Maria Magdalena Ikut Tuhan Seutuhnya

Renungan Harian Misioner
Senin Pekan Biasa XVI, 22 Juli 2019
Pesta S. Maria Magdalena
Kid. 3:1-4a atau 2Kor. 5:14-17; Mzm. 63:2,3-4,5-6,8-9; Yoh. 20:1,11-18

Hampir semua murid Kristus, mengenal hidup Maria Magdalena, baik masa buruknya, maupun masa tobat dan masa baiknya. Sesungguhnya, kalau kita jujur, lembah maupun pebukitan ziarah iman, bergelimang dosa dan diberkati keutamaan, adalah hidup manusiawi yang biasa. (Bdk. Kid. 3:1-4a) Yang istimewa dalam diri Maria Magdalena adalah bahwa ia langsung bertobat dan menyambut, ketika Tuhan mengulurkan tangan untuk bertobat dan bergabung dengan rekan-rekan Paguyuban Murid Kristus. Begitu bertobat, segalanya dikorbankan Maria Magdalena bagi Allah: termasuk hal-hal indah dan harum yang dahulu menjadi ‘sarana kedosaan’-nya. Salah satu konsistensi Maria Magdalena adalah kesediaannya untuk ada di samping Bunda Maria, ketika Sang Putera disalibkan. Ia menjadi sahabat Yesus, dalam pertobatan, dalam perjalanan, dalam karya dan dalam sengsara-Nya. Lemah, egois, haus perhatian dan cinta, adalah sifat manusiawi: di sanalah Tuhan Yesus mau menyentuh diri kita secara mesra, untuk membawa pertobatan, iman dan kesetiaan.

Bagi kita tersedia panggilan serupa, dengan pelbagai talenta dan kenikmatan, yang dikaruniakan Allah kepada kita: pertanyaannya serupa “Maukah kamu ikut Aku? Pergilah, juallah segalanya. Bergabunglah dengan Aku…” Zaman memang berubah-ubah, tetapi tantangan tetap sama: yaitu “ikut Tuhan seutuhnya, ataukah bertopeng pengikut Kristus, namun dalam hati sebenarnya bergandengan tangan dengan musuh umat manusia, yaitu setan”. Kita dijamah Allah: untuk bertatapan hati dengan sepenuh diri.

Maria Magdalena masa kini tersedia banyak sekali, di sekitar kita: yaitu murid-murid Tuhan, yang kadang-kadang dipandang rendah oleh dunia, padahal sebenarnya sudah bertobat dan justru mempersembahkan seluruh lahir-batinnya kepada Sang Sahabat, yakni Yesus Kristus. (Bdk. Yoh. 20:1.11-18) Marilah memohon Roh cinta kasih, untuk menyambut kasih sayang Yesus, Sang Sahabat, untuk berbimbingan tangan, menyusuri lembah keduniawian, namun dengan mata dan hati Sang Kristus, menggapai Pertobatan Abadi. “Tuhan, jalinkanlah hati kami dengan Hati-Mu yang penuh belas kasih”. Hanya dalam Yesus ada pertobatan sejati dan iman yang mendalam.

Refleksi: Pernahkah kita hidup dalam dosa berkepanjangan? Bagaimana pertobatan kita? Bagaimanakah relasi kita sekarang dengan Tuhan Yesus?

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Integritas untuk Keadilan: Semoga para pengampu keadilan mampu bekerja dengan integritas dan mengupayakan agar dunia ini tidak ditentukan dan dikuasai oleh ketidakadilan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Perlindungan Hutan: Semoga manusia semakin sadar untuk menjaga hutan sebagai paru-paru bumi dan tidak memanfaatkannya serta merusaknya demi keuntungan ekonomi semata-mata. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami menyemangati para anggota komunitas basis untuk berbagi waktu secara bermutu dan penuh kegembiraan dalam masa libur maupun masa bekerja atau sekolah. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s