Jadilah Saksi Cinta

Paus kepada CHARIS: Jadilah saksi cinta
Paus Fransiskus pada hari Sabtu menyambut para pemimpin Pelayanan Pembaruan Karismatik Katolik (CHARIS) di aula Paulus VI yang merupakan bagian dalam Konferensi Internasional di Vatikan.

Pada kesempatan pelayanan terpadu baru untuk Pembaruan Karismatik Katolik, Paus Fransiskus bertemu dengan para anggotanya di Vatikan pada hari Sabtu. Paus mengatakan kepada mereka bahwa, “Pentakosta ini memulai tahap baru dalam perjalanan yang diresmikan oleh Pembaruan Karismatik lima puluh dua tahun yang lalu.

Pelayanan baru ini disebut CHARIS dan Paus berterima kasih kepada Dikasteri untuk Umat Awam, Keluarga karena telah membantu mewujudkannya.

Pelayanan persekutuan
Dalam pembicaraannya, Paus menyinggung fakta bahwa mereka memulai “pelayanan persekutuan yang baru dan unik.”

Paus mengatakan bahwa kadang-kadang apa yang baru dapat mengganggu kestabilan namun, “hal-hal baru dari Tuhan selalu menjadi berkat karena mengalir dari hati pengasih-Nya.” Paus mengundang semua yang berkumpul untuk merangkul yang baru, dengan menekankan bahwa pencobaan “untuk membiarkan segala sesuatu sebagaimana adanya” bukanlah cara berpikir yang datang dari Roh Kudus.

Paus menjelaskan bahwa pengertian “pelayanan” berarti selalu memberi dan merawat “untuk berbagai kebutuhan dan untuk membantu perjalanan dengan cara sebaik mungkin.”

Paus Fransiskus menggarisbawahi bahwa apa yang dia dan Gereja harapkan dari pelayanan baru ini, CHARIS dan dari seluruh Pembaruan Karismatik adalah, untuk berbagi baptisan dalam Roh Kudus dengan semua orang di Gereja; untuk melayani kesatuan tubuh Kristus yang adalah Gereja.

Paus juga mengatakan, mereka dipanggil untuk melayani orang miskin dan mereka yang sangat membutuhkan, baik jasmani atau rohani.

Jadilah saksi cinta
Paus menambahkan, bahwa ketiga hal ini adalah “bentuk kesaksian yang, berdasarkan baptisan, kita semua dipanggil untuk memberikan penginjilan dunia.”

Ini adalah evangelisasi, Paus Fransiskus menekankan, “itu bukan proselitisme, tetapi saksi pertama dan terpenting: saksi cinta.”

Doa untuk Perdamaian
Setelah ceramahnya kepada orang-orang yang berkumpul, Paus mengundang mereka untuk berdiri dan hening dalam doa bagi perdamaian. Itu dulu juga dilakukan pada ulang tahun kelima pertemuan antara Presiden Israel dan Palestina, bersama dengan Paus Fransiskus, mereka berdoa di Taman Vatikan untuk perdamaian.

08 Juni 2019
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s