Apakah Elia Juga Diutus Allah Kepada Kita?

Renungan Harian Misioner
Sabtu Adven II, 14 Desember 2019
Sir. 48:1-4,9-11; Mzm. 80:2ac,3b,15-16,18-19; Mat. 17:10-13

Sahabat-sahabat Tuhan ytk! Salam jumpa lagi di akhir pekan II Masa Adven ini. Besok kita akan merayakan Minggu Gaudete – Minggu Sukacita karena Tuhan penjamin hidup kita senantiasa setia menganugerahkan perlindungan dan berkat kasih tuntunan-Nya kepada kita semua.

Bacaan- bacaan hari ini juga mengungkapkan alasan kita semestinya senantiasa bergembira. Ada hal menarik dari ketiga bacaan suci hari ini yakni adanya kesamaan pesan bagi kita. Meskipun jarak waktu penulisan ketiga bacaan sangat jauh antara satu dengan yang lain, namun ketiganya mengungkapkan satu kesatuan pesan tentang satu pengulangan ritme relasi antara Allah dan umat-Nya dalam sejarah hidup manusia.

→ Mazmur 80 mewakili seruan anak-anak Tuhan yang sangat mengharapkan pertolongan Tuhan di tengah ancaman kejahatan dunia. Ya Allah, pulihkanlah kami. Buatlah wajah-Mu bersinar maka selamatlah kami.

→ Putra Sirakh kembali meneguhkan kita bahwa sekalipun dunia dirasuki oleh kekelaman dan kegelapan dosa, Allah pasti mengutus Elia lagi untuk melakukan karya penyelamatan-Nya sebagaimana dilakukan kepada umat-Nya pada masa-masa sebelumnya. Dalam olah angin engkau diangkat… untuk mengembalikan hati bapa kepada anaknya serta memulihkan segala suku Yakub. Berbahagialah orang yang telah melihat engkau dan yang meninggal dalam kasih.

→ Dan Yesus, Tuhan kita, meneguhkan kita melalui Injil hari ini bahwa Elia yang dinantikan untuk membarui hidup manusia sesungguhnya sudah datang dan sedang melakukan karya pembaruannya. Nabi Elia hadir kembali pada masa Yesus melalui Yohanes Pembaptis dan Diri-Nya sendiri. Sebagaimana dilakukan Nabi Elia pada zamannya, demikian pun Yohanes Pembaptis dan Yesus berupaya menghalau segala kekelaman dan dosa, serta mendekatkan kembali Kerajaan Allah di tengah dunia. Mereka telah membuktikan bahwa Allah sangat setia pada identitas diri dan janji-Nya sebagai penjamin hidup manusia.

Inilah karya agung dan bukti kesetiaan Allah yang sayang dan penuh perhatian kepada anak-anak-Nya dari zaman ke zaman. Melalui karya-karya penyelamatan dan penyejahteraan tersebut, Allah setia menjadi penjamin hidup dan kesejahteraan umat-Nya. Dan Allah akan terus berkarya memperhatikan kehidupan anak-anak-Nya di mana saja mereka berada. Pertanyaan muncul di sini: apakah Allah juga sedang mengutus Elia kepada kita?

Ditinjau dari aspek kehidupan personal, jawaban atas pertanyaan di atas tentunya variatif karena sangat tergantung pada keadaan hidup setiap kita sekarang ini. Namun bila kita meninjau pertanyaan tersebut ke konteks kehidupan bangsa kita secara umum saat ini di mana terjadi pembaruan besar-besar di berbagai bidang kehidupan setelah negeri ini berada dalam kekelaman sekian lamanya, maka kita bisa mengatakan bahwa Elia sedang diutus Allah juga ke tengah-tengah kita di negeri tercinta ini.

Kalau fokus karya kenabian Elia adalah melawan para nabi Baal dan membarui kehidupan umat Allah, serta mengupayakan kesejahteraan bagi seluruh bangsa Israel maka kita patut mengakui bahwa Elia juga sedang diutus Allah ke tengah bangsa kita melalui orang-orang yang berhati mulia memperbaiki kekelaman hidup bangsa ini dan berupaya membangun kembali negeri nusantara yang telah sekian lama rusak dan dirusakkan oleh egoisme dan upaya-upaya tak terpuji karena bermotifkan kepentingan-kepentingan tertentu. Elia-Elia yang memiliki hati seperti Tuhan untuk semua orang tanpa kecuali dan tulus memperjuangkan kesejahteraan umum sedang berkarya menata kembali bangsa dan negeri kita yang sekian lama berada dalam kekelaman hidup karena keserakahan hidup segelintir orang yang hanya mau memanfaatkan kekayaan bangsa ini untuk kepentingan mereka.

Kita tidak perlu bertanya siapa Elia-Elia yang sedang diutus Tuhan karena kebeningan hati kita sudah pasti memberitahu dalam lubuk bahtin kita siapa Elia-Elia itu, dan sekaligus mengajak kita baik perorangan maupun bersama untuk mendukung perjuangan mulia mereka melalui kesediaan kita berkolaborasi dan berpartisipasi aktif melalui hidup dan tugas pengabdian kita guna membarui dan membangun bangsa kita ini. Karena dengan cara ini kita pun telah menjadi Elia untuk turut bekerja sama dengan Tuhan mewujudkan karya keselamatan dan kesejahteraan-Nya bagi umat-Nya melalui kontribusi kita melalui aksi-aksi nyata sederhana yang telah kita lakukan selama ini.

Satu pertanyaan refeksi bagi kita: dalam bentuk apa saya sebagai pengikut Kristus, Elia baru telah turut mengadakan pembaruan dan mengupayakan kesejahteraan bersama?

Selamat merenung, dan terima kasih Saudara/I sudah turut menjadi Elia-Elia bagi sesama dan negeri ini, Tuhan pasti memberkati. Amin.

(RP. John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub Indo – Leste)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Masa depan kaum muda: Semoga setiap negara berketetapan hati dalam menentukan dan mengambil langkah yang diperlukan untuk mendahulukan dan menjaminkan masa depan kaum mudanya, terutama mereka yang menderita dan putus harapan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Kesetiaan Pasutri: Semoga kesetiaan janji perkawinan pasutri tidak luntur karena perkara-perkara sepele dalam hidup harian yang justru sering memicu perselisihan dalam keluarga. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami menyambut hikmat Roh Kudus untuk mengambil peran penting dalam membangun kebijakan damai dan ketekunan dalam keluarga di tempat tinggal maupun di tempat pengabdian mereka. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s