Anak Allah yang Dikandung Anak Dara

Renungan Harian Misioner
Minggu Adven IV, 22 Desember 2019
Yes. 7:10-14; Mzm. 24:1-2,3-4ab,5-6; Rm. 1:1-7; Mat. 1:18-24

Seorang Bapak baru saja selesai menceritakan kisah kelahiran, ketika anak bungsunya mengangkat tangan dan bertanya dengan ekspresi bingung, “Sebenarnya Yesus itu keturunan Daud atau anak Maria si perempuan muda yang disebut-sebut oleh Nabi Yesaya, ataukah Yesus itu Anak Allah?”

Dalam bacaan hari ini Penginjil Matius mengisahkan kelahiran Yesus dengan sangat jelas, “Pada waktu Maria, Ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri” (Mat. 1:18). Dapat kita lihat dalam ayat tersebut ada tiga hal yang mau diangkat oleh Matius. Pertama, sebuah pengakuan untuk Maria: Maria, Ibu Yesus. Kedua, status Maria saat itu: bertunangan dengan Yusuf, artinya saat itu ia belum menikah, masih “Anak Dara”. Lalu ketiga, diakhiri dengan sebuah penjelasan sehingga kalimat pertama dan kedua sebelumnya terhubung: Maria mengandung dari Roh Kudus. Penjelasan ini sekaligus memberi kepastian bahwa Yesus adalah dari yang Kudus, yaitu: Allah sendiri.

Siapakah sebenarnya Maria itu? Dia adalah “Anak Dara” dalam nubuat Yesaya yang akan melahirkan Imanuel (bdk. Mat. 1:23). Ibu dari seorang Anak yang menyandang nama dengan makna: “Allah beserta kita”. Kehadiran Anak itu benar merupakan bukti penyertaan Allah pada manusia, karena Anak itu membawa keselamatan bagi kita semua (bdk. Mat. 1:21).

Maria juga adalah ibu yang “diberkati” (bdk. Luk. 1:42). Perkataan Elisabet terhadap Maria ini sebenarnya mengulangi sapaan malaikat Gabriel, yang menyalami Maria sebagai “engkau yang dikaruniai” (Luk. 1:28). Namun, apa sebenarnya karunia yang begitu istimewa dari Maria? Yesus. Dia adalah buah rahmat dan berkat Allah yang ditempatkan di dalam rahim Maria. Maria sebelumnya hanyalah anak dara, hamba Allah, seperti yang diakuinya sendiri.

Sebagai Ibu, Maria adalah ibu yang percaya, yang menjadi teladan iman bagi kita semua. Ia bukan saja berbahagia karena menjadi ibu biologis Tuhan, namun terlebih karena ia beriman – percaya penuh perkataan dari Tuhan akan terjadi pada dirinya.

Jadi sebenarnya siapakah Yesus? Yesus adalah Anak Allah, yang menurut daging diperanakkan dari keturunan Daud, dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa ia adalah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus Tuhan kita (Rm. 1: 3-4). Mari siapkan hati untuk menyambut kedatangan sang Anak Allah yang dikandung oleh Anak Dara.

(Angel – Karya Kepausan Indonesia)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Masa depan kaum muda: Semoga setiap negara berketetapan hati dalam menentukan dan mengambil langkah yang diperlukan untuk mendahulukan dan menjaminkan masa depan kaum mudanya, terutama mereka yang menderita dan putus harapan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Kesetiaan Pasutri: Semoga kesetiaan janji perkawinan pasutri tidak luntur karena perkara-perkara sepele dalam hidup harian yang justru sering memicu perselisihan dalam keluarga. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami menyambut hikmat Roh Kudus untuk mengambil peran penting dalam membangun kebijakan damai dan ketekunan dalam keluarga di tempat tinggal maupun di tempat pengabdian mereka. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s