Terhadap Yesus pun, Gagal Paham?!

Renungan Harian Misioner
Jumat Biasa XXII, 6 September 2019
Peringatan Beato Thomas Tzugi, dkk
Kol. 1:15-20; Mzm. 100:2,3,4,5; Luk. 5:33-39

Setiap ada sesuatu yang baru, banyak orang sering gagal paham. Dahulu saat Copernicus mengatakan bahwa pusat tata surya itu bukan bumi melainkan matahari, ia banyak di-bully, ditentang, dilawan, bahkan dijatuhi hukuman. Saat muncul aplikasi pelayanan transportasi ojol (ojek on line), ini juga didemo besar-besaran dengan bumbu aksi kekerasan terhadap penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi digital tersebut. Bahkan, dibuatkan peraturan macam-macam terkait dengan fenomena baru itu. Belakangan justru layanan moda transportasi lama memanfaatkan pula layanan berbasis aplikasi digital itu.

Orang-orang memang sering gagal paham, juga dalam hal hidup beriman. Ini tampak dalam kisah Injil hari ini yang ditampilkan dengan pertanyaan orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat kepada Yesus, “Murid-murid Yohanes sering berpuasa dan sembahyang. Demikian pula murid-murid orang Farisi. Tetapi murid-murid-Mu makan dan minum.” Orang Farisi dan ahli Taurat gagal paham tentang siapa “Yesus” yang sedang ada di hadapan mereka sehingga mereka nyinyir. Secara simbolik, Yesus menjawab, “Dapatkah sahabat mempelai disuruh berpuasa, selagi mempelai itu bersama mereka?” Dari jawaban tersebut menjadi jelas bahwa Yesus adalah pusat hidup, yang menentukan seseorang menentukan pola hidupnya, menentukan apa yang harus dilakukan ‘makan-minum’ atau ‘berpuasa’. Apakah kita juga (akan) gagal paham seperti orang Farisi dan ahli Taurat?

Siapa Yesus disebutkan secara lebih jelas dan eksplisit oleh Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Kolose. Dalam suratnya ini, Paulus memberi gelar-gelar pada Yesus untuk menunjukkan identitas Yesus yang kita imani. Yesus adalah Kristus gambar Allah. “Saudara-saudara, Allah tidak kelihatan. Kristuslah gambar-Nya,” kata Paulus. Ia adalah kepenuhan Allah. Paulus mengatakan, “seluruh kepenuhan Allah berkenan diam dalam Kristus.” Dia adalah yang pertama dari segala ciptaan. Dialah yang sulung, yang paling utama dalam segala sesuatu. Segala ciptaan dan segala sesuatu tunduk dan tertuju kepada-Nya. Yesus Kristus adalah pengantara dan pendamai antara Allah dan manusia.

Dengan kesaksian Paulus itu, semoga kita tidak gagal paham terhadap Yesus, tetapi sebaliknya menjadikan-Nya sebagai pusat hidup. Kepada-Nya, kepada Yesus Kristus itulah kita dipanggil dan diundang menjalin relasi. Hidup beriman adalah hidup berelasi dengan Yesus Kristus dan terus menerus menyelaraskan diri dengan-Nya. Waktu demi waktu, hari demi hari, memberikan diri dibentuk oleh-Nya dan membiarkan-Nya menjadi penentu hidup kita.*** (NW)

(RD. M. Nur Widipranoto – Dirnas Karya Kepausan Indonesia)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Perlindungan Laut: Semoga para politisi, ilmuwan dan ekonom mampu bekerjasama dalam melindungi dan melestarikan Samudra serta laut-laut dunia. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pewarta Kabar Gembira: Semoga dengan rajin menghayati Kitab Suci, umat Katolik dapat memaknai profesinya masing-masing sebagai kesempatan untuk menjadi pewarta Kabar Gembira bagi sesamanya. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami setiap saat mensyukuri pendampingan malaikat, yang menjadi utusan Allah sebagai ungkapan Penyelenggaraan Ilahi agar hikmat Ilahi menguatkan Gereja. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s