Bantu Orang Muda Menjadi Protagonis

Bapa Paus memberi tahu para anggota Ordo Tritunggal Mahakudus: Bantu orang muda menemukan harmoni dalam aspirasi mereka
Paus Fransiskus menerima para anggota Ordo Tritunggal Mahakudus untuk penebusan para Tawanan dalam audiensi di akhir Sidang Umum mereka di Roma.

Pada hari Sabtu, Bapa Paus menekankan pentingnya memberi ruang bagi kaum muda, menjadikan mereka protagonis dan memotivasi, selama audiensi dengan para anggota Ordo Tritunggal Mahakudus untuk penebusan para Tawanan yang berada di Roma untuk Sidang Umum mereka.

Tahun ini, Sidang Umum mereka membahas tentang Pemuda dan panggilan pelayanan, sebuah topik yang digambarkan Bapa Paus “vital bagi Gereja”, ketika Paus mengingatkan para peserta bahwa itu merupakan salah satu tema utama dalam Sinode Para Uskup tentang Kaum Muda Oktober lalu, Keyakinan dan Ketajaman Panggilan.

“Anda sendiri telah mengakui dalam Instrumentum Laboris dari Rapat, bahwa Anda menemukan beberapa kesulitan” dalam penggunaan bahasa dan dalam menemukan metode untuk berkomunikasi dengan kaum muda, kata Paus Fransiskus. “Anda benar-benar merasakan kebutuhan akan pembentukan spesifik untuk pendampingan dan ketajaman pastoral”.

Arti hidup
Bapa Paus melanjutkan dengan mengatakan bahwa “masih ada orang muda saat ini yang mencari makna hidup. Orang-orang muda yang mampu mendedikasikan diri mereka tanpa syarat untuk tujuan-tujuan besar. Orang-orang muda yang bergairah tentang Yesus dan yang menunjukkan belas kasih yang besar untuk kemanusiaan.

Bapa Paus menjelaskan bahwa meskipun tidak semua dari mereka mendiskusikan pencarian ini untuk makna hidup, kita harus memikirkan apa artinya ketika mereka dengan cemas mencari kebahagiaan, cinta, kesuksesan dan pencapaian pribadi. Pencarian ini, adalah bagian dari dunia aspirasi. Aspirasi-aspirasi ini perlu disusun secara teratur, seperti yang dilakukan Sang Pencipta di awal zaman, ketika Ia berpindah dari kekacauan menjadi keteraturan.

Anda bisa dan harus
“Di sinilah di mana Anda bisa dan harus masuk”, lanjut Bapa Paus. Untuk membantu kaum muda menemukan harmoni dalam aspirasi mereka, selalu memberi mereka ruang, menjadikan mereka protagonis dan memotivasi mereka.

Paus Fransiskus kemudian melanjutkan berbicara tentang pentingnya menjadi dekat dengan kaum muda. “Anak muda ingin kita dekat dengan mereka”. Pelayanan kaum muda membutuhkan pendampingan, dan ini menuntut kedekatan dan “hadir dalam kehidupan orang-orang muda sama seperti Yesus bagi para murid-Nya di Emaus”.

Tidak penting jauh atau dekat
Kedekatan adalah satu-satunya hal yang dapat menjamin hubungan Injili yang berbuah dengan orang-orang muda. Paus meneruskan dengan mengatakan bahwa kedekatan juga berarti pergi kepada orang-orang muda yang jauh, itu berarti tidak membatasi diri Anda untuk menyambut mereka yang datang kepada Anda tetapi juga menjangkau mereka yang telah menjauhkan diri. Menerima dan menyambut mereka apa adanya.

Bapa Paus mengingatkan para peserta bahwa mereka harus bersabar dan mereka harus gigih. Selalu termotivasi oleh keinginan untuk membawa kaum muda kepada Tuhan.

15 Juni 2019
Oleh: Francesca Merlo
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s