Memeluk Utuh Mereka yang Sakit

Renungan Harian Misioner
Selasa, 11 Februari 2020
SP. Maria di Lourdes (Hari Orang Sakit Sedunia)
1Raj. 8:22-23,27-30; Mzm. 84:3,4,5,10,11; Mrk. 7:1-13

Bacaan pada Hari Orang Sakit Sedunia kali ini ingin melengkapi sikap dasar, yang kerap melingkupi kita dalam melayani saudara dan sahabat kita, yang sakit. Tidak sedikit orang, yang mengalami kesedihan besar, ketika anak atau orang tua atau saudara atau sahabatnya sakit. Ada orang yang melibatkan diri dalam situasi itu dengan cara materiil, cara medis, cara ekonomis, cara profesional atau cara apa pun yang diyakininya.

Kita sering diminta mendoakan orang sakit. Kitab Raja-Raja yang dibaca hari ini memperlihatkan orang, yang penuh iman. Umat Allah diperlihatkan di sini sebagai seseorang yang berdoa: artinya orang yang percaya, bahwa Allah akan setia pada janji-Nya. Janji yang mana? Janji Keselamatan. Dengan kata lain, misi yang dipercayakan kepada kita, dapat saja menyangkut penyembuhan, namun, yang lebih penting lagi “meneguhkan iman saudari atau saudara kita, bahwa Allah pasti memenuhi janji-Nya, untuk menyelenggarakan hidup kita secara menyeluruh, lahir maupun batin” (tidak hanya batin saja, tetapi juga lahirnya; tidak hanya lahiriah saja, tetapi juga batiniah pula).

Dalam keyakinan tersebut, baik si sakit maupun si pendoa atau sahabat atau saudara, memeluk seluruh pribadi yang sakit, dengan utuh. Dalam kalimat itu, tercakup pula segala usaha perawatan dan medis maupun segi-segi lain. Di situlah doa kita boleh kita arahkan waktu menemani saudara yang sakit: yakni: batin, psikis, medis, organisatoris dan keuangan; kalau perlu politis dan yuridis juga.

Tradisi anak cucu Abraham-Ishak-Yakub memerhatikan kehidupan di padang gurun, yang sarat dengan debu dan benih-benih penyakit. Oleh sebab itu, cuci tangan merupakan wujud pemeliharaan perorangan maupun hidup bersama. Betapa banyak botol-botol kecil di depan kamar perawatan sekarang, yang menyediakan alat pembersih tangan sebelum dan sesudah kunjungan orang sakit. Itu bentuk baru dalam memperlihatkan cintakasih dan saling menjaga kesehatan. Mencuci tangan di kalangan orang Yahudi juga serupa. Yang terpenting, bukan hukum dan masalah yuridis, melainkan batin kita, yang saling memelihara kesehatan dan dengan demikian juga ikut memelihara hidup seluruh umat Allah.

Betapa pelayanan orang sakit erat berkaitan dengan hidup bersama dan kelanjutan janji Allah untuk menjaga kelangsungan pemeliharaan Keluarga Allah. Marilah kita berdoa untuk kemurnian intensi kita dalam melayani orang sakit.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Mendengarkan jeritan para migran: Semoga tangis saudara-saudari kita para imigran, korban kejahatan perdagangan manusia didengarkan, ditanggapi secara serius, dan ditindaklanjuti oleh semua pihak terkait. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Panggilan hidup bakti: Semoga para imam dan kaum religius mampu menjadikan hidupnya inspirasi dan kesaksian bagi kaum muda agar mereka terdorong untuk berani mengikuti panggilan menjadi imam dan hidup membiara. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami mempersembahkan kesediaan para Pelayan Pastoral dan Kader awam di Keuskupan agar semakin bersikap dan bertindak adil, dan menjadi cermin Keadilan Ilahi. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s