Hati yang ‘Terbakar’ untuk Mencintai dan Dicintai

Paus: Kita harus menjadi tanda yang hidup akan perjumpaan kita dengan Yesus
Paus Fransiskus pada tanggal 21 September bertemu sekitar 300 peserta dalam Pertemuan Internasional Pusat-Pusat Akademik dan Sekolah Evangelisasi Baru dan berbicara kepada mereka tentang bagaimana membuat hati laki-laki dan perempuan di zaman kita terbakar seperti halnya para murid Emaus.

Pertemuan internasional itu bertema, “Apakah mungkin untuk bertemu Tuhan? Jalan-Jalan Penginjilan Baru”. Dalam hal ini, Paus berbicara tentang bagaimana mengobarkan hasrat akan Tuhan di zaman kita yang meremehkan tanda-tanda yang mengaburkan-Nya. Banyak orang, memiliki hasrat akan Allah di dalam dirinya, tetapi tidak dapat mengenali kedekatan-Nya, seperti yang terjadi pada para murid Emaus.

Karena itu, tantangannya adalah bagaimana membuat hati “terbakar”. Bagi banyak orang, Paus menunjukkan, Gereja adalah kenangan masa lalu yang dingin, dan banyak orang di barat merasa Gereja tidak memahami mereka dan kebutuhan mereka. Sebagian lagi menganggapnya terlalu lemah dalam hubungannya dengan dunia, sementara yang lain menganggapnya terlalu kuat dalam menghadapi kemiskinan besar dunia.

Kesejahteraan yang nyata
Tetapi apa yang harusnya benar-benar dikhawatirkan, adalah Gereja duniawi yang mengikuti kriteria kesuksesan dunia, lupa bahwa Gereja ada bukan untuk menyatakan dirinya sendiri tetapi Yesus. Dengan demikian, Gereja berakhir menjadi lebih seperti bagian dari museum daripada rumah Bapa yang sederhana dan bahagia. Godaan untuk menjadi seperti museum yang mana semuanya terletak di tempat yang tepat.

Paus mengatakan bahwa Bapa ingin banyak orang dapat merasakan berada di rumah – saudara dan saudari kita yang terjebak dalam hiruk-pikuk teknologi tetapi membawa luka yang dalam, berjuang untuk pekerjaan yang stabil atau dibius oleh kesejahteraan eksternal yang mengganggu mereka untuk membuat pilihan yang berani.

Paus mengatakan ada banyak orang di sekitar kita yang hidup dalam perbudakan hiruk pikuk di dalam apa yang mereka pikirkan yang membuat mereka merasa lebih baik dan melupakan rasa dari kehidupan; keindahan keluarga besar dan kemurahan hati yang mengembangkan hati; kecerahan di mata anak-anak yang tidak bisa diberikan oleh smartphone; sukacita akan hal-hal sederhana; ketenangan yang membuka jalan untuk berdoa.

Perlu mencintai dan dicintai
Bapa Suci mengatakan bahwa apa yang mereka minta, sesuai dengan kebutuhan terdalam untuk mencintai dan dicintai, diterima apa adanya, menemukan kedamaian hati dan kegembiraan yang lebih abadi daripada hiburan.

Paus mengatakan bahwa kita menemukan semua ini dalam pribadi Yesus dan misi kita adalah untuk bertemu dengan orang-orang sezaman kita untuk memberitahukan kepada mereka mengenai kasih-Nya, bukan dengan mengajar, tidak pernah dengan menilai, tetapi dengan menjadi sahabat mereka di jalan.

Mentransmisikan Tuhan, berarti tidak berbicara tentang Tuhan dan membuktikan keberadaan-Nya, yang bahkan juga diketahui setan. Menyatakan Tuhan berarti bersukacita karena mengenal Dia, membantu menghidupkan keindahan bertemu dengan-Nya.

Perjumpaan membangun cinta dan iman
Karena itu, inti dari pesan yang diminta untuk disampaikan Gereja adalah: “Allah adalah kasih. Yesus Kristus mengasihimu, Dia memberikan hidup-Nya untuk menyelamatkanmu, dan sekarang Dia hidup di sisimu setiap hari”. Dari sinilah kehidupan Kristiani berkembang.

Karena perjumpaan membantu iman untuk bertumbuh, orang Kristiani perlu mendekati mereka yang membutuhkan, membangun jembatan, melayani mereka yang menderita, merawat orang miskin, mengurapi dengan sabar orang-orang terdekat, menghibur mereka yang berkecil hati dan memberkati mereka yang melukai kita.. “Dengan cara ini, kita menjadi tanda hidup dari Cinta yang kita nyatakan.”

21 September 2019
Oleh: Robin Gomes
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s