Membawa Tuhan pada Sesama dan Membawa Sesama pada Tuhan

Renungan Harian Misioner
Rabu Pekan Biasa XXII, 4 September 2019
Peringatan S. Rosa dr Viterbo
Kol. 1:1-8; Mzm. 52:10,11; Luk. 4:38-44

Ajakan Rasul Paulus kepada Jemaat di Kolose, agar meletakkan dasar serta denyutan Rohani mereka pada iman, harapan dan kasih merupakan ajakan yang menerobos kedalaman pikiran, nurani dan perbuatan. Ajakan serta undangan spiritualitas ini bukan saja berlaku bagi Jemaat Kolose bentukan Rasul Paulus melainkan juga berkembang dalam perjalanan sejarah iman hingga kita sekarang.

Takaran kualitas pikiran, sikap hati serta perbuatan kita sebagai seorang Katolik, justru sangat ditentukan oleh bagaimana kita meletakkan iman dan kepercayaan kita kepada Kristus Sang Guru dan Tuhan kita.

Pada tahap selanjutnya iman kita diukir dan diukur pada setiap perbuatan kita kepada sesama yang berdasarkan kasih. Penegasan kita akan KASIH kita kepada Kristus Yesus justru diukur dari bagaimana ketergugahan kita kepada sesama yang sedang membutuhkan pertolongan. Namun iman kita pada Kristus Yesus serta kasih kita kepada sesama di sekitar kita akan kehilangan makna Keselamatan dan Kekudusan ketika kita tidak hadir dengan sebuah harapan yang kokoh akan Karya Agung Kristus yang menyediakan Keselamatan bagi kita.

Maka kehadiran kita sebagai seorang KATOLIK adalah membawa setiap orang yang kita jumpai untuk mengalami Kebaikan dan Kasih Tuhan melalui iman mereka, dan meyakini sungguh bahwa iman mereka akan Kristus Yesus akan membawa mereka pada suatu pemulihan – kesembuhan yang utuh dan menyeluruh, yakni Keselamatan. Inilah sebuah kepastian iman, bukan harapan kosong melainkan Harapan yang didasarkan pada Kasih dan Kesetiaan. Kristus yang tak pernah akan terbatalkan oleh siapapun dan apapun.

Bagi kita yang telah bertumbuh dan membangun kedewasaan akan Iman, Kasih dan Harapan, dipanggil dan diutus untuk membawa dan memperkenalkan TUHAN kepada sesama yang belum mengenal-Nya dan membawa sesama kepada Tuhan; terutama mereka yang sedang dihimpit kesulitan dan mereka yang sangat membutuhkan jamahan serta kehadiran Tuhan dalam hidup mereka, sehingga merekapun boleh mengalami pemulihan, pembaruan dan Keselamatan.

Marilah dengan berhartakan Iman, Kasih dan Harapan, kita membuka diri pada Kekudusan dan Keselamatan dari Allah. Sementara pada sisi lain kita hendaknya menjadi pembawa kasih KRISTUS pada sesama melalui perbuatan-perbuatan kita, sekaligus membawa sesama kita pada Kemurahan dan Kerahiman Tuhan. Amin.

(RP. Hiasintus Ikun, CMF – Dirdios KKI Keuskupan Palangkaraya)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Perlindungan Laut: Semoga para politisi, ilmuwan dan ekonom mampu bekerjasama dalam melindungi dan melestarikan Samudra serta laut-laut dunia. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pewarta Kabar Gembira: Semoga dengan rajin menghayati Kitab Suci, umat Katolik dapat memaknai profesinya masing-masing sebagai kesempatan untuk menjadi pewarta Kabar Gembira bagi sesamanya. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami setiap saat mensyukuri pendampingan malaikat, yang menjadi utusan Allah sebagai ungkapan Penyelenggaraan Ilahi agar hikmat Ilahi menguatkan Gereja. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s