Allah Memanggil dan Mengutus Kita Secara Personal

Renungan Harian Misioner
Rabu Pekan Biasa XIV, 10 Juli 2019
Peringatan S. Felisitas, S. Rufina dan Secunda, S. Veronika Yuliani
Kej. 41:55-57; 42:5-7a,17-24a; Mzm. 33:2-3,10-11,18- 19; Mat. 10:1-7

Penginjil Matius hari ini mengisahkan bagaimana Yesus memanggil kedua belas rasul-Nya. Para Rasul diberi kuasa oleh Yesus untuk mengusir roh-roh jahat, melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Matius juga menuliskan nama kedua belas rasul Yesus itu. Dalam Kitab Suci, penyebutan nama memiliki arti penting. Nama setiap rasul Yesus menunjukkan pribadi mereka masing-masing. Beberapa kali kita membaca pula Yesus memanggil rasul-rasul-Nya dengan nama mereka masing-masing. Dari nama itu, kita bisa mengetahui bagaimana pribadi rasul tersebut dan bagaimana mereka menanggapi panggilan Yesus. Yesus juga telah memanggil kita dengan nama kita masing-masing. Ia memanggil kita dengan mengenal betul bahwa masing-masing dari kita merupakan pribadi yang khas dengan segala latar belakang, kelebihan dan juga kelemahan.

Ketika kita dibaptis dan juga menerima Sakramen Penguatan (Krisma), kita juga memilih dan menerima ‘nama’ baru. Nama kedua belas rasul dan juga nama banyak orang kudus dan nama malaikat kita pilih dengan harapan bahwa hidup kita dijiwai dengan semangat kekudusan pribadi-pribadi tersebut. Ketika Yesus memanggil para rasul dengan nama mereka, Ia tidak menutup mata terhadap kisah hidup mereka sebelumnya. Rasul-rasul itu adalah nelayan, pemungut cukai, orang-orang sederhana, penuh dengan kelemahan dan keterbatasan. Namun mereka semua meng-iya-kan panggilan Yesus, “Mari ikutlah Aku.” Dan itulah yang mengubah jalan hidup mereka. Yesus mau menunjukkan bahwa panggilan-Nya akan pewartaan Cinta Kasih Bapa-Nya di surga melampaui segala keterbatasan dan kelemahan manusiawi. Tuhan mengenal diri kita masing-masing dan seluruh kisah hidup kita. Bahkan ketika kita sendiri merasa tidak pantas seperti Petrus yang berkata, “Pergilah dari padaku Tuhan, sebab aku orang berdosa.” Akan tetapi bukan hal itu yang penting. Justru tanggapan kita-lah yang dinantikan Yesus.

Di akhir bacaan Injil hari ini Yesus mengutus para rasul untuk mewartakan Kerajaan Allah sudah dekat. Kita pun mendapat perutusan yang sama sebagai orang Kristiani. Masing-masing dengan kemampuan kita. Mari kita sejenak merenungkan makna dari nama kita masing-masing dan melihat kepada harapan-harapan dan kebaikan yang terkandung di dalam nama tersebut. Kontemplasikan Yesus yang memanggil para rasul dengan nama mereka, juga menyerukan nama kita masing-masing. Tanggapan kita akan panggilan Yesus itulah yang menjadi landasan Gereja sebagai komunitas umat beriman dan perutusan kita menghadirkan Cinta Kasih di tengah keluarga dan masyarakat. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Misionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Integritas untuk Keadilan: Semoga para pengampu keadilan mampu bekerja dengan integritas dan mengupayakan agar dunia ini tidak ditentukan dan dikuasai oleh ketidakadilan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Perlindungan Hutan: Semoga manusia semakin sadar untuk menjaga hutan sebagai paru-paru bumi dan tidak memanfaatkannya serta merusaknya demi keuntungan ekonomi semata-mata. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami menyemangati para anggota komunitas basis untuk berbagi waktu secara bermutu dan penuh kegembiraan dalam masa libur maupun masa bekerja atau sekolah. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s