Alangkah Hebatnya Perkataan Yesus!

Renungan Harian Misioner
Selasa Pekan Biasa XXII, 3 September 2019
PW. S. Gregorius Agung, Paus dan Pujangga Gereja
1Tes. 5:1-6,9-11; Mzm. 27:1,4,13-14; Luk. 4:31-37

Bacaan Injil hari ini mengisahkan bagaimana orang-orang yang mendengar pengajaran Yesus amat takjub sebab perkataan-perkataan Yesus penuh kuasa. Orang-orang tidak hanya takjub akan perkataan-Nya, namun juga terhadap tindakan-Nya mengusir roh jahat dari seseorang yang kerasukan setan. Setan mencoba mengelabui Yesus dengan mengatakan: “Aku tahu siapa Engkau, Yang Kudus dari Allah” (Luk. 4:34). Namun, Yesus tidak terkecoh dengan pengakuan setan akan siapa diri-Nya. Setan tetaplah setan! Yesus menghardiknya, “Diam, keluarlah daripadanya!” (Luk. 4:35). Setan itupun menghempaskan orang itu ke tengah-tengah orang banyak, lalu keluar dari padanya tanpa menyakitinya. Semua orang yang menyaksikan peristiwa itu amat takjub, dan berkata: “Alangkah hebatnya perkataan ini! Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa, Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan mereka pun keluar” (Luk. 4:36).

Alangkah hebatnya perkataan Yesus! Perkataan-Nya penuh wibawa dan kuasa. Roh-roh jahat takluk kepada-Nya. Namun, apakah kewibawaan dan kuasa perkataan Yesus hanya melekat pada diri-Nya sendiri, hanya ketika diucapkan oleh-Nya saja? Pengalaman perjalanan iman Kristiani memperlihatkan dengan jelas bahwa perkataan Yesus memiliki kekuatan yang dahsyat dan hebat bagi setiap orang Kristiani yang membaca, meresapi dan menghidupinya. Perkataan-Nya memiliki kekuatan dan kuasa yang luar biasa. “Barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, akan memerolehnya” (Mat. 10:39), atau “[…] Janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa, takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka” (Mat. 10:28); telah membuat begitu banyak laki-laki dan perempuan rela kehilangan nyawa dan mati sebagai martir Kristus. Perkataan Yesus: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala mahkluk” (Mrk. 16:15), inipun telah menggerakkan hati begitu banyak imam, religius dan awam untuk meninggalkan segalanya dan pergi mewartakan Injil ke berbagai negara.

Perkataan Yesus tidak hanya berkuasa untuk mengusir roh-roh jahat tetapi juga sanggup mengusir segala kecenderungan jahat yang terdapat dalam diri kita. “Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu, mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu, berdoalah bagi orang yang mencaci kamu” (Luk. 6:27-28), dapat mengusir kecenderungan untuk marah, membenci, dan balas dendam kepada orang yang “menista” agama Kristen. Perkataan Yesus ini telah membuat kita mampu dengan tulus memaafkan, mengasihi dan berdoa untuk orang-orang yang menghina simbol-simbol agama kita. Perkataan Yesus: “[…] Apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia” (Mat. 19:6), mampu mengusir sifat egois pasutri yang membahayakan hidup keluarga mereka sehingga merekapun kembali bersatu dalam kasih dan berjuang menjadi teladan bagi keluarga-keluarga lain. Alangkah hebatnya perkataan Yesus. Perkataan atau sabda-Nya memiliki wibawa, kuasa bagi setiap orang yang percaya dan mengikuti-Nya dengan setia.

Hari ini, Gereja memperingati seorang kudus yang telah mengalami hebatnya perkataan-perkataan Yesus, yaitu St. Gregorius Agung, Paus dan Pujangga Gereja. Ia lahir dari keluarga bangsawan yang kaya raya. Ia sangat pandai dalam pelajaran tata bahasa, retorik dan dialektika. Pada usia 33 tahun, ia menjadi Prefek kota Roma, sebuah kedudukan tinggi dan terhormat saat itu. Namun, Tuhan menghendaki Gregorius berkarya di ladang anggur-Nya. Gregorius meletakkan jabatan politiknya dan mengumumkan niatnya untuk menjalani kehidupan membiara. Ia menjual sebagian besar kekayaannya dan uang yang diperolehnya dipergunakan untuk mendirikan biara-biara. Ketika ia dipilih menjadi Abbas di biara Santo Andreas di Roma, ia berjuang membebaskan para budak belian yang dijual di pasar-pasar kota Roma. Saat diangkat menjadi Paus, ia dengan penuh wibawa melaksanakan cita-citanya membebaskan kaum miskin dan lemah, terutama budak-budak dari Inggris. Ia adalah pribadi yang rendah hati dan menyebut dirinya sebagai “Abdi para abdi Allah” (Servus servorum Dei).

Tak diragukan bahwa pilihan dan keputusan serta kesaksian hidup St. Gregorius semata-mata dilandasi, dibimbing, dan dikuatkan oleh perkataan-perkataan Yesus. Semoga kita, sebagai umat Katolik, pada bulan Kitab Suci ini makin akrab dengan setiap perkataan Yesus yang tertulis dalam Kitab Suci dan dapat ikut mengalami sendiri “alangkah hebatnya perkataan Yesus” dalam hidup kita.

(RP. Silvester Nusa, CSsR – Dosen STKIP Weetebula, NTT)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Perlindungan Laut: Semoga para politisi, ilmuwan dan ekonom mampu bekerjasama dalam melindungi dan melestarikan Samudra serta laut-laut dunia. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pewarta Kabar Gembira: Semoga dengan rajin menghayati Kitab Suci, umat Katolik dapat memaknai profesinya masing-masing sebagai kesempatan untuk menjadi pewarta Kabar Gembira bagi sesamanya. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami setiap saat mensyukuri pendampingan malaikat, yang menjadi utusan Allah sebagai ungkapan Penyelenggaraan Ilahi agar hikmat Ilahi menguatkan Gereja. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s