Percayalah dan Setialah Hai Manusia!

Renungan Harian Misioner
Rabu Adven I, 4 Desember 2019
Peringatan S. Yohanes dari Damsyik
Yes. 25:6-10a; Mzm. 23:1-3a,3b-4,5,6; Mat. 15:29-37

Bacaan pada hari ini mengajak kita merenungkan, bahwa dari satu sisi, Sion akan menjadi pusat keselamatan, yang tanda-tandanya amat konkret, yaitu makanan cukup, kesedihan ditiadakan, kematian jauh, bahkan airmata saja dikeringkan. Secara batiniah, bangsa-bangsa seluruh dunia dipersatukan. Dari sisi lain akan diperlihatkan, bahwa segala tanda kesejahteraan lintas bangsa itu, bukanlah buah dari perundingan politis atau perang militer, melainkan tanda, bahwa Allah mempersatukan semua bangsa dari mana pun. Kabar Gembira tersebut, dari satu sisi hendaknya membuat anak cucu Abraham boleh optimis memandang ke masa depan; sebab di saat itu mereka memang sedang menderita; dari sisi lain, iman kepada Allah Abraham-Isak-Yakub hendaknya dipandang sebagai azas dan dasar semua kemakmuran; bukannya kejayaan materiil dan kemanusiaan belaka.

Dalam bacaan Injil hari ini juga membawa kita pada peristiwa ketika Hati Yesus tergerak oleh belas kasih sehingga menyediakan begitu banyak kebutuhan manusiawi secara berlimpah ruah. Yesus memberi santapan: tidak hanya secara intelektual melalui pengajaran saja, melainkan juga santapan jasmani: nyata memenuhi keperluan manusiawi sehari-hari. Dalam pada itu, kepada para Rasul ditunjukkan pula, betapa kemurahan hati Tuhan itu disampaikan melalui partisipasi kemanusiaan, walau pun hanya berupa roti dan ikan sedikit. Melalui hal-hal yang amat sederhana itulah Tuhan melimpahkan anugerah yang tidak terhingga.

Pada masa sekarang, kita dapat saja tergoda untuk memusatkan perhatian pada kebutuhan ekonomi dan politis dalam masyarakat, yang di zaman Israel maupun sekarang mungkin saja memang diberikan juga. Namun sebagai orang beriman, kita diundang untuk menyelami Cinta Allah lebih mendalam lagi, yakni, bahwa Allah tidak akan melepaskan Penyelenggaraan-Nya pada kita. Apalagi, murid Yesus Kristus, dengan perbanyakan roti ini diajak untuk meyakini Kasih Sayang Tuhan yang masih lebih jauh lagi. Bagi kita sekarang disediakan Santapan, berupa Tuhan Yesus sendiri, yang dalam Ekaristi menyediakan Diri-Nya: kita pasti tidak akan berkekurangan apa pun; bahkan akan dilimpahi dengan pemberian yang berlimpah ruah. Percayalah! Santo Yohanes dari Damsyik senantiasa mengundang umatnya mengimani, betapa Tuhan senantiasa mendampingi umat-Nya; apa pun yang terjadi. Bekal utamanya: cinta kasih Tuhan dan janji pendampingan-Nya. Percayalah dan Setialah.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Masa depan kaum muda: Semoga setiap negara berketetapan hati dalam menentukan dan mengambil langkah yang diperlukan untuk mendahulukan dan menjaminkan masa depan kaum mudanya, terutama mereka yang menderita dan putus harapan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Kesetiaan Pasutri: Semoga kesetiaan janji perkawinan pasutri tidak luntur karena perkara-perkara sepele dalam hidup harian yang justru sering memicu perselisihan dalam keluarga. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami menyambut hikmat Roh Kudus untuk mengambil peran penting dalam membangun kebijakan damai dan ketekunan dalam keluarga di tempat tinggal maupun di tempat pengabdian mereka. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s