Tuhan Datang dengan Kasih Kuasa dan Kerajaan-Nya

Renungan Harian Misioner
Jumat Pekan Biasa XXVII, 11 Oktober 2019
Peringatan S. Dionisius, S. Yohanes Leonardus
Yl. 1:13-15;2:1-2; Mzm. 9:2-3,6,16,8-9; Luk. 11:15-26

MISI: Membangun Pertobatan Sejati dan Doa yang Berkanjang untuk Menyambut Tuhan yang Datang dengan Kasih, Kuasa dan Kerajaan-Nya.

Dunia kita sekarang sedang diriuhkan dengan rintihan dan tangisan dari mereka yang ditimpa petaka, kesulitan, penderitaan, persoalan dan kegagalan mencapai keberhasilan serta harapan. Namun kita harus mengakui bahwa di tengah semua rintihan dan tangisan itu, tidak kemudian berarti ada begitu banyak orang yang sedang menyesali dan menangisi dosa dan kesalahan di hadapan Tuhan dan sesama, juga di tengah alam ciptaan tempat kita menggaungkan tangisan dan teriakan kita itu.

Sementara Yoel hari ini mengajak kita agar kita masuk ke “Kedalaman Nurani” kita serta berani menggugat diri di hadapan Tuhan dan sesama, juga di tengah-tengah alam ciptaan tempat kita berjuang untuk menghentikan rintihan dan tangisan. Seruan Yoel agar kita berani menangisi serta menyesali segala dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan – yang telah merugikan sesama, yang juga memutuskan relasi kita dengan Tuhan dan sesama, serta merusak alam ciptaan. Seruan Yoel serta gugatan diri kita di mata Tuhan itu tersimpul dalam dua tindakan IMAN yakni DOA dan PERTOBATAN. Inilah Spiritualitas “Menyongsong Kedatangan Tuhan”, yang datang dengan Kasih, Kuasa, Kekuatan dan Kerajaan-Nya yang tak terkalahkan.

Seruan Yoel agar kita harus kembali menata diri kita melalui DOA yang berkanjang dan pertobatan sejati. Berdoa berarti datang dan bersyukur pada Tuhan, menyesali serta mengakui segala kesalahan kita; berjanji untuk tidak lagi terjerumus dalam dosa lalu memohon rahmat, kasih dan pengampunan Tuhan. Sementara pertobatan berarti: berjuang untuk meninggalkan kenyataan dosa kita, berangkat dan berlari pada Tuhan untuk menerima dan merangkul kasih dan pengampunan-Nya.

Sementara Injil Lukas hari ini menghantar kita untuk menegaskan CREDO singkat kita bahwa TUHAN tidak akan pernah membangun kerja sama dengan dosa, kejahatan dan setan. Kasih, kuasa dan Kerajaan Allah tidak pernah akan berkonspirasi dan berkoalisi dengan dosa dan kejahatan. Yesus dalam Injil Lukas mengingatkan kita agar tidak meragukan kasih, kuasa dan kekuatan Tuhan.

Maka penegasan iman kita adalah dosa, kejahatan, dan setan harus takluk di hadapan kasih, kuasa dan Kerajaan Allah. Sebagai pengikut Kristus kita dipanggil untuk menyambut Tuhan yang datang dalam kasih dan kuasa-Nya, dengan dua tindakan iman yakni doa dan pertobatan, yang merupakan muatan spiritualitas kita yang harus kita bagikan kepada orang lain.

Karena Kedatangan Tuhan adalah kepenuhan janji Tuhan bagi mereka setia dalam doa, tekun dalam karya serta menanamkan pertobatan sejati. Amin.

(RP. Hiasintus Ikun, CMF – Dirdios KKI Keuskupan Palangkaraya)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Musim panen karya misi di Gereja: Semoga napas Roh Kudus menyemaikan dan menyuburkan Gereja dengan berseminya usaha dan karya-karya misi yang baru. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Gereja di Pedesaan: Semoga seiring dengan makin sedikitnya anak muda yang mau tinggal di pedesaan, Gereja setempat menemukan program-program yang dapat mengarahkan anak muda untuk mencintai dan memajukan desanya sendiri. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami mendukung nasionalisme orang muda kami, sehingga meneruskan perannya bekerja sama dengan rekan-rekan muda lain membangun persaudaraan secara bijaksana. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s