiap saat, banyak hal masuk silih berganti meresapi dan memenuhi pikiran-hati-hidup kita. Ada yang menggembirakan, namun banyak juga yang menyesakkan, yang membuat penat dan melumpuhkan seperti dialami oleh dua murid yang berjalan menuju Emaus. Setelah Yesus hadir, menyapa dan berjalan bersama mereka, bergegaslah mereka kembali ke Yerusalem menceritakan pengalaman ini. Dua murid itu membiarkan diri diresapi oleh warta Kristus. Marilah kita sediakan quality time, luangkan waktu khusus dan istimewa untuk membiarkan diri diresapi warta Kristus “Damai sejahtera bagimu!” Sapaan Kristus ini menggairahkan hidup, menyalakan harapan dan menguatkan kasih.

Kedua, kita diundang untuk meneruskan warta Paskah itu “Damai sejahtera bagi kamu!” Tanda konkret penerusan warta Paskah ini adalah kesediaan untuk bertutur berkat daripada mengeluh apalagi mengumpat. Pada akhir bacaan Injil hari ini, Yesus yang bangkit mengutus para murid-Nya, “berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini!” Kamu…iyaaa kamuuu…saya dan Anda adalah saksi Paskah Tuhan! Kita diutus mewartakan kabar pertobatan dan pengampunan ini.

Inilah tindakan misioner kita hari ini: menyediakan diri dalam quality time untuk dikuasai oleh kata-kata Tuhan “Damai sejahtera bagimu!” Membiarkan sapaan yang menenteramkan itu hadir dan memenuhi seluruh ruang batin kita. Misi yang kedua hari ini adalah bertutur berkat pada siapa pun yang kita jumpai di sepanjang hari entah didaraskan dalam hati maupun diungkapkan dalam sapaan kata. Ingat! Kamu adalah saksi Tuhan!*** (NW)

(RD. M. Nur Widipranoto – Dirnas Karya Kepausan Indonesia)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Para Dokter dan rekan-rekannya di wilayah perang: Semoga para dokter dan rekan-rekannya yang bekerja di wilayah perang dan mengambil risiko bagi hidup mereka sendiri demi keselamatan orang lain dikuatkan dan dilindungi oleh Tuhan yang Maha Kasih. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Menangkal Radikalisme: Semoga Gereja membantu dan sungguh-sungguh terlibat secara nyata dalam bekerja sama dengan pemerintah dan kelompok masyarakat lain yang sedang berupaya menangkal segala bentuk kekerasan radikalisme dan fundamentalisme yang sedang mengancam keutuhan bangsa. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami merayakan Paskah dengan penuh hikmat dan kebijaksanaan di tengah masyarakat yang beraneka ragam, dalam bimbingan Bunda Maria, Ratu Damai dan Sukacita. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s