Memupuk Relasi Kasih Melalui Doa

Renungan Harian Misioner
Selasa Paskah VII, 4 Juni 2019
Peringatan S. Kuirinus, S. Fransiskus Caracciolo
Kis. 20:17-27; Mzm. 68:10-11,20-21; Yoh. 17:1-11a

Penginjil Yohanes dalam Injil hari ini dan beberapa hari kedepan mengajak kita untuk merefleksikan doa Yesus kepada Bapa-Nya yang ditujukan kepada para rasul. Doa Yesus untuk para murid-Nya tersebut disampaikan pada saat-saat terakhir Yesus berkumpul bersama murid-murid-Nya. Sebelumnya Yesus mengingatkan para rasul mengenai hal-hal yang akan mereka hadapi karena mengikuti-Nya, yakni: mereka akan menghadapi kesengsaraan, mereka akan diabaikan, mengalami keraguan dan menghadapi penganiayaan. Jika dalam kehidupan beragama kita mengalami hal-hal semacam itu, justru untuk itulah kita perlu merefleksikan kembali doa Yesus dalam Injil hari ini.

Merupakan hal yang umum pada masa itu seseorang meninggalkan pesan atau wejangan bagi orang-orang yang dikasihi. Orang tua kepada anak-anak mereka, dan guru kepada para muridnya. Dengan mengingat kata-kata terakhir dari orang tua atau guru – terlebih yang diberikan menjelang akhir hidup mereka, seseorang berusaha memberikan penghormatan dan menghadirkan kembali tokoh tersebut. Hal ini merupakan ungkapan relasi yang sangat erat diantara keduanya. Yesus ingin menunjukkan bahwa kendati sudah dekat saatnya Ia akan ‘meinggalkan’ dunia ini Ia tetap mengusahakan agar para murid – kita semua yang percaya pada-Nya – tidak berjalan sendirian. “Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu.”

Bila kita pernah mendoakan orang-orang yang kita kasihi, sebagai orang tua mendoakan anak-anak, sebagai anak mendoakan orang tua, mendoakan saudara, sahabat, dan pribadi-pribadi yang begitu berarti dalam hidup kita, kita akan memahami dengan lebih jelas, betapa Yesus mengasihi kita semua. Kasih yang tumbuh melalui relasi yang tak terputus bahkan oleh maut. Kasih yang muncul karena pengenalan yang mendalam. Kasih yang tulus dan tanpa syarat. Semoga seperti Yesus yang mendoakan kita di dunia ini, kita pun tidak lupa mengingat pribadi-pribadi yang kita cintai. Kita tetap mampu menjangkau mereka, walaupun terhalang jarak dan kesibukan melalui doa-doa kita. Semoga dengan meneladani doa Yesus, melalui doa-doa kita pun Roh Kudus bekerja dan menyentuh hidup banyak orang di sekitar kita.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Misionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Teladan Hidup Para Imam: Semoga para imam, karena kesaksian hidup mereka yang sederhana dan rendah hati, dapat melibatkan diri secara aktif dalam aksi solidaritas terhadap mereka yang paling menderita dan miskin. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Kegalauan orang Muda: Semoga Gereja semakin bersedia menyediakan sarana dan kegiatan, tempat kaum muda dapat menyibukkan diri dalam kerja dan karya yang bermanfaat bagi masyarakat untuk mengelola kegalauan yang mengancam mereka. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami mendampingi gairah orang muda secara penuh hikmat sehingga mampu memilah dan memilih studi, pekerjaan, maupun kegiatan yang bermakna bagi diri sendiri, keluarga, Gereja dan masyarakat. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s