Mengejar Impian Hingga ke Bulan

Pesan Paus: Peringatan 50 tahun pendaratan di bulan ‘inspirasi untuk kebaikan bersama’
Paus Fransiskus mengenangkan pertama kali seseorang menginjakkan kaki di bulan, dengan mengungkapkan harapan bahwa pencapaian tujuan ini dapat menginspirasi ke arah karya yang lebih besar lagi.

“Lima puluh tahun yang lalu, kemarin, manusia menginjakkan kaki di bulan, mencapai mimpi yang luar biasa.”

Berbicara kepada orang banyak yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk doa Angelus, Paus menyatakan harapannya bahwa ingatan akan “langkah besar bagi umat manusia” itu dapat memicu keinginan untuk mencapai “tujuan yang lebih besar”.

Tujuan-tujuan itu adalah “lebih banyak martabat bagi yang lemah, lebih banyak keadilan di antara orang-orang, dan lebih banyak masa depan untuk rumah kita bersama.”

Paus St. Paulus VI, yang menyatakan minat besar dalam perjalanan ruang angkasa dan menghabiskan banyak waktu di Observatorium Vatikan, merupakan Paus pada tanggal 20 Juli 1969. Pada malam itu, bersama dengan jutaan orang di seluruh dunia ia menyaksikan Neil Armstrong menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan.

Lima puluh tahun kemudian, Paus Fransiskus telah mendedikasikan sebagian besar kepausannya untuk memperjuangkan hak-hak mereka yang paling rentan dalam masyarakat saat ini serta untuk perawatan rumah kita bersama.

Paus telah mengungkapkan, pada banyak kesempatan, melalui kata-kata dan tindakan, keinginannya untuk membantu mereka yang membutuhkan: migran, orang miskin, orang sakit, orang tua dan planet kita – rumah kita bersama.

Untuk memperingati 50 tahun bersejarah pendaratan di bulan, Paus Fransiskus berbagi harapannya akan masa depan dan bahwa orang-orang di seluruh dunia mungkin dapat terinspirasi oleh pencapaian bersejarah ini untuk mengejar perjuangan ini, dan untuk mencapai, seperti yang dilakukan umat manusia 50 tahun lalu, mimpi-mimpi lainnya yang luar biasa.

21 Juli 2019
Oleh: Francesca Merlo
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s