Makanan untuk Hidup Kekal

Renungan Harian Misioner
Senin Paskah III, 6 Mei 2019
Peringatan S. Dominikus Savio
Kis. 6:8-15; Mzm. 119:23-24,26-27,29- 30; Yoh. 6:22-29

Misionaris:  Bekerja untuk Makanan yang Bertahan Sampai kepada Hidup yang Kekal

Renungan Harian dari Yung-Fo

Setelah Paskah
Setelah Paskah ada dua kuasa atau kekuatan yang bekerja, memperebutkan hati manusia. Sayangnya kedua kekuatan atau kuasa ini bertentangan satu terhadap yang lainnya. Kuasa yang pertama adalah kuasa yang menerima, mengakui dan mewartakan kebangkitan Tuhan kita Yesus Kristus. Sementara kuasa yang lainnya adalah kuasa yang menolak kebangkitan Tuhan kita Yesus Kristus.

Kuasa yang pro kebangkitan Tuhan kita Yesus Kristus bekerja dalam diri para rasul dan semua orang yang telah menerima Yesus sebagai Mesias, sebagai Tuhan dan Juruselamat yang diutus oleh Allah demi keselamatan umat manusia. Kuasa yang menolak kebangkitan bekerja dalam diri tua-tua bangsa Yahudi, para imam kepala, para ahli Taurat dan kaum Farisi yang merupakan anggota Mahkamah Agama Yahudi.

Temuan kita setelah kebangkitan Yesus Kristus ini menjadi catatan amat penting dalam tugas-perutusan, yakni bahwa pada titik ini, lembaga keagamaan berikut semua pihak yang terhubung dengannya tampil sebagai lembaga dan orang-orang yang menolak kebangkitan Yesus Kristu dan dengan itu mereka memposisikan diri sebagai “musuh” kebangkitan. Sementara kebangkitan Yesus Kristus dari alam maut sebagai pemenang atas maut itulah pokok utama tugas-perutusan. Dalam situasi dan kondisi seperti ini, kepada siapa atau pemegang kuasa mana kita merujuk tugas-perutusan misionaris?

1. Tantangan karya atau tugas-perutusan
Oleh karena memposisikan dirinya sebagai pemegang kuasa yang menolak kebangkitan Kristus, maka Mahkamah Agama Yahudi betikut semua orang yang tergabung di dalamnya : para tua-tua bangsa Yahudi, para imam kepala, para ahli Taurat dan orang-orang Farisi menghadirkan diri mereka sebagai “tantangan” bagi para murid yang menerima panggilan untuk mewartakan kebangkitan Kristus berikut kuasa penyelamatan yang bekerja dalam Nama Yesus Kristus ini. Pada poin tertentu, mari kita catat bahwa lembaga keagamaan dan semua orang di dalamnya ternyata tidak sejalan arah hidup dan pelayanan mereka dengan rancangan keselamatan Allah, yang telah membangkitkan Putera-Nya Yesus Kristus ini. Pertanyaan refleksi untuk kita: apakah lembaga-lembaga keagamaan kita saat ini sudah on the track dalam melayani Tuhan Yesus yang bangkit?

2. Para misionaris tidak menyerah kepada kuasa manusiawi!
Sebagai pewarta kebangkita Kristus, para rasul dan semua orang yang telah menerima Yesus sebagai Mesias, tidak berkompromi ataupun tunduk kepada kuasa manusiawi manapun. Petrus dengan tegas menyatakan hal ini di hadapan Mahkamah Agama, yakni bahwa mereka memilih untuk taat kepada Allah dari pada mengikuti kehendak manusia. Maka, sekalipun harus menderita penganiayaan dan penjara, warta tentang kebangkitan sebagai pokok pewartaan iman itu terus-menerus mereka sampaikan kepada umat manusia. Sebagaimana halnya para rasul, demikianlah juga para misionaris yang melanjutkan pewartaan tentang kebangkitan Yesus Kristus itu di zaman sekarang ini.

3. Makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal.
Sebagai pewarta kebangkitan Tuhan kita Yesus Kristus, para rasul dan para misionaris bertugas tidak dengan mengandalkan kekuatan mereka sendiri. Kekuatan dan kuasa Tuhan Yesus yang bangkit itulah yang mereka andalkan, dan apa yang disediakan Tuhan Yesus yang telah menang atas maut itulah yang mereka buka kepada umat manusia.

Demikian, kita menyaksikan bahwa Santo Stefanus. Sebagai diakon, yang dipilih untuk melayani meja, Stefanus ternyata juga dipakai Tuhan Yesus untuk memberitakan Firman-Nya. Dan Yesus melengkapi Santo Stefanus ini dengan karunia dan kuasa, sehingga Stefanus mampu membuat mukjizat untuk meneguhkan pewartaannya tentang kebangkitan Tuhan kita Yesus Kristus. Aura kehidupan kekal sudah nyata pada wajahnya, ketika Stefanus dengan berani berbicara tentang kebangkitan Kristus. Wajahnya nampak seperti wajah seorang malaikat, karena dia memberitakan perkara-perkara sorgawi.

Kepada orang-orang yang mencari Dia, Yesus menitipkan pesan ini, “Bekerjalah bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu, sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya,” (Yohanes 6 : 27).

Demikianlah, misionaris adalah orang-orang seperti Santo Stefanus dan banyak murid serta rasul-rasul. Mereka dipilih dan diutus Tuhan untuk menyajikan makanan yang dapat bertahan sampai kepada hidup yang kekal. Bersediakah saudara menjadi misionaris Tuhan yang bangkit itu? Semoga! (rmg).

(RD. Marcel Gabriel – Imam Keuskupan Pangkalpinang)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Gereja di Afrika, sebagai benih persatuan: Semoga Gereja di Afrika, melalui keterlibatan anggota-anggotanya, dapat menjadi benih persatuan bagi penduduknya dan menjadi tanda pengharapan bagi benuanya. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pendidikan Nilai: Semoga tenaga pendidikan dalam Lembaga-Lembaga Pendidikan Katolik tidak sekedar sibuk mentransfer ilmu, tetapi sungguh-sungguh berupaya untuk menanamkan keutamaan nilai-nilai Kristiani kepada anak didiknya. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami berkat rahmat Pentakosta dan dibimbing Bunda Maria, dapat saling mendidik sehingga memperoleh kebijaksanaan mendalam untuk membangun nasionalisme yang sehat dan bangsa bermartabat. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s