Perhatian bagi Migran Libya

Paus memohon perjalanan yang aman bagi para pengungsi dari pusat penahanan Libya
Selama doa Ratu Surga di Lapangan Santo Petrus, Paus Fransiskus menyatakan keprihatinannya atas kesulitan para migran dan pengungsi yang ditahan di pusat-pusat penahanan di Libya.

Paus Fransiskus memohon doa bagi para pengungsi yang rentan yang terperangkap di pusat-pusat penahanan di Libya, tempat konflik berkecamuk.

Berbicara kepada umat yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk doa Ratu Surga, Paus mengatakan situasi para pengungsi, “yang sudah sangat serius, bahkan menjadi lebih berbahaya karena konflik yang sedang berlangsung”.

Paus mengimbau evakuasi, terutama wanita, anak-anak dan orang sakit, sesegera mungkin, melalui keselamatan koridor-koridor kemanusiaan.

Konflik di Libya
Ketika pasukan yang setia kepada pemerintah Libya yang diakui secara internasional bersiap untuk melancarkan serangan balasan terhadap pasukan komandan pemberontak Khalifa Haftar, sejumlah pengungsi dan migran dilaporkan diambil dari pusat-pusat penahanan, dan dipaksa untuk membantu para militan yang bersekutu dengan pemerintah Tripoli yang didukung PBB.

Menteri Dalam Negeri mengatakan kepada wartawan pada hari Sabtu bahwa dalam waktu tiga hari atau lebih akan ada serangan skala penuh untuk mengusir pasukan pemberontak dari seluruh wilayah barat.

Pengumuman itu muncul ketika PBB menyatakan keprihatinan atas laporan penembakan tanpa pandang bulu di daerah-daerah berpenduduk. Diperkirakan lebih dari 220 orang telah terbunuh.

Organisasi Internasional untuk Migrasi mengatakan 39.000 orang terlantar akibat pertempuran di sepanjang distrik selatan ibukota.

Pasukan Tentara Nasional Libya, yang setia kepada Khalifa Haftar, dan yang bersekutu dengan pemerintah paralel di timur, memulai sebuah serangan tiga minggu lalu untuk mengambil alih ibukota yang dipegang oleh pemerintah yang diakui secara internasional.

Paus Fransiskus menyerukan agar diakhirinya pertumpahan darah di Libya, selama pidatonya di Urbi et Orbi pada Hari Paskah.

28 April 2019
Oleh: Linda Bordoni
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s