Merawat Bumi Rumah Bersama

Paus mendesak pembangunan berkelanjutan yang sejati, kepedulian kita bersama
Pada tanggal 27 April, Paus Fransiskus menerima audiensi sekitar 100 presiden dan perwakilan dari Persatuan Provinsi Italia (UPI) di Vatikan.

Paus Fransiskus pada hari Sabtu mendorong otoritas publik dalam komitmen mereka terhadap kebaikan bersama yang bekerja untuk pembangunan yang benar-benar berkelanjutan dan merawat rumah kita bersama, Bumi.

Jalan dan sekolah
“Anda sangat sadar akan pentingnya sekolah yang aman dan jalan untuk kehidupan sipil yang teratur dan sebagai latar belakang yang sangat diperlukan untuk setiap perkembangan yang tertib,” kata Paus kepada sekitar 100 perwakilan Persatuan Provinsi Italia (UPI) pada hari Sabtu.

Paus mencatat bahwa persatuan yang menyatukan semua provinsi Italia berkomitmen untuk kebaikan bersama, sebagian besar melalui pengamanan tanah, terutama di daerah rawan risiko, mempertahankan jaringan jalan yang menghubungkan kota-kota kecil dengan kota-kota besar, mengelola sekolah menengah beserta keamanan dan operasionalnya.

Dengan menginvestasikan uang dan sumber daya manusia secara bijak untuk mencegah gangguan, disfungsi, dan degradasi, kata Paus, dapat mengarah pada penghematan besar dan keuntungan ekonomi.

Tugas-tugas ini yang dilakukan melalui berbagai sektor harus memastikan bahwa kondisi lingkungan, seperti jalan dan sekolah, tidak memburuk karena kelalaian atau, kurangnya pemeliharaan atau tindakan yang diperlukan.

Ilmu pengetahuan dan teknologi, tidak cukup
Paus mencatat bahwa kemajuan pesat dalam teknologi dan ilmu pengetahuan, bersama dengan inisiatif bebas individu, dapat membantu memenuhi berbagai kebutuhan individu dan masyarakat, yang mengarah ke masyarakat yang harmonis di mana tidak ada marginalisasi, kemiskinan dan pengecualian.

Sebaliknya, Paus menunjukkan, di samping manfaat dan perkembangan positif, mungkin ada juga ketidakseimbangan dan marginalisasi, yang kadang-kadang bahkan meningkat, dan yang perlu ditangani dengan komitmen yang cerdas dan solidaritas semua.

Ini membutuhkan tindakan dari kelompok dan asosiasi masyarakat sipil serta tindakan sadar dan konstan dari otoritas publik di berbagai tingkatan.

Lingkungan dan rumah kita bersama
Paus menggarisbawahi perlunya promosi dan penyebaran kesadaran yang lebih mendesak dan sadar terhadap lingkungan. “Pentingnya merawat rumah bersama dalam semua aspeknya,” kata Paus, “perlu semakin dirasakan oleh individu dan perwakilan mereka di institusi.”

Sambil berterima kasih kepada provinsi-provinsi atas sumbangan mereka untuk amal, Paus Fransiskus mendorong mereka dalam tugas pembangunan yang benar-benar berkelanjutan.

27 April 2019
Oleh: Robin Gomes
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s