Benih Kebaikan Membuahkan Kebaikan

Renungan Harian Misioner
Selasa Pekan Biasa XVII, 30 Juli 2019
Peringatan S. Petrus Krisologus
Kel. 33:7-11; 34:5b-9,28; Mzm. 103:6-7,8-9,10-11,12- 13; Mat. 13:36-43

Jika pada perumpaan yang lalu, Yesus mengibaratkan hal Kerajaan Sorga seperti biji sesawi dan ragi, kali ini Yesus memberikan penjelasan mengenai perumpamaan mengenai benih yang baik dan ilalang. Perumpamaan memang menjadi hal yang sering digunakan oleh Yesus ketika hendak menjelaskan sesuatu kepada para murid-Nya. Kisah-kisah tersebut diambil dari kehidupan sehari-hari sehingga lebih mudah mengena pada alam pikiran para murid pada masa itu. Namun, tidak jarang Yesus perlu menjelaskan makna dari tiap kisah perumpamaan itu agar bisa dipahami dengan lebih baik.

Jika pada kisah sebelumnya benih yang ditabur dan jatuh di berbagai macam tanah memperlihatkan bagaimana tanggapan manusia akan Sabda Allah, kini Yesus ingin memperlihatkan situasi kebaikan dan kejahatan yang ada. Ladang yang ditaburi merupakan dunia, atau Gereja atau masyarakat. Di dalamnya bisa kita alami dan lihat sendiri bermacam-macam nilai-nilai kebaikan: cinta kasih, kesabaran, pengampunan, pengertian dan masih banyak lagi. Namun kita juga sering melihat munculnya kejahatan: iri hati, dengki, hawa nafsu, tipu muslihat dan sebagainya. Situasi kebaikan dan kejahatan tersebut muncul dari benih yang berbeda. “Orang yang menaburkan benih baik ialah Anak Manusia; ladang ialah dunia. Benih yang baik itu anak-anak Kerajaan dan lalang anak-anak si jahat.” Allah adalah Kasih, dengan demikian kehadiran-Nya di dunia ini dikenali dari perbuatan cinta kasih yang muncul. Sebaliknya, segala bentuk kejahatan bersumber dari penolakan, pengabaian, dan ketidaktahuan akan cinta kasih Allah.

Waktu menuai di mana benih baik dan ilalang dipisahkan adalah akhir zaman. Bukan hak manusia menjadi hakim atas sesamanya, sebagaimana benih baik dan ilalang tetap dibiarkan tumbuh seiring waktu. Yesus mengajak para murid dan kita semua untuk menjadi peka atas nilai-nilai yang kita pupuk dan kita kembangkan sendiri. Benih yang baik akan menghasilkan buah yang baik pula. Kita berbuat adil dan jujur, sebab kita terbiasa berbuat baik dan jujur. Kita mudah mengampuni dan berbelas kasih, sebab kita membiasakan diri untuk mengampuni dan berbuat kasih. Semoga kebaikan yang kita pelihara hari ini membuahkan buah-buah cinta kasih dalam kehidupan kita sehingga nama Tuhan semakin dimuliakan.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Misionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Integritas untuk Keadilan: Semoga para pengampu keadilan mampu bekerja dengan integritas dan mengupayakan agar dunia ini tidak ditentukan dan dikuasai oleh ketidakadilan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Perlindungan Hutan: Semoga manusia semakin sadar untuk menjaga hutan sebagai paru-paru bumi dan tidak memanfaatkannya serta merusaknya demi keuntungan ekonomi semata-mata. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami menyemangati para anggota komunitas basis untuk berbagi waktu secara bermutu dan penuh kegembiraan dalam masa libur maupun masa bekerja atau sekolah. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s